Ingin Melepas Stres dan Menurunkan Berat Badan? Yuk Olahraga Aerobik!

Kepadatan aktivitas sehari-hari tentu membuat rasa stres muncul dengan mudah. Kesibukan pekerjaan di kantor, macetnya jalanan di kota, hingga mengurus beberapa hal lainnya menjadi penyebab utama rasa stres muncul pada diri kita. Biasanya untuk melawan rasa stres tersebut, mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food menjadi salah satu pilihan agar rasa stres dapat terbebaskan. Alih-alih stres yang mereda, yang didapat malah naiknya berat badan karena pola makanan yang tidak teratur. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu kegiatan yang bisa diandalkan adalah dengan olahraga aerobik.

 

Ketahui apa itu olahraga aerobik

Aerobik sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan olahraga yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan fungsi jantung di dalam tubuh. Dalam setiap kegiatan olahraga ini, biasanya seseorang yang melakukan kegiatan ini akan melakukan aktivitas olahraga secara terus-menerus dan hanya memiliki waktu jeda yang singkat.

Kegiatan yang termasuk dalam olahraga aerobik seperti berenang, berlari, bersepeda, ataupun kegiatan olahraga lainnya yang difokuskan untuk peningkatan stamina serta jantung pada tubuh. Di Indonesia sendiri, masyarakat lebih sering melakukan gerakan senam aerobik

 

Durasi yang tepat untuk melakukan aerobik

Ketika melakukan olahraga aerobik, tentu kita ingin mengharapkan hasil yang baik bagi tubuh kita. Lalu, kira-kira berapa lama durasi yang tepat untuk melakukan olahraga aerobik? Para pakar kesehatan sendiri menyarankan untuk melakukan kegiatan olahraga ini selama 30 menit dalam sehari. Untuk 1 minggu, disarankan untuk melakukannya selama 5 kali.

Dalam 30 menit tersebut, bukan berarti untuk melakukan olahraga tersebut selama 30 menit secara penuh lho! 30 menit disini mempunyai arti untuk membagi setiap gerakan dari aerobik itu sendiri. Untuk pembagiannya, bisa dilakukan sesuai dengan olahraga yang kamu inginkan seperti berlari, push up, sit up, bersepeda, lompat tali ataupun kegiatan olahraga lainnya.

 

Banyak manfaat yang baik untuk tubuh

Olaharga tentunya dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh, tak terkecuali dengan melakukan kegiatan yang satu ini. Selain bisa menghilangkan rasa stres dan juga menurunkan berat badan, olahraga ini juga bisa memberikan manfaat lainnya bagi tubuh.

Ada beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dari kegiatan olahraga ini. Manfaat tersebut seperti:

– Mencegah kanker

– Meningkatkan fungsi jantung agar lebih sehat

– Meningkatkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh

– Melatih kinerja fungsi otot

– Membangkitkan mood menjadi lebih bahagia

– Menambah konsentrasi pada otak

– Meningkatkan sel darah merah

– Meningkatkan stamina tubuh

Aerobik bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat agar tubuh dapat tetap sehat dan juga bugar. Tanpa memerlukan biaya yang besar ataupun peralatan yang sulit, kita bisa melakukan olahraga ini kapanpun dan dimanapun juga. Ayo, tunggu apalagi? Mulai hidup sehat dengan rutin berolahraga dan dapatkan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Badan sehat, tubuh kuat, jiwapun ikut bersemangat!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed