tips anak berkurban

Hari Raya Idul Adha, Momen Tepat Ajarkan Si Kecil Berkurban, Ini Tipsnya!

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha. Bagi Anda yang merayakannya, gunakan momen hari raya kurban ini sebagai saat yang tepat untuk ajarkan anak beribadah kurban. Sebagai orang tua, mungkin Anda sering mendengar pertanyaan anak seperti, “mengapa memotong kambing dan sapi untuk dimakan? Kasihan kan mereka harus di sembelih?” atau pertanyaan semacamnya. Jika si kecil sudah mulai bertanya-tanya tentang hari raya kurban, maka coba tips berikut ini agar Anda bisa juga ajarkan si kecil berkurban.

tips parenting

Tips Ajarkan Anak Berkurban

  • Ajarkan Si Kecil Berbagi: Ajarkan anak tentang hari raya kurban dan hubungkan dengan konsep berbagai. Beritahu si kecil jika berkurban merupakan salah satu cara berbagi kepada sesame atas perintah Sang Maha Pencipta. Dengan menunaikan ibadah kurban, ajarkan si kecil untuk menyisihkan sebagian rejeki untuk membeli hewan kurban. Walaupun uang yang digunakan adalah uang orang tua, tapi Anda bisa jelaskan maksud tersebut, jadi si kecil pun seakan membeli dengan hasil rezekinya.
  • Ungkapan Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta: Tips selanjutnya adalah dengan menjelaskan kepada si kecil bahwa semua rezeki yang didapat berasal dari Sang Pencipta sehingga di hari raya kurban, para umatNya diwajibkan berkurban sebagai bentuk rasa syukurNya. Dengan begitu, si kecil akan melihat hari raya kurban ini sebagai rasa syukur rezeki dan membagi kebahagiaan kepada sesama.
  • Ceriatakan Kisah Nabi: Tak hanya ajarkan si kecil bersyukur dan berbagi, ceritakan juga ia dengan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail. Cara ini bisa Anda terapkan jika ia bertanya kenapa kambing dan sapi harus di sembelih. Melalui cerita ini, ia pun akan tahu dari mana asal perayaan hari raya kurab. Dengan cerita yang sarat akan kebaikan dan hikmah, maka ia pun bisa semakin memahami maksud dari hari raya kurban.