Karedok, Makanan Khas Indonesia yang Bergizi

Indonesia memiliki ragam kuliner menarik yang bisa diketahui. Beragamnya daerah dan juga kebudayaan yang ada membuat kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang unik serta berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lainnya. Nah, salah satu hidangan Indonesia yang sudah cukup dikenal dan juga disukai oleh masyarakat umum adalah salah satu makanan dari daerah Jawa Barat ini lho!

Ya, Karedok! Makanan yang lekat dengan aneka sayuran di dalam hidangan tersebut merupakan makanan pelengkap sehari-hari yang dapat ditemui di berbagai restoran khas Sunda. Seringkali makanan ini juga kadang disebut sebagai hidangan salad-nya orang Indonesia. Karedok juga bisa disantap secara langsung ataupun disantap dengan nasi sebagai hidangan pelengkap. Lebih lanjut, apakah Karedok itu? Yuk kita kenal makanan sehat ini lebih lanjut.

Karedok, hidangan yang terdiri aneka sayur

Karedok bisa dikatakan adalah salah satu hidangan yang cukup sehat untuk dikonsumsi lho! Hal itu dikarenakan di dalam hidangan ini memiliki aneka sayur di dalamnya. Dalam seporsi, terdiri dari setidaknya ada tujuh sayuran yang tersaji di makanan ini. Ragam sayuran seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi, dan juga terong.

Setelah itu, ragam sayuran itupun dicampur dengan sebuah saus bumbu kacang yang sudah dicampurkan dengan aneka bahan bumbu didalamnya. Bahan-bahan itu ialah cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula ajwa, garam, dan juga terasi. Tak heran dengan bercampurnya bumbu-bumbu tersebut pada saus bumbu kacang, rasanyapun semakin gurih dan sedap untuk disantap.

Untuk semakin lengkap, hidangan ini biasanya diatasnya akan ditaburi kerupuk agar menyantapnya semakin lebih lezat bagi para penikmatnya.

3 Jenis Karedok yang ada

Mungkin oranng awam hanya mengetahui jika Karedok hanya memiliki satu varian saja yang bisa ditemui. Namun, setidaknya ada 3 varian hidangan Karedok yang ada lho! Kira-kira, varian apa saja yang termasuk di dalam sajian berbahan dasar aneka sayuran ini? Berikut 3 variannya.

Karedok Kacang Panjang

Mungkin ini adalah salah satu varian yang cukup sering ditemui oleh masyarakat umum. Karedok kacang panjang seperti namanya menggunakan kacang panjang sebagai bahan utamanya. Selain itu, ditambahkan juga beberapa sayuran seperti kol, mentimun, dan cabai. Setelah itu, bahan-bahan dan bumbu diaduk di dalam ulekan agar bumbu dapat merata pada sayuran-sayuran tersebut.

Karedok Terong

Hampir sama seperti Karedok Kacang Panjang, Karedok Terong juga memiliki persamaan yang hampir mirip dalam pembuatannya.  Biasanya, bahan utama yang digunakan untuk varian ini adalah menggunakan terong yang berwarna hijau keputihan. Setelahnya, ditambahkan beberapa sayur seperti kacang panjang, mentimun, toge, kubis, dan juga surawung atau yang biasa dikenal dengan kemangi.

Karedok Leunca

Untuk varian yang satu ini agak sedikit berbeda dengan varian Karedok lainnya. Bahannya sendiri hanya memerlukan buah Leunca yang masih hijau. Untuk bumbunya sendiri menggunakan garam, terasi, cikur atau kencur, gula, bawang putih. Selanjutnya, buah Leunca tersebut akan diaduk bumbu dan juga kemangi di dalam ulekan.

Memiliki manfaat yang bergizi

Karena terbuat dari bermacam-macam aneka sayuran segar, hidangan sehat khas Sunda ini juga memiliki manfaat gizi yang menyehatkan bagi tubuh lho. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan vitamin yang terdapat dari sayuran segar pada bahan pembuatannya. Untuk itu, manfaat-manfaat sehat yang didapat bagi tubuh ialah:

Kaya akan nutrisi

Hidangan khas Jawa Barat ini tentu memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal itu dikarenakan ragam sayuran mentah yang diolah tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain itu, sayuran yang digunakanpun tidak dimasak sehingga nutrisi yang ada pada sayuran tersebut masih utuh. Ragam nutrisi seperti Fosfor, Kalium, Magnesium, Serat, Protein, dan masih banyak lagi bisa diperoleh lewat makanan khas ini.

Kaya akan vitamin yang berguna untuk tubuh

Sayuran segar mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak dan berguna bagi tubuh. Karena tidak dimasak ataupun direbus, vitamin yang melekat pada sayuran tersebutpun masih tetap utuh dan bisa didapatkan secara langsung bagi tubuh. Vitamin-vitamin dari sayuran yang ada pada seporsi makanan khas ini seperti Vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B5, dan juga B6 bisa didapatkan dengan mengkonsumsi hidangan ini. Vitamin tersebut tentu sangat berguna untuk kesehatan di dalam tubuh.

Memperkecil resiko berbagai penyakit

Karena memiliki jumlah kandungan vitamin dan juga nutrisi yang cukup banyak di dalam seporsi Karedok, hidangan ini juda dapat memperkecil berbagai gejala resiko penyakit pada tubuh kita lho! Berbagai resiko penyakit seperti osteoporosis, masalah kardiovaskular, hingga pencegahan timbulnya kanker adalah beberapa gejala yang bisa dihindari dengan mengkonsumsi hidangan khas Jawa Barat ini.

Bagaimana? Tertartik untuk mencoba hidangan salad-nya Indonesia yang khas dari Jawa Barat ini? Selain memiliki rasa yang lezat, Karedok juga memiliki kangungan yang sehat serta sangat bergizi untuk tubuh. Yuk konsumsi hidangan sehat agar tubuh dapat terhindar dari berbagai resiko penyakit dan juga tubuh dapat tetap bugar.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed