Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria?

Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria? Blog.lakupon.com. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Jika Kamu dan pasangan tidur, kemudian tertidur pulas lalu bangun pada waktu yang bersamaan dan ia selalu tampak lebih waspada dan memiliki lebih banyak energi daripada Kamu, jangan salahkan dirimu sendiri (dan jangan biarkan dia menyalahkanmu): Kamu tidak malas atau lelah. Karena ilmu pengetahuan ada di pihakmu lho Kuponers sekalian.

Para ahli merekomendasikan, rata-rata tidur 8 jam dengan kemungkinan bervariasi sesuai dengan kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. Namun, menurut seorang profesor di Loughborough University di Inggris, yakni ahli saraf ahli tidur Jim Horne, mengatakan bahwa “otak wanita lebih kompleks, selalu bekerja dengan keras dengan otaknya tersebut dan karenanya, menuntut lebih banyak waktu untuk istirahat.

Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria?

Kualitas tidur yang buruk pada kebanyakan wanita, sangat terkait dengan tingginya tingkat beban psikologis dan perasaan yang berkecamuk, depresi, dan kemarahan, perasaan seperti ini sangat jarang sekali ditemukan pada pria yang kurang tidur.

Apa yang membuat otak wanita lebih kompleks daripada pria?

Dibandingkan dengan para pria, wanita biasanya menggunakan otak lebih keras karena mereka lebih sering melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Itu berarti bahwa otak wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, sesuatu yang menawarkan tidur nyenyak lebih baik daripada aktivitas lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa wanita membutuhkan waktu tidur lebih dari pria.

Berbeda dari Pria, Wanita mengalamai siklus perubahan hormon

Perubahan hormon pada wanita membuat tubuhnya memerlukan waktu beristirahat lebih banyak dibandingkan pria. Perubahan hormon tersebut tidak hanya terbatas pada pubertas saja, tetapi mencakup banyak penyebab lain seperti siklus menstruasi bulanan, kehamilan, dan menopause. Kehamilan dan menopause menyebabkan lebih banyak perubahan hormonal pada wanita.

Pekerjaan rumah tangga yang menumpuk

Alasan lain mengapa wanita butuh istirahat lebih lama adalah karena pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Terutama wanita bekerja yang juga mengurus anak dan memasak di rumah. Melakukan banyak aktivitas akan membutuhkan lebih banyak aktivitas otak, bersama dengan penggunaan lebih banyak wilayah otak. Jadi, agar otak mereka untuk memulihkan diri, wanita perlu tidur lebih banyak daripada pria.

Kurang tidur membuat berat badan wanita naik

Kebanyakan perempuan yang kelebihan berat badan disebabkan karena kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stres, kortisol, yang membuat wanita rentan terhadap kecemasan. Semakin banyak kortisol dapat memicu nafus makan dan lainnnya. Sebab itu, cukup tidur sangat penting bagi wanita untuk mempertahankan berat badan mereka.

Pola pikir emosional dan analitis

Koneksi pada otak wanita dioptimalkan untuk pemikiran emosional dan analitis. Wanita cenderung melakukan banyak tugas sehingga aktivitas lebih tinggi terjadi pada otak mereka. Tak jarang hal ini membuat merekaa sulit tertidur, karena masih memikirkan banyak hal saat akan tidur.

Waktu istirahat sangat terbatas

Rutinitas sehari-hari membuat wanita tidak dapat memiliki waktu khusus untuk sendiri. Menyelaraskan dengan pola tidur anak-anak mereka juga menjadi masalah, karena pola tidur anak-anak kecil terus berubah. Studi menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan peningkatan iritabilitas pada wanita. Dengan banyaknya rutinitas wanita sehari-hari, alangkah lebih baiknya jika sesekali mengajaknya liburan di tempat wisata.

Aliran darah di otak lebih banyak

Aliran darah di otak wanita lebih banyak di korteks prefrontal. Korteks prefrontal membantu mempertahankan fokus, mengendalikan impuls dan mempertahankan bagian emosional otak yang menangani suasana hati dan kecemasan. Inilah sebabnya mengapa wanita sering dianggap lebih berempati dan lebih intuitif daripada pria. Hal ini juga membuat mereka berisiko mengalami depresi dan kecemasan. Untuk mencegahnya, wanita  membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria.

Meskipun alasan wanita butuh tidur lebih lama dari pria cukup banyak, wanita hanya membutuhkan sekitar 20 menit dari waktu tidur pria. Tambahan 20 menit ini dapat membuat perbedaan besar pada tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan wanita.

No Comments Yet

Comments are closed