Mau Bahagia? Cobain Gaya Hidup Minimalis Ala Raditya Dika

Beberapa saat yang lalu, mimin nonton video stand up comedy raditya dika (SUCRD) 2019. Dalam video tersebut radit mengungkapkan beberapa hal pribadi dalam hidupnya seperti lupa bawa amplop pernikahan, moment istrinya memperlihatkan hasil testpack, hingga penerapan gaya hidup minimalis. Dari berbagai hal yang diungkapkan dan bikin ngakak, ada satu hal yang membuat mimin tertarik yaitu tentang gaya hidup minimalis atau minimalist lifestyle.

Sebenarnya apa itu konsep gaya hidup minimalis?

konsep gaya hidup minimalis

Dalam video stand up comedy radit menjelaskan sedikit bahwa gaya hidup minimalis adalah konsep penerapan prinsip hidup dengan barang-barang sederhana yang benar-benar dibutuhkan saja. Dengan konsep hidup minimalis tersebut ternyata mampu memberikan beragam manfaat baik dari segi materiil maupun moril.

Seperti yang telah dilakukan oleh raditya dika, dalam beberapa waktu yang lalu publik sempat dihebohkan karena radit menjual berbagai koleksi barang-barang mewah seperti jam tangan. Bahkan ternyata, tidak hanya raditya dika saja yang menerapkan konsep hidup minimalis. Steve Jobs, Mark Zuckerberg hingga Bob Sadino pun menerapkan konsep hidup yang sama.

Baca juga : Inspirasi Rumah Urban Minimalis

Belajar dari pengalaman serta buku gaya hidup minimalis

buku gaya hidup minimalis

Hidup minimalis dengan sedikit barang yang benar-benar Kamu butuhkan sepertinya sangat mudah dilakukan bukan? Mau mencoba menerapkannya? Kamu bisa mencoba mencari informasi ataupun pengalaman hidup minimalis dari orang-orang yang sudah menjalankannya atau bisa juga dengan membaca buku gaya hidup minimalis seperti buku-buku berikut ini

Goodbye Things – Fumio Sasaki

Menyingkirkan segala hal yang tidak perlu. Fumio Sasaki, melalui bukunya yang bertajuk Goodbye Things akan membuka perspektif baru bagi para pembacanya. Ada kebahagiaan sesungguhnya dalam hidup sederhana. Buku best-seller ini dipublikasikan oleh Penguin Books Ltd.

L’Art de la Simplicite – Dominique Loreau

Dominique Loreau, si pengarang buku mengaku terinspirasi dari filisofi hidup saat ia berdomisili di Jepang. L’Art de Simplicite merupakan sebuah buku setebal 256 halaman yang akan memberikan Anda tips berguna untuk mengutamakan kebutuhan esensial di atas segalanya.

All You Need is Less – Vicki Vrint

Kita hidup di zaman serba sibuk di mana segala sesuatu dituntut instan dan terburu-buru. Sehingga, sering kali kita tidak memiliki waktu untuk sekadar bernapas sejenak. Ide dan tips dari Vicki Vrint dalam bukunya yang berjudul All You Need is Less dijamin bermanfaat.

The Joy of Less – Francine Jay

The Joy of Less merupakan buku karya penulis Francine Jay. Ia menjabarkan melalui kekayaan literatur bahwa hidup secukupnya merupakan kunci kebahagiaan. Dirilis di awal April 2016, hingga saat ini bukunya terus dicari para pencinta literatur. Lebih spesifik lagi, yang ingin mencoba menerapkan hidup minimalis.

The Art of Simple Living – Shunmyo Masumo

Berbasis kepada ajaran Buddha di mana ‘zen’ harus dicapai dalam kehidupan keseharian kita, Shunmyo Masumo mengajarkan kita untuk tetap tenang dan lepas dari keterikatan terhadap benda, melalui bukunya yang berjudul The Art of Simple Living.

Baca juga : 7 Cara Mengencangkan Wajah Dengan Bahan Alami & Gaya Hidup Sehat

Manfaat menerapkan gaya hidup minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis ala orang jepang dengan benar ternyata dapat memberikan berbagai dampak positif lho. Berikut adalah rangkuman fakta manfaat jika Kamu mulai menerapkan gaya hidup minimalis.

Mengurangi perilaku konsumtif

konsep gaya hidup minimalis - mengurangi sifat konsumtif

Menerapkan gaya hidup minimalis tentunya merubah cara pandang seseorang, khususnya dalam hal konsumsi. Dimana, pola konsumsi benar-benar didasarkan oleh kebutuhan dan menyingkirkan segala hal yang tidak diperlukan.

Terbukti mampu mengurangi stress dan hidup lebih bebas

konsep gaya hidup minimalis - mengurasi stress dan hidup lebih bebas

Masih banyak tumpukan barang disekitar tempat tinggalmu, kamar, gudang, atau bahkan ruang tamu pasti sangat mengganggu pemandangan. Suasana tempat tinggalmu terkesan sempit karena adanya barang-barang yang jarang terpakai tersebut. Secara tidak sadar, kamu akan sering memikirkan akan ketidaknyamanan tersebut dan bahkan menghalangi ide-ide kreatif bermunculan.

Lebih produktif dan bahagia

konsep gaya hidup minimalis - hidup lebih produktif dan bahagia

Tidak adanya barang-barang tertumpuk dan semakin leluasa bergerak tentu dapat membantu lebih produktif karena mampu membuat ide-ide kreatif bermunculan. Lebih menikmati suasana ruangan dan pekerjaan pun lebih cepat terselesaikan. Dengan dikelilingi barang-barang yang sedikit tapi memiliki nilai penting bagi seseorang justru itu akan semakin merasakan kepuasan penuh tersendiri bagi yang menjalan seni hidup minimalis. Hingga perasaan ini mamapu membuat seseorang merasa cukup dan nyaman dengan apa yang dimiliki dan membuat bahagia.

Meski terdapat macam-macam gaya hidup, konsep hidup minimalis seperti yang raditya lakukan tentu bisa Kamu coba sobat Kuponers. Selain karena simpel, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat. Dan jangan lupa untuk selalu barengi gaya hidup minimalis ini dengan gaya hidup sehat ya. Yuk coba mulai hidup minimalis dari sekarang.

No Comments Yet

Comments are closed