Futsal, Olahraga Mini Sepak Bola Yang Populer

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga sepak bola? Olahraga yang menjadi primadona di seluruh dunia serta digandrungi oleh kamu adam ini tentu menjadi salah satu olahraga yang selalu dinanti. Tak hanya itu, olahraga ini juga mencetak berbagai klub hingga pemain-pemain handal yang telah memukau jutaan mata dari seluruh dunia.

Dengan kepopulerannya ini, tak heran sepak bola adalah satu dari sekian olahraga yang tidak pernah absen dari dunia olahraga. Selain itu, aktivitas bermian sepak bola juga mudah untuk dilakukan sehingga semakin menambah kepopulerannya tersebut.

Meskipun begitu, sepak bola juga memiliki kekurangan ketika ingin dimainkan bersama dengan teman-teman kamu. Kekurangan seperti jumlah pemain hingga dibutuhkannya lapangan yang cukup luas membuat permainan ini menjadi sedikit kendala untuk dilakukan. Namun, ada olahraga yang bisa dilakukan seperti layaknya permainan sepak bola namun tetap mengasyikkan lho! Olahraga itu ialah bernama futsal.

Futsal, olahraga mini sepak bola

Futsal sendiri adalah sejenis olahraga yang mirip seperti layaknya sepak bola. Futsal jika diartikan memiliki arti sepak bola dalam ruangan. Ya! Untuk bermian olahraga ini, kamu tidak memainkannya di luar ruangan seperti sepak bola melainkan memainkannya di dalam ruangan. Dengan ciri khasnya ini, tentu bermain futsal akan lebih mudah untuk dilakukan dan bisa dimainkan dimana saja.

Olahraga ini bukanlah olahraga baru lho! Futsal sudah ada sejak tahun 1930an oleh Juan Carlos Ceriani di negara Uruguay. Karena keunikan dan juga mudah untuk dimainkan, futsal semakin lama semakin meluas ke berbagai negara di kawasan Amerika Selatan lainnya. Seiring perkembangannya waktu, olahraga ini semakin berkembang dan juga menyebar secara meluas ke seluruh dunia.

Yang membedakan olahraga ini dengan permainan sepak bola pada umumnya adalah jumlah pemainnya sendiri. Dalam 1 tim, dibutuhkan hanya 5 orang untuk setiap timnya. Selain itu, lapangan futsal hanya dibatasi dengan garis saja. Berbeda dengan sepak bola yang menggunakan net sebagai gawang ataupun lapangan yang beralaskan rumput sintesis.

Memiliki lapangan yang tidak seluas lapangan sepak bola, bermian futsal di lapangan ini tentunya masih cukup memerlukan tenaga, kekompakan tim, dan juga strategi yang tidak kalah penting seperti layaknya permainan sepak bola di station ataupun di lapangan berumput.

Olahraga yang baik bagi kesehatan

Selain menyenangkan dan mudah untuk dilakukan, bermain futsal juga bisa memberikan dampak yang cukup baik bagi kesehatan di tubuh kita lho! Lantas, hal sehat apa saja yang bisa kita dapat jika kita bermain futsal?  Berikut manfaat kesehatan yand didapat dari olahraga yang satu ini.

Mencegah stres

Berolahraga tentu bisa menghilangkan rasa stress pada pikira, tak terkecuali dari olahraga ini. Bermain futsal memang tidak serumit bermain sepak bola, dan bahkan lebih santai. Meskipun begitu, olahraga ini tetap bisa meredakan rasa stres ataupun kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Ketika kita berlari dan bermain futsal, hormon endorfin yang ada di dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini sendiri bekerja di dalam tubuh untuk memberikan rasa bahagia, senang, serta mengurangi rasa stres pada pikiran lho.

Mengencangkan otot tubuh

Karena dalam olahraga ini kamu diharuskan untuk berlari dan terus bergerak, maka otot-otot di dalam tubuh kamu juga akan tetap bergerak. Dengan bergeraknya tubuh secara menyeluruh, maka otot tubuh juga akan mengencang dan kuat. Otot seperti otot kaki ataupun otot paha adalah salah satu bagian yang akan menjadi kuat serta sehat karena olahraga ini.

Menyehatkan jantung

Jantung juga mendapatkan sisi positif dari olahraga ini. Karena bergeraknya tubuh ketika bermain futsal, maka jantung juga akan dipacu untuk bekerja secara menyeluruh.

Dengan bekerjanya jantung di dalam tubuh ketika berolahraga, maka jantungpun akan semakin sehat serta kuat. Sehatnya jantung ini juga akan menghindarkan kamu dari serangan jantung ataupun gangguan jantung lainnya.

Melancarkan peredaran darah

Jika tubuh bergerak secara aktif, maka peredaran darah di dalam tubuh juga akan mejadi lancar. Aliran darah yang lancar tentunya akan membuat beberapa fungsi di dalam tubuh akan bekerja secara optimal dan juga lebih menyehatkan karena tidak adanya darah yang terhambat ataupun menggumpal.

Membakar kalori

Apakah kamu ingin menurunkan berat badanmu dengan olahraga yang seru? Jika iya, maka olahraga futsal adalah jawabannya. Dengan gerakan berlari, maka kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar. Selain membakar kalori, lemak juga akan terbakar seiring bergeraknya tubuh saat berlari di lapangan futsal.

Nah bagi kamu pecinta olahraga sepak bola, yuk langsung saja coba olahraga yang mirip dengan sepak bola tersebut yaitu futsal. Selain memberikan manfaat kesehatan yang baik, kekompakan bersama dengan teman-teman juga akan semakin hangat antara satu dengan yang lainnya. Sudah siapkan sepatu futsal untuk mencetak gol pada olahraga ini?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed