8 Jenis Senam Yoga yang Menyenangkan Sekaligus Menyehatkan

Senam yoga kini menjadi olahraga favorit banyak wanita. Gerakan senam yang berbeda dari senam kebanyakan ini memang mampu membuat tubuh lebih langsing, ramping namun juga sehat. Senam yoga tak hanya satu jenis, melainkan banyak jenisnya. Setiap jenis yoga memiliki gerakan dan makna tersendiri. Apa saja jenis senam yoga?

Jenis Senam Yoga

  1. Hatha Yoga

Senam Yoga

Hatha Yoga berfokuskan pada menyelaraskan latihan fisik dengan pernafasan. Beberapa jenis yoga juga termasuk Hatha Yoga seperti Ashtanga, Vinyasa, Power Yoga dan Iyengar. Jenis yoga ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja mulai mencoba yoga. Dengan Hatha Yoga, Anda mampu mengenali postur dasar yoga. Hatha yoga memiliki tempo yang lebih tenang.

  1. Vinyasa Yoga

Senam Yoga

Jenis yoga ini membutuhkan koordinasi antara fisik, nafas dan postur tubuh. Vinyasa yoga memiliki tempo yang lebih cepat dari Hatha Yoga dengan gaya bebasnya alias tak terpaku dengan teori. Ada beberapa sesi dari jenis yoga ini seperti memperkuat otot, fokus pada backend, dll. Vinyasa yoga sangat cocok untuk Anda yang dinamis dan spontan karena ada banyak postur berbeda di setiap sesinya.

  1. Ashtanga Yoga

Senam Yoga

Ashtanga Yoga adalah jenis yoga yang dinamis, intents dan sangat atletik. Pose pada jenis yoga ini harus diikuti yang disebut dengan Ashtanga series. Ada 2 metode untuk yoga ini yaitu Led Class (panduan instruktur) dan Mysore (Anda berlatih mengikuti rangkaian postur). Berlatih jenis yoga ini harus memiliki dedikasi yang tinggi dengan fisik dan mental yang bagus.

  1. Iyengar Yoga

Senam Yoga

Jenis yoga yang satu ini akan berfolus pada presisi postur dengan memperhatikan anatomi tubuh dengan details. Pada yoga ini biasanya membutuhkan alat bantu seperti blok dan wallrope. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh, stabilitas, fleksibilitas tubuh. Jika Anda suka dengan hal detail, maka yoga ini cocok untuk Anda.

  1. Hot Yoga

Senam Yoga

Hot yoga biasanya dilakukan di dalam ruanan panas sekitar 42 derajat celcius. Hot yoga ini sering disebut dengan bikram yoga. Jenis senam yoga yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati sensasi keringat bercucuran saat olahraga.Yoga ini juga sangat bermanfaat untuk detoks dan membuat tubuh lebih lentur.

  1. Kundalini Yoga

Senam Yoga

Jenis yoga yang satu ini mengkombinasikan antara fisik dan spiritual. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki postur tubuh dengan teknik pernafasan yang dinamis, meditasi dan mantra yang ditujukan meningkatkan vitalitas pada tubuh. Jenis yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai meditasi dan mengeksplorasi spiritual.

  1. Prenatal Yoga

Senam Yoga

Kalau jenis yoga ini khusus untuk ibu hamil. Prenatal yoga akan fokus untuk melatih pernafasan, latihan di area pinggul, pose restorasi yang mampu mengembalikan energy disaat lelah akibat hormonal dalam tubuh. Dengan melakukan yoga hamil, maka Anda akan kuat selama kehamilan. Di beberapa kelas, prenatal yoga juga bisa dilakukan untuk pasangan sehingga mampu mendekatkan dan mendukung dalam proses kelahiran kelak.

  1. Yin Yoga

Senam Yoga

Jenis senam yoga ini akan berfokus pada latihan pasif dimana hanya fokus pada 1 pose dengan durasi 3-5 menit. Postur ini dilakukan saat posisi duduk, gentle twist atau berbaring. Metode yoga ini sangat bermanfaat untuk melatih sisi meditatif dan bagus untuk kesehatan. Tulang sendi juga akan terlatih dengan stretching yang dilakukan.

Beberapa jenis senam yoga ini bisa memberikan pengalaman serumu untuk berolahraga. Dengan melakukan yoga, maka fisik dan jiwa Anda akan semakin sehat dan bahagia.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON