Karang Gigi Pada Ibu Hamil, Seberapa Berbahayanya untuk Janin?

Karang gigi bisa sangat mengganggu apalagi untuk ibu hamil. Keberadaan karang gigi tidak boleh dibiarkan, karena ternyata bisa sangat berbahaya. Jika ibu hamil memiliki karang gigi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahaya Karang Gigi pada Ibu Hamil

Karang Gigi

Umumnya, karang gigi yang terjadi pada ibu hamil karena radang gusi yang disebabkan imunitas yang menurun. Radang gusi ini bisa berbahaya dan menimbulkan pendarahan pada gusi terus menerus, sehingga ibu hamil sangat beresiko mengalami anemia.

Selain itu, ibu hamil juga akan beresiko memiliki bayi premature hingga keguguran akibat radang gusi yang infeksi akibat dari karang pada gigi. Keguguran bisa terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, sedangkan diatas trimester pertama bisa kelahiran premature.

 

Karang gigi adalah bentuk dari kondisi gigi yang kurang sehat. Bakteri yang ada di gigi dan mulut bisa sangat berpengaruh pada kesehatan janin. Kuman tersebut mampu merusak gigi dan masuk ke pembuluh darah sehingga kuman akan mampu merusak pembentukan gigi dan gusi janin.

Perawatan Gigi Ibu Hamil

Karang Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil, ini hal yang boleh dilakukan di setiap trimester nya:

• Trimester 1: Perawatan gigi yang boleh dilakukan adalah oral hygiene, pembersihan karang gigi dan tindakan darurat.

• Trimester 2: Pembersihan karang dan kuretase saku gusi, perawatan saluran akar gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi. Perawatan gigi ini tentu harus diikuti konsultasi pada dokter kandungan dan gigi Anda sehingga tetap aman untuk janin.

• Trimester 3: Saat kehamilan memasuki trimester 3, sebaiknya tidak melakukan perawatan gigi hingga 3 minggu sebelum melahirkan kecuali darurat.

Bagi ibu hamil ada perawatan gigi yang bisa dilakukan, seperti:

Karang Gigi

• Kontrol plak gigi dengan menyikat gigi rutin 2 kali sehari, menggunakan benang gigi minimal 1x sehari, menggunakan obat kumur yang direkomendasikan dokter hingga pembersihan karang gigi oleh dokter gigi.

• Melakukan kunjungan ke dokter gigi untuk mendapatkan saran dan perawatan khusus untuk ibu hamil.

• Melaukan rontgen gigi untuk melihat lebih jauh kondisi kesehatan mulut dan gigi.

• Harus selektif memilih obat-obatan.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON