Jamu Bersalin, Minuman Tradisional yang Dipercaya Melangsingkan. Benarkah?

Jamu bersalin sering digunakan untuk ibu-ibu yang baru melahirkan untuk mengecilkan perut. Namun benarkan jamu bersalin mampu membantu Anda lebih fit setelah melahirkan? Dan apa saja manfaat sesungguhnya dari jamu bersalin?

Jamu Besalin

Jamu bersalin adalah sejenis jamu yang diperutukan ibu yang baru melahirkan. Jamu ini ada beberapa jenis, yakni:

• Pertama, jamu diminum dalam jangkau waktu 10 hari pertama.
• Kedua, jamu diminum pada saat 10 hari sesudahnya.
• Ketiga, jamu diminum dalam jangka waktu 1 bulan penuh yang terbagi dalam 10 hari.

Manfaat Jamu Bersalin

Jamu Bersalin

1. Mengencangkan Otot

Setelah melahirkan, otot wanita akan terasa lemas dan kendur, terutama di bagian perut, lengan dan paha. Agar otot kembali kencang, maka Anda juga butuh minum jamu selapan selain berolahraga.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi kebanyakan wanita yang sudah melahirkan, menurunkan berat badan menjadi tujuan utama mereka. Kenaikan berat badan selama kehamilan hingga melahirkan bisa jilang jika Anda minum jamu bersalin.

3. Mengembalikan Bentuk Tubuh

Setiap jamu memiliki petunjuk sebelum meminumnya. Jamu juga bisa membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Siapa yang tak mau miliki tubuh ramping dan ideal kembali.

Jamu Bersalin

4. Membersihkan Rahim

Nifas juga membantu membersihkan rahim, namun hal tersebut bisa lebih maksimal lagi jika dibantu dengan jamu setelah melahirkan. Sisa-sisa proses persalinan bisa lebih bersih terbuang dengan minum jamu.

5. Menambah darah

Setelah melahirkan, Anda bisa mengalami kekurangan darah atau biasa yang dikenal dengan anemia. Agar sel darah merah bertambah, maka Anda bisa mengkonsumsi jamu.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Selain menambah darah, minum jamu bersalin juga mampu melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesemutan dan kram.

Jamu Bersalin

7. Melancarkan ASI

ASI yang lancar sangatlah penting setelah proses persalinan. Meminum jamu setelah melahirkan juga mambantu melancarkan ASI sehingga bayi pun juga sehat.

8. Menambah nafsu makan

Nafsu makan penting juga untuk kebutuhan nutrisi pada ASI. Jika Anda tidak merasa memiliki nafsu makan yang baik, maka bisa dengan minum jamu. Namun tetap kontrol makan Anda agar tidak berlebihan.

9. Menguatkan Tubuh

Setelah bersalin, maka kondisi tubuh akan lesu dan kurang bertenaga. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa konsumsi jamu selapan yang mampu menguatkan tubuh.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Minum Jamu bersalin

Jamu Bersalin

Dibalik manfaat jamu bersalin, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum meminumnya, berikut ini:

• Ibu yang baru melahirkan bisa mengkonsumsi jamu asalkan tidak memiliki gangguan pada fungsi hati (hepatitis B). Jika memiliki penyakit tersebut sebaiknya jangan meminum jamu bersalin karena bisa menyebabkan komplikasi seperti rahim robek dan kontraksi.

• Jangka waktu yang bisa Anda rasakan setelah meminum jamu ini adalah nifas kurang dari 40 hari melahirkan. Maka proses nifas bisa lebih cepat.

• Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu dari dokter, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum meminumnya.

• Jika Anda takut meminum jamu karena ASI bisa mempengaruhi bayi, maka sebaiknya hentikan pemakaian jika bayi mengalami diare. Hal ini menandakan bahwa bayi tidak toleran terhadap jamu.

Semoga tips diatas bisa membantu Anda untuk memiliki badan yang ideal setelah melahirkan dan juga bayi yang sehat.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram