Ini Dia 5 Tips Ramadan Saat Corona Yang Wajib Diikuti

Tips Ramadan saat corona – Wabah corona diperkirakan masih terus bergulir sampai bulan Ramadan tiba. Seperti kita ketahui, virus corona saat ini adalah virus yang ditakuti oleh seluruh umat Manusia di dunia. Bahkan sudah menelan ribuan korban di Indonesia khususnya. Inilah yang memicu semua aktivitas manusia dibatasi, tidak terkecuali dalam melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan mendatang.

Sebenarnya tidak hanya pembatasan ibadah semata, semua aktivitas yang biasanya melibatkan kerumunan atau banyak orang, sekarang ini dibatasi untuk sementara waktu sampai wabah corona berakhir. Dalam menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi akan berlangsung, semua umat Muslim juga dianjurkan untuk tetap menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit sekaligus mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh.

Tips Ramadan Saat Corona

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan di tengah-tengah situasi sekarang ini mungkin akan berbeda, terlebih dengan semakin meningkatnya korban yang berjatuhan akibat terserang wabah Covid 19. Berikut beberapa persiapan beribadah puasa Ramadhan saat corona, diantaranya :

1.      Beribadah di Rumah

Seperti kita ketahui, bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan serangkaian ibadah demi mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Akan tetapi, di tengah-tengah wabah Corona yang melanda dunia saat ini, justru melakukan ibadah shalat berjamaah bersama-sama di Masjid tidak diperbolehkan.

ibadah dirumah

Mengingat penularan virus Corona yang semakin tidak terkendali, demi meminimalisir korban yang terpapar virus akibat bersentuhan dengan pasien positif Corona, Fachrul  Razi selaku Menteri Agama telah menerbitkan edaran supaya masyarakat tidak melakukan shalat tarawih bersama di Masjid, melainkan beribadah di rumah masing-masing.

2.      Istirahat yang Cukup

Selain melakukan social distancing atau physical distancing, kita juga harus tetap menjaga daya imun tubuh agar tetap kuat dengan tidur yang cukup. Bagi orang yang tidur teratur, biasanya daya imun akan tetap terjaga, sehingga bisa turut mencegah penyebaran dan masuknya virus mematikan tersebut. Sebagai solusinya agar waktu istirahat cukup, sebaiknya usahakan untuk tidur tepat waktu atau lebih awal sebelum sahur.

istirahat cukup

3.      Menjaga Asupan Nutrisi Makanan

Selain tidur teratur, menjalankan ibadah lebih khusyu’ saat Ramadhan sekaligus demi mencegah penyebaran virus corona, Anda tetap harus menjaga asupan makanan yang bergizi. Mnejaga asupan gizi pada makanan penting sekali untuk diperhatikan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi saat sahur.

nutrisi-makanan-lengkap

Jangan lupa selalu menyertakan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin. Hal ini dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Imbasnya, virus corona pun enggan menyambangi tubuh Anda.

4.      Hindari Aktivitas di Luar Rumah Terlebih Dahulu

Tidak hanya menjalankan ibadah berjamaah yang dilarang, tetapi aktivitas yang tak begitu penting di luar rumah juga sebaiknya dihindari. Baik untuk acara-acara yang melibatkan banyak orang, seperti buka bersama, maupun bertemu dengan teman-teman atau kerabat, sebaiknya di tahan terlebih dahulu. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa bersilaturahmi. Silaturahmi tetap bisa dijaga dengan cara memanfaatkan teknologi digital seperti sekarang, yaitu dengan melakukan video call atau saling menelepon.

5.      Persiapkan Stok Makanan Secukupnya

Mencari makanan untuk berbuka puasa di luar rumah mungkin kini bukan aktivitas yang perlu dilakukan. Sebaiknya hindari terlebih dahulu acara-acara seperti ngabuburit, atau mencari makanan di luar saat masa pandemi sekarang ini. Pastikan Anda selalu menyetok makanan di rumah dengan cukup untuk mengurangi keperluan pergi ke luar rumah.

stok makanan

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus menyetok makanan di rumah sebanyak-banyaknya. Tetap bijaksana menyikapi hal ini. Jangan terlalu banyak menimbun makanan, dan pastikan untuk selalu mengingat orang lain di luaran sana yang membutuhkan.

6.      Cukupi Asupan Vitamin D dengan Berjemur

Salah satu tips puasa saat corona lainnya ialah tetap berjemur di pagi hari, setidaknya 10-15 menit, bisa dimulai dari jam 08.00 sampai jam 09.30 agar Anda mendapatkan kecukupan vitamin D, yang bisa meningkatkan daya imun tubuh tetap baik.

berjemur matahari

Itula 5 tips Ramadan saat corona, mungkin bulan puasa kali ini kita akan merasakan suasana yang berbeda, tapi demi mencegah dan melawan wabah virus corona, sebaiknya kita ikuti aturan-aturan di atas terlebih dahulu. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit dan tetap dapat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan dengan nyaman dan tenang!

No Comments Yet

Comments are closed