Jika Terpaksa Beraktivitas, Lakukan Ini Agar Bisa Survive Dari Virus Korona

Pada saat-saat seperti ini, penyebaran virus Korona atau yang bisa dikenal dengan sebutan COVID-19 merupakan suatu momok yang cukup mengkhawatirkan di tengah-tengah masyarakat umum. Hal itu dikarenakan penyebaran dari virus ini dapat menyebar secara cepat kepada antar pribadi dengan efek yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Tak hanya sampai disitu, hingga saat ini juga belum ditemukannya obat yang dapat menangkal virus ini di dalam tubuh, sehingga masyarakatpun semakin was-was akan terpaparnya oleh virus yang awalnya pertama kali dtemukan di Wuhan, Tiongkok ini.

Akibat dari efek kekhawatiran akan virus Korona tersebut, sampai-sampai pemerintah Indonesia membuat langkah-langkah pencegahan yang efektif bagi keselamatan masyarakatnya. Seperti Presiden Joko Widodo yang akhir-akhir ini mengumumkan bahwa masyarakat dapat melakukan segala kegiatan secara mandiri di rumah. Kegiatan-kegiatan mandiri di rumah tersebut diantaranya seperti bekerja di rumah, belajar di rumah, hingga beribadah dirumah adalah beberapa kegiatan mandiri yang dihimbau tersebut.

Himbauan tersebut selain bisa mencegah agar penyebaran dari virus Korona tidak menjadi terlalu masif, nyatanya juga cukup berdampak pada perekonomian maupun beberapa pusat keramaian di tempat umum. Tempat-tempat seperti tempat wisata, restoran, pusat perbelanjaan, bioskop, hingga eventevent tertentu mengalami penurunan dari jumlah pengunjung yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan untuk mematuhi himbuan yang telah diinformasikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Meskipun sebagian masyarakat ada yang belajar dirumah ataupun bekerja dirumah, nyatanya masih ada beberapa masyarakat yang tetap melakukan aktivitas kegiatan hingga bekerja seperti biasanya karena beragam alasan dan juga profesinya tersebut. Rasa was-was sampai beragam pencegahan telah dilakukan oleh masyarakat yang masih tetap beraktivitas di luar rumah di tengah-tengah masifnya penyebaran virus ini.

Namun, hal tersebut tidak perlu ditakuti secara berlebihan ataupun menjadikan momok yang mengerikan dari penyebaran virus yang satu ini sehingga takut untuk beraktivitas. Ada beberapa tips menarik yang bisa kamu ikuti agar tetap bisa beraktivitas secara aman dan juga terhindar dari paparan virus COVID-19 ini. Untuk itu, berikut tips-tips sehat yang aman untuk beraktivitas di luar agar terhindar dari baying-bayang virus Korona.

Social Distancing

Social Distancing Untuk Cegah Virus Korona

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika melakukan kegiatan di luar adalah dengan melakukan Social Distancing. Social Distancing atau yang secara harfiah mempunyai arti bahwa berjarak dengan seseorang adalah cara yang cukup ampuh agar tidak terkena virus yang sedang masif penyebarannya saat ini. Selain itu dalam social distancing, usahakan kamu untuk menghindari tempat-tempat yang memiliki keramaian umum agar tidak bersentuhan dengan orang lain.

Social distancing juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lainnya. Hindari melakukan kontak fisik seperti bersalaman, berjabat tangan, ataupun kontak fisik lainnya agar tidak terpapar virus Korona. Sebagai alternatifnya, gunakan simbol-simbol salam lainnya seperti salam Namaste, tangan di pundak, ataupun membungkuk seperti di dalam kultur masyarakat Jepang dalam memberikan salam kepada orang lain.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Ingin Menangkal Virus Corona? Ayo Konsumsi Buah-Buahan Ini!

Pakai Masker Jika Beraktivitas di Luar

Penggunaan Masker Untuk Cegah Virus Korona

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ketika kamu beraktivitas di luar rumah adalah dengan menggunakan masker saat berpergian ke luar rumah. Memakai masker merupakan salah satu pencegahan diri yang cukup ampuh dari penyebaran virus Korona agar tubuh bisa terhindar dari paparan virus yang satu ini. Gunakan masker-masker yang ada seperti masker bedah atau surgical mask maupun masker N95 agar kita bisa terhindar dari paparan virus Korona di tempat umum ketika beraktivitas.

Cuci Tangan Secara Menyeluruh

Cuci Tangan Agar Terbebas Dari Virus Korona

Sebelum ataupun sesudah melakukan kegiatan aktivitas di luar rumah, cuci tangan secara menyeluruh agar tangan menjadi bersih dan terbebas dari segala kuman maupun virus yang ada. Mencuci tangan yang bersih adalah dengan menggunakan air yang mengalir dan juga sabun agar tangan dapat bersih serta steril sepenuhnya. Untuk mencuci tangan, ada beberapa langkah-langkah dalam mencuci tangannya tersebut agar tangan bisa bersih secara menyeluruh. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah:

  1. Antar kedua telapak tangan
  2. Sela-sela jari
  3. Punggung tangan
  4. Kedua jempol
  5. Seluruh jari
  6. Kuku
  7. Pergelangan tangan
  8. Bilas dan keringkan.

Gunakan Hand Sanitizer Apabila Berada di Tempat Publik

Gunakan Hand Sanitizer Untuk Cegah Virus Korona

Selain mencuci tanga dengan air, menggunakan hand sanitizer bisa menjadi alternatif lainnya agar tangan bisa terbebas dari kuman maupun virus Korona lho! Apabila kamu sedang berada di ruang publik dan bersentuhan dengan berbagai benda-benda yang ada di sana, makan hand sanitizer bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat dalam mencuci tangan. Gunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol minimal 60% agar tangan menjadi bersih dan terbebas dari paparan kuman serta virus.

Hindari Kontak Langsung Dengan Benda-Benda Disekitar

Mencegah Virus Corona Dengan Cara Mudah, Berikut Tipsnya!

Tahukah kamu jika COVID-19 tidak hanya bisa terpapar dari interaksi antar manusia saja, namun juga bisa dari objek-objek disekitarnya? Ya, Virus Korona nyatanya dapat hidup di sekitar objek-objek benda yang berada di sekeliling kita lho! Beberapa benda seperti alumunium, kayu, kaca, kertas, serta plastik adalah beberapa objek-objek benda yang bisa didiami oleh virus ini selama empat hingga lima hari lamanya. Untuk itu, gunakan sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda disekitar kita saat beraktivitas di luar rumah.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan Sehat Untuk Cegah Korona

Ketika kamu sedang berakvitias di luar rumah, tentunya daya tahan tubuhmu mempengaruhi setiap kegiatan yang ada. Makanan ataupun minuman yang kamu konsumsi setiap harinya dapat mempengaruhi daya tahan tubuhmu serta imunitas yang ada pada dirimu. Untuk menyikapi hal tersebut, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat adalah jawaban yang tepat agar tubuh bisa menangkal virus-virus yang ada, terutama pada virus Korona.

Contoh buah-buahan seperti jeruk dan lemon memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi tubuhmu dari virus-virus penyebab flu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi jahe yang kaya dengan antioksidan untuk menunjang sistem imun di tubuh agar tidak mudah sakit dan bisa tetap beraktivitas dengan fit saat sedang di luar rumah.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Fakta Tentang Virus Korona Yang Mungkin Perlu Kamu Tahu

Untuk mencegah Penyebaran Virus COVID-19 atau yang biasa disebut dengan virus Korona, tentu diperlukan berbagai macam tindakan agar penyebaran dari virus ini dapat tidak meluas dan juga diri sendiri tidak terpapar olehnya. Karena itu, menjaga kebersihan pada diri dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat adalah contoh-contoh tindakan yang bisa kita lakukan apabila kita perlu beraktivitas diluar ditengah wabah penyebaran Virus Korona.

Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan, konsumsi makanan yang bergizi, dan cek kondisi kesehatan pada tubuh di pusat-pusat kesehatan apabila mengalami gejala kurang sehat pada tubuh. Tetap sehat, tetap semangat, dan tetap menjaga kebersihan pada diri sendiri serta lingkungan kita.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed