Karaoke di Akhir Pekan? Seru dan Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan!

Siapa yang tidak suka bernyanyi? Semua orang pasti suka menyanyikan nada ataupun lagu favoritnya. Alunan nada dan juga suara yang dihasilkan oleh seorang penyanyi tentu membuat siapapun yang mendengarnya menjadi senang akan lagu tersebut. Salah satu kegiatan bernyanyi yang bisa dicoba adalah karaoke. Ya! Karaoke sambil menyanyikan lagu favorit tentu menjadi obat untuk terlepas dari rasa stress akibat rutinitias sehari-hari.

Karena itu, tak heran karaoke pada akhir-akhir ini menjadi salah satu pilihan alternatif bagi masyarakat luas di akhir pekan. Biasanya dalam berkaraoke, orang-orang akan mengajak teman ataupun keluarga mereka untuk menikmati keseruan sambil menyanyikan lagu kegemaran masing-masing.

Selain bisa melepaskan rasa penat dalam pikiran, ternyata karaoke juga bisa memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan di dalam tubuh kita lho! Berikut manfaat yang bisa didapat ketika kita berkaraoke.

 

Mengurangi rasa depresi di dalam tubuh

Sudah bukan rahasia umum lagi jika bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang bisa melawan rasa stress di dalam pikiran. Dengan bernyanyi sambil karaoke, maka seseorang bisa menjadi merasa gembira karena rasa stress dapat tersalurkan dengan bernyanyi.

Benyanyi sendiri menurut para ahli sama dengan melakukan kegiatan olahraga lho! Salahs atunya adalah kegiatan yoga yang bisa memberikan manfaat yang setara ketika kita bernyanyi.

 

Melatih fokus dan konsentrasi

Ketika karaoke, tentu kita akan fokus pada nada dan juga lirik agar bisa menyanyikannya dengan baik. Mengikuti nada serta menghafal lirik pada lagu saat bernyanyi tersebut, tentunya secara tidak langsung akan melatih konsentrasi pada pikiran kita.

Selain itu, bernyanyi saat karaoke juga bisa meningkatkan keterampilan membaca dan juga motoric pada tubuh. Tentunya, hal itu merupakan respon positif pada tubuh karena tingkat konsentrasi yang cukup tinggi dalam benyanyi sambil melihat pada lirik lagu itu sendiri.

 

Meningkatkan fungsi jantung

Tak hanya memberikan kesehatan pada mental, karaoke juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang menerima manfaat ini adalah jantung. Ketika bernyanyi, pernapasan menjadi hal yang cukup penting agar bisa mengikuti alunan nada dan juga menghasilkan suara yang merdu. Karena saat bernyanyi sendiri, fungsi jantung dan pernapasan akan meningkat akibat oksigen yang masuk ke dalam jantung.

Karaoke juga bisa meringankan beberapa masalah kesehatan pada fungsi pernapasan. Bagi bebera orang yang mengalami gejala seperti asma bronkial, bronkhitis serta tonsillitis, karaoke dapat menjadi pilihan alternatik untuk melatih funsgi pernapasan tersebut agar menjadi lebih sehat.

 

Membuat otot wajah kencang serta mencegah penuaan

Benyanyi pasti memerlukan ekspresi. Dengan kita karaoke disertai lagu favorit yang sedang diputar, tentunya ekspresi yang kita pancarkan adalah perasaan senyum dan bahagia. Ternyata, ekspresi positif ini dapat membuat otot wajah itu sendiri untuk selalu aktif. Dampaknya adalah dapat membuat otot wajah yang kencang sehingga penuaan pada kulit dapat dicegah.

 

Melatih kemampuan bicara di depan umum

Ketika sedang berkaraoke, pastinya diri kita akan dilihat oleh teman ataupun keluarga kita yang berada dalam satu ruangan tersebut. Bagi kalian yang memiliki masalah gugup dan mempunyai kesulitan berbicara di depan umum, inilah tempatnya untuk belajar mengekspresikan suara kalian.

Dimulai dari menyanyikan lagu favorit di depan teman dan juga keluarga, hal ini merupakan awal yang cukup bagus untuk mengasah kemampuan vocal dan kata di depan umum. Perlahan tapi pasti, karaoke dapat membuat diri kita menjadi lebih percaya diri untuk berbicara dengan orang lain.

 

Mempererat kedekatan interaksi sosial dengan orang lain

Saat sedang karaoke dengan teman-teman ataupun dengan keluarga, tentunya intensitas waktu kebersamaan akan menjadi semakin erat dan juga dekat. Selain itu, sambil menyanyikan lagu kegemeraran bersama-sama juga akan membuat suasana lebih seru serta kekompakan antar satu sama lain juga terbangun dengan baik.

Ternyata, karaoke juga dapat memberikan dampak yang cukup baik bagi kesehatan dan juga interaksi sosial dengan sesama lho! Kira-kira, apa lagu favoritmu yang sering dinyanyikan ketika karaoke di akhir pekan bersama dengan teman-teman atauapun keluarga kalian?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed