Mau Kondisi Tubuh tetap Bertenaga Selama Puasa? Konsumsi 3 Makanan ini!

Saat berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan banyak membutuhkan nutrisi ataupun asupan sumber gizi lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan juga kuat.

Lalu, nutrisi apakah yang sangat dibutuhkan ketika sedang berpuasa dan bisa menjaga tubuh tetap sehat? Apakah karbohidrat yang tinggi? Nyatanya, asupan protein yang bisa membuat tubuh kita tetap bertenaga selama menjalani ibadah puasa lho!

Protein sendiri bisa didapat dari 2 bentuk, yaitu dari protein nabati dan juga protein hewani. Tentu, pilihan selera juga menjadi salah satu aspek yang akan dipilih oleh masyarakat untuk bisa mengkonsumsi jenis asupan gizi tersebut.

Lalu, kira-kira makanan apa saja yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa membuat tubuh tetap bertenaga hingga waktu berbuka puasa nanti?

 

  1. Kedelai

Siapa yang tidak tahu dengan bahan makanan yang satu ini? Selain murah dan juga mudah didapat, kedelai juga bisa dibuat menjadi salah satu makanan yang lezat untuk disantap saat berbuka puasa ataupun saat sahut lho.

Kedelai sendiri memang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan berbahan dasar kedelai, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan yang lezat dan juga tetap bergizi seperti tempe, bubur kedelai, sup kedelai, hingga kedelai rebus.

 

  1. Susu

Apakah kalian rutin meminum susu setiap pagi? Kalau kalian rutin mengkonsumsi susu setiap hari, maka dipastikan kebutuhan protein di tubuh kalian akan tetap terjaga.

Selain kedelai, susu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi lho! Untuk 100 gram susu, terdapat hingga 3,4g (gram) protein di dalamnya. Tak hanya protein yang bisa kamu dapat dalam segelas susu, kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, hingga Kalsium. Dengan protein-protein ini, cukup membuat dirimu menjadi tetap bertenaga selama berpuasa.

Susu sendiri bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat lho. Sebut saja seperti yoghurt dan juga keju menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu sahur ataupun berbuka puasa kamu dengan keluarga.

 

  1. Ikan

Protein hewani yang satu ini tentu menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat untuk hidangan sahur ataupun untuk buka puasa. Selain lezat dan membuat perut menjadi kenyang, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh lho!

Di dalam ikan daging ikan sendiri, terdapat total hingga 18% protein yang terkandung di dalamnya. Nutrisi ini juga turut membantu tubuh agar tetap bertenaga selama masa berpuasa. Tak hanya protein, kandungan lainnya yaitu Omega 3 juga ikut menambah kekuatan saat berpuasa. Selain itu, protein yang ada di dalam ikan juga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Bagi kalian yang ingin mengkonsumsi ikan, ada banyak ragam masakan yang bisa diolah dengan menggunakan daging ikan. Mulai dari masakan tradisional hingga masakan mancanegara, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat dengan daging yang kaya akan protein ini lho.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari berbagai jenis makanan diatas selama masa berpuasa. Selain lezat, tentu makanan-makanan diatas bisa menyehatkan bagi tubuh kita.

Tentunya, asupan gizi tetap perlu diperhatikan selama berpuasa agar kondisi tubuh tetap sehat dan juga bertenaga. Kira-kira, yang mana menjadi makanan favorit kamu untuk berbuka puasa?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed