Ingin Tetap Berolahraga Selama Puasa? Ini Tipsnya

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan oleh kita setiap hari. Dengan melakukan kegiatan olahraga, tubuh akan menjadi sehat serta pikiran pun akan ikut menjadi lebih segar. Selain itu, olahraga pun dapat memberikan semangat positif yang baru setiap harinya bagi diri kita.

Lalu, bagaimana jika sedang waktu berpuasa? Apakah kita menghentikan kegiatan ini agar puasa tidak batal? Waktu berpuasa sendiri dimulai dari waktu subuh hingga sore hari. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman selama kurang lebih 13 jam lamanya.

Eitts, meskipun sedang berpuasa bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga lho! Ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti agar kalian bisa melakukan kegiatan berolahraga tapi puasapun tetap berjalan seperti biasa. Berikut tips-tipsnya yang bisa kalian simak!

 

Waktu saat berolahraga

Nah, ini salah satu hal yang harus kalian perhatikan untuk melakukan kegiatan olahraga selama berpuasa. Lakukan kegiatan berolahraga disaat sebelum sahur ataupun setelah berbuka puasa. Kalian bisa melakukan olahraga selama 30-60 menit lamanya, tentu itu tergantung dari kondisi tubuh agar tidak merasa lemas atau pusing ketika berolahraga.

 

Pilih tempat olahraga yang sejuk dan nyaman

Setelah sudah mengetahui kapan waktu kegiatan berolahraga yang tepat untuk kita, sekarang kamu dapat mencari tempat olahraga yang cocok untukmu. Hindari melakukan kegiatan olahraga di tempat yang bersuhu panas agar dapat mencegah rasa haus atau dehidrasi.

Cobalah untuk memilih tempat olahraga yang sejuk seperti di taman yang memiliki pepohonan yang rimbun, tempat kebugaran, ataupun pusat kegiatan olahraga yang memiliki pendingin ruangan.

 

Perhatikan makanan saat puasa

Sahur

Makanan tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap memiliki tenaga saat berolahraga dikala sedang puasa. Menentukan pilihan makanan yang tepat menjadi strategi yang tepat agar tidak merasa lemas saat olahraga.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi menjadi pilihan yang tepat untuk memiliki tenaga ekstra saat berolahraga selama masa puasa.

 

Istirahat yang cukup

Selain pilihan makanan yang tepat, pola istirahat yang cukup berpengaruh pada kondisi tubuh dan terutama saat berolahraga. Memiliki waktu istirahat yang kurang sendiri dapat membuat tubuh menjadi lemas serta kurang bertenaga.

Orang dewasa rata-rata memerlukan waktu tidur kurang lebih sekitar 7 sampai dengan 9 jam per hari. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuhpun kondisinya tetap terjaga dan juga memiliki tenaga yang cukup untuk olahraga.

 

Pilihlah kegiatan olahraga yang sesuai

Berpuasa memang membuat tubuh kita memiliki tenaga yang lebih terbatas dibanding seperti biasanya. Kegiatan olahragapun juga harus bisa menyesuaikan kondisi tubuh saat sedang puasa. Olahraga ringan menjadi pilihan yang tepat untuk mensiasati sedikitnya tenaga yang ada dikala puasa.

Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa kalian lakukan, pilihan-pilhan olahraga tersebut adalah:

– Jogging/Treadmill ringan
– Bersepeda
– Renang
– Jalan cepat
– Yoga

Tubuh sehat dan bugar tentu menjadi impian bagi setiap orang. Walaupun kamu sedang dalam puasa, kegiatan berolahraga tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan agar tubuh tetap sehat selalu. Karena ada pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat lho!

Nah bagi kalian yang ingin mencari tempat olahraga yang nyaman dan harga yang terjangkau, LaKupon memberikan promo menarik buat kamu yang ingin berolahraga. Yuk check promonya disini dan jangan sampai kehabisan!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed