Hewan Kurban

Daging Hewan Kurban Tetap Segar dengan Teknik Penyimpanan Ini

Idul Adha dikenal juga dengan hari raya kurban dimana kaum Muslim merayakan hari raya ini dengan menyembelih hewan kurban. Jika di Jakarta, hewan kurban yang umum di sembelih adalah sapi dan kambing, namun di kota lain menyembelih kerbau.

Tips Simpan Daging Hewan Kurban

Hewan Kurban

Biasanya, di Hari Idul Adha ini akan banyak sekali daging yang akan dibagikan. Untuk memasak daging hewan kurban pada satu hari saja belum tentu habis, maka orang menyimpannya di freezer. Nah, agar daging hewan kurban tetap dalam kondisi bagus selama dan setelah disimpan di freezer, ada tipsnya nih! Tips menyimpan daging hewan kurban ini juga mampu mempertahankan kondisi daging tersebut tetap segar walau disimpan lama.

Suhu Penyimpanan

• -5 sampai 0 derajat celcius: bertahan selama 3 hari.
• -19 sampai -5 derajat celcius: bertahan selama 1 minggu
• Dibawah -10 derajat: mampu bertahan lebih dari 1 minggu.

Hewan Kurban

Cara Penyimpanan

• Sebelum disimpan, sebaiknya daging hewan kurban tidak dicuci terlebih dahulu. Jika dicuci, justru membuat kuman masuk ke dalam pori-pori daging dan merusak teksturnya. Cucilah daging saat hendak di masak.

• Jika jumlah daging hewan kurban cukup banyak, maka simpan dengan cara di potong-potong dalam ukuran sedang, lalu simpan di plastik ½ kg atau 1 kg, lalu simpan di freezer. Jadi, jika hendak di masak, cukup ambil beberapa kantong sesuai kebutuhan pada hari itu.

Hewan Kurban

• Jangan langsung masukkan daging ke dalam freezer, sebaiknya simpan terlebih dahulu di kulkas selama 4-5 jam, lalu pindahkan di freezer.

• Pisahkan antara daging sapi dan daging kambing. Daging sapi sebaikya simpan di chiller pada suhu -1 derajat celcius. Daging kambing sebaiknya di simpan pada suhu -17 derajat celcius.

Hewan Kurban

• Simpan daging dengan kemasan plastik tebal atau food grade. Lalu di kemas rapat sehingga daging tidak dehidrasi. Hindari menggunakan plastik hitam karena berbahaya bagi kesehatan, mampu menyebabkan kanker.

First In First Out

Saat ingin menggunakan daging yang disimpan, ambil daging yang disimpan awal terlebih dahulu. Sistem ini dinamakan FIFO (First In First Out). Jika kamu mudah lupa, tandai dengan kode di plastiknya.

Cara Mencairkan

Hewan Kurban

Jika ingin mencairkan daging hewan kurban yang diambil dari freezer, maka jangan gunakan air panas. Cukup letakkan daging di bawah air kran dalam suhu normal. Pastikan daging masih didalam plastik rapat ya agar air tidak masuk. Setelah empuk, buka plastik dan cuci daging hingga bersih lalu tiriskan.

Hewan Kurban

Mencairkan daging di dalam air atau dalam ruangan terbuka akan memberikan resiko masuknya kuman dan berkembang biak di dalam daging. Selain itu, zat bermanfaat pada daging juga bisa hilang karena proses pencairan yang tidak tepat.