Fakta Tentang Virus Korona Yang Mungkin Perlu Kamu Tahu

Fakta Tentang Virus Korona Yang Mungkin Perlu Kamu Tahu, Blog.lakupon.com. Pada bulan desember 2019, muncul beberapa kasus pneumonia di China. Pneumonia adalah radang paru-paru yang dapat disebabkan oleh bermacam faktor seperti bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran atau parenkim paru. Namun setelah di investigasi lebih lanjut, ditemukan bahwa penyebabnya adalah virus yang belum teridentifikasi sebelumnya dan sekarang ini disebut sebagai Covid-19. Dalam artikel kali ini, mari sedikit menambah wawasan tentang penyakit korona. Siapa tahu dengan mengetahui lebih lanjut tentang korona bisa mengubah masa depan anak cucu kita. Berikut ulasan fakta selengkapnya tentang virus korona.

Pasar Huanan Wuhan China

Pertama Kali Teridentifikasi Di Wuhan

Sebuah penyakit baru yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019, dan sekarang disebut COVID-19, hingga saat ini masih terus menyebar di China serta di berbagai negara lain termasuk Indonesia. Pasar Seafood Huanan di tengarai sebagai sumber pertama dari virus korona ini pada 1 Januari 2020.

Dapat Menular Dengan Mudah

Dapat Menular Dengan Mudah

Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya melalui droplet. Apa itu droplet? Droplet merupakan partikel air kecil yang mungkin dihasilkan ketika seseorang batuk ataupun bersin atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.. Kamu dapat melindungi diri dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah, langkah lainnya Kamu bisa lakukan hal ini agar tidak tertular virus.

Sumber Virus Korona

Sumber Virus

Dari beberapa pengalaman kita sudah mengetahui bahwa virus korona biasanya berasala dari hewan. Dalam beberapa kasus virus ini dapat berpindah dari hewan ke manusia, hal ini disebut sebagai spillover dan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti virus bermutasi atau seringnya melakukan kontak langsung antara hewan dengan manusia. Sebagai contoh virus MERS yang ditularkan dari onta, atau virus SARS yang ditularkan dari musang. Lantas bagaimana dengan asal usul virus korona? Saat ini masih belum diketahui dengan pasti.

Virus Korona adalah penyakit zoonosis, artinya penyakit jenis ini dapat berpindah dari hewan ke manusia. Virus Korona berasal dari hewan seperti unta, musang, dan kelelawar. Biasanya tidak menular ke manusia. Tetapi kadang-kadang virus corona bermutasi dan dapat menular dari hewan ke manusia dan kemudian dari manusia ke manusia, seperti halnya dengan epidemi SARS pada awal 2000-an. (SARS berarti “sindrom pernafasan akut yang parah.”) Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi bahwa 15 petugas kesehatan telah terinfeksi, menunjukkan bahwa virus dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Gejala Yang Ditimbulkan Korona

Gejala Yang Ditimbulkan

Penyakit coronavirus (COVID-19) memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Penyakit ini dapat memiliki gejala yang lebih parah bagi sebagian orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau sesak napas akut. Dalam kasus yang lebih langka, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Orang-orang berusia lanjut, dan orang-orang yang memiliki gangguan medis lainnya (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung), lebih rentan untuk mengalami gejala yang parah.

Belum ada vaksin korona

Belum Ada Vaksin Virus Korona

Bagaimana cara kita mengetahui seseorang terinveksi virus korona? Kita dapat melakukan diagnosa tersebut dengan cara test PCR atau polymerase chain reaction, test ini berguna untuk menidentifikasi virus berdasarkan genetiknya. Hingga saat ini belum ada pengobatan dan perawatan yang spesifik untuk virus ini, bahkan vaksin untuk korona pun belum tersedia. Tapi percayalah, penanganan untuk pasien terjangkit hingga saat ini sedang dipotimalkan dan vaksin dalam tahap pengembangan.

Info Tambahan Untuk Fakta Virus Korona

Kurangi Resiko Penularan Dengan:

  • Membersihkan tangan secara rutin dengan cairan pencuci tangan berbahan alkohol atau sabun dan air
  • Menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk dan bersin
  • Menghindari kontak jarak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan siapa pun yang memiliki gejala selesma atau flu

Perawatan Diri Yang Bisa Kamu Lakukan

  • Jika Kamu memiliki gejala ringan, beristirahatlah di rumah hingga pulih. Kamu dapat menghilangkan gejala tersebut jika Kamu:
  • beristirahat dan tidur
  • menjaga suhu tubuh tetap hangat
  • meminum banyak cairan
  • menggunakan pelembap ruangan atau mandi dengan air hangat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk.
  • Jika Kamu mengalami demam dan batuk, beristirahatlah di rumah hingga pulih dan setidaknya selama 14 hari agar tetap menjaga kesehatan orang lain pula.

Situasi Terkini Tentang Virus Korona

Situasi Terkini Virus Korona

No Comments Yet

Comments are closed