Makan Kepiting Seafood Emang Nikmat, Setelahnya Hindari Beberapa Makanan Berikut Ini!

Makan kepiting di restoran seafood emang nikmat banget Kuponers, namun ternyata ada beberapa “pantangan” makanan setelah Kamu mengkonsumsinya lho. Sebelum kita membahas tentang beberapa pantangan tersebut ada baiknya pula Kita berbagi cara makan kepiting yang benar, selain itu ada juga lho bagian kepiting yang tidak boleh dimakan.

Kepiting merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Meskipun terdapat banyak jenis kepiting di dunia ini, namun hanya 5 sampai 10 jenis kepiting saja yang cukup populer di kalangan masyarakat dan beberapa diantaranya dapat dikonsumsi. Jenis kepiting tersebut anatara lain adalah kepiting bakau lumpur, kepiting raja alaska, rajungan, kepiting batu, dan masih banyak lagi.

kepiting

Kepiting sangat enak apabila diolah menjadi kepiting asam manis, kepiting saus tiram dan makanan-makanan olahan kepiting lainnya. Hmmm, ngebayanginnya aja udah menggugah selera, bukan? Buat kamu yang masih awan tentang makanan seafood yang satu ini, berikut akan kami ulas bagaimana cara makan kepiting yang benar.

Persiapan Sebelum Makan Kepiting

cara makan kepiting yang benar

Sebelum kita membahas tentang teknik cara makan kepiting menggunakan tangan yang benar, ada baiknya kita melakukan persiapan. Persiapan ini juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Usahakan untuk menyiapkan meja makan yang cukup luas, bila perlu gunakan koran atau plastik untuk melapisinya. Hal ini untuk menghindari bumbu-bumbu menempel, atau bau amis menempel pada meja. Setelah selesai menyantap makanan, kertas koran atau plastik tadi juga berfungsi untuk membungkus sisa-sisa cangkang.

Gunakanlah pakaian berwarna gelap dan juga gunakan celemek bila perlu. Saat makan kepiting, biasanya bumbu dari makanan tersebut sangat mudah menetes atau terciprat saat kamu membuka cangkang-cangkangnya.

Cukup gunakan tangan, makan kepiting paling nggak cocok jika kamu memakai sendok atau garpu saat menyantapnya. Menggunakan tangan merupakan cara paling aplikatif untuk menikmati kepiting. Jangan lupa gunakan alat pembantu seperti pemecah cangkang yang biasanya disediakan oleh restoran.

Baca juga : Setelah Makan Kepiting di Restoran Seafood, Hindari Makanan Ini – Kemayangan Restoran Gandaria

Cara Makan Kepiting Menggunakan Tangan yang Benar

cara makan kepiting yang benar

Setelah melakukan langkah-langkah persiapan di atas, sekarang waktunya untuk menikmati kepiting. Sebelum menikmatinya, kita harus mengupas cangkang-cangkang dari kepiting ini untuk dapat mengambil dagingnya yang mana tidak mudah untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah cara membuka cangkang kepiting yang benar.

Lepas semua kaki dan capit kepiting.

Gunakan gerakan memutar saat saat melepas kaki-kaki dan capit kepiting, gerakan ini adalah cara termudah. Kemudian masukan pisau yang tumpul ke bagian sendi-sendi kepiting, setelah itu tarik maka akan lebih mudah terlepas. Pada saat menarik kaki dan capit kepiting akan keluar daging kepiting, kamu bisa menikmati daging tersebut. Setelah kaki dan capit terlepas buang kaki kepiting dan pisahkan bagian dalam capi kepiting yang nantinya akan di makan dagingnya.

Balik Kepiting kemudian Cabut Cangkang dan Insang Kepiting

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menggunakan tangan untuk memisahkan bagian atas dengan bagian bawah kepiting. Lalu cabut dan buang cangkang kepiting bagian atas secara perlahan-lahan. Setelah itu, cabut insang kepiting dengan cara memegang kedua sisi cangkang, lalu ambil salah satu potongan kepiting.

Tarik Daging Kepiting

Setelah cangkang kepiting retak, tariklah cangkang kepiting dan tekan ke bawah cangkang kepiting. Setelah itu akan terlihat daging kepiting dari cangkangnya. Gunakan jari tangan kamu untuk menarik daging kepiting. Untuk lebih memudahkan kamu juga bisa menggunakan pisau tumpul.

Nikmatilah Daging Kepiting

Memang memerlukan effort cukup panjang untuk bisa menikmati daging kepiting. Nikmatilah daging pada bagian demi bagian lain dari kepiting. Meski membutuhkan effort yang lebih, namun pastinya, rasa serta pengalaman tidak akan mengecewakan.

Baca juga : TOP 5 Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Setelah atau Saat Menyantap Kepiting

Hindari Makanan Dan Minuman Berikut Saat Mengkonsumsi Kepiting

Setelah puas menikmati daging kepiting, sebisa mungkin untuk mengkonsumsi makanan-makanan ini jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk terjadi pada tubuh. Berikut ini, daftar makanan dan minuman yang sebaiknya jangan kamu konsumsi setelah ataupun saat menyantap menu kepiting.

Buah Kesemek

Buah kesemek mengandung asam tanat, zat ini tentu dapat mengganggu proses pencernaan protein yang kita makan. Asam tanat pada buah kesemek tersebut akan membuat protein dalam daging kepiting menggumpal, sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, apabila sudah terlalu lama di usus, maka akan terjadi pembusukan yang dapat menyebabkan nyeri perut, mual, muntah hingga diare.

Buah Pir

Mengkonsumsi Buah pir saat kamu menikmati seporsi kepiting seafood? Aduh, jangan dicoba deh. Sifat dingin buah pir apabila dimakan bersamaan dengan kepiting dapat melukai limpa lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan. Selain pir, mengkonsumsi makanan lainnya yang bersifat dingin bersamaan dengan kepiting pun tidak baik untuk pencernaan. Selain buah kesemek dan pir, sebaiknya kamu tidak makan buah bersamaan dengan kepiting. Jika ingin makan buah, beri jeda waktu beberapa jam sebelum atau setelah makan kepiting.

Daging Kambing dan Ikan Gabus

Mengkonsumsi daging kambing dan ikan gabus bersamaan dengan kepiting sekaligus juga tidak dianjurkan. Jika dikonsumsi secara bersamaan maka fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing dan ikan gabus akan berkurang. Selain itu juga tidak baik untuk limpa lambung.

minum teh saat makan kepiting

Banyak sekali orang memesan teh untuk menu minuman mereka saat mereka berada di rumah makan. Tapi apabila kamu sedang makan kepiting, sebaiknya jangan pesan teh karena mengkonsumsi teh setelah makan kepiting dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum teh setelah makan kepiting akan melumerkan getah lambung. Dengan begitu fungsi pembasmi kuman pada getah lambung akan menurun sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung. Selain itu, teh mengandung asam tanat yang apabila dikonsumsi bersamaan dengan kepiting akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

Itulah beberapa makanan serta minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah maupun saat mengkonsumsi kepiting.

No Comments Yet

Comments are closed