Sejuta Khasiat Madu yang Mencengangkan!

Khasiat madu untuk kesehatan sepertnya sudah sangat populer. Maka dari itu, mengkonsumsi madu diwajibkan agar kesehatan selalu terjaga. Madu bisa jadi pengganti gula untuk membuat kue hingga minuman. Berikut khasiat madu untuk kesehatan:

Khasiat Madu untuk Kesehatan

Khasiat Madu

1. Pengganti Gula Cegah Diabetes

Gula menjadi salah satu pemicu diabetes. Untuk mencegah dan menghindarinya, maka ganti gula putih dengan madu. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemiks rendah yang tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

2. Tingkatkan Kesuburan

Madu juga di percaya mampu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Bagi kamu yang sedang program hamil, maka bisa konsumi madu setiap hari dan ganti asupan gula dengan madu asli.

3. Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Madu mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, maka sudah pasti madu sangat bagus untuk metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi madu, tubuh pun akan semakin kuat dan imun terjaga.

4. Memerangi Bakteri

Madu ternyata dapat membunuh pathogen penyakit makanan seperti ecoli dan salmonella. Apalagi jika kita sering berada di rumah sakit, maka akan ada banyak virus, untuk itu, konsumsi madu untuk menjaga imunitas dari virus.

5. Mengobati Batuk

Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa madu dapat merangsang produksi air liur yang membantu membasahi tenggorokan. Karena inilah, batuk pun dapat mereda. Jika kamu mengalami batuk kering atau berdahak, maka konsumsi madu sebelum tidur.

Khasiat Madu

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika kamu terluka, maka oleskan madu agar mempercepat penyembuhan. Madu juga mampu mengurangi rasa sakit, infeksi, nanah hingga bau tak sedap. Jenis luka yang bisa di sembuhakan dengan madu, seperti luka bakar, sayatan, bekas operasi, lecet hingga bisul.

7. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah suatu penyakit yang salah satunya kekurangan vitamin C. Efek dari sariawan adalah bibir pecah-pecah, kering, dll. Agar bibir tetap lembab, maka cegah dengan madu. Selain itu, konsumsi madu secara rutin juga bisa mengurangi panas dalam efek sariawan. Oleskan juga di area yang sariawan agar cepat pulih.

8. Menurunkan Kolesterol

Madu mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menghilangkan plak di dinding pembuluh darah. Maka, masalah kesehatan seperti stroke, hipertensi dan serangan jantung dapat di minimalisir.

9. Mengobati Asam urat

Pemicu asam urat adalah kadar purin dalam tubuh. Madu mampu menjaga purin tidak berubah menjadi asam urat, maka konsumsi madu setiap 3-4 sendok sehari. Kandungan mineral alami pada madu mampu menjaga kadar asam urat di tubuh. Khasiat madu ini bisa kamu rasakan sedari muda.

10. Mengobati Diare

Jika kamu mengalami diare, jangan terburu-buru mengkonsumsi obat. Kamu bisa dengan rutin mengkonsumsi madu sebanyak 2 sendok sehari saja. Madu mampu meningkatkan sensitivitas usus hingga menyerap sari-sari makanan dan melancarkan BAB.

11. Mengurangi Gejala Alergi & Asma

Madu bisa menjadi agen anti inflamasi yang mampu mengurangi gejala alergi. Selain itu, jika kamu menderita asma, maka coba mengkonsumsi madu. Hal ini karena madu mampu mengatasi bersin akibat alergi.

Khasiat Madu

12. Menambah Energi

Jika kamu merasa tubuh sangat lelah, maka konsumsilah madu. Madu tentu lebih baik dari supplemen berbahan kimia yang mengklaim mampu menambah energy. Madu mampu menyuplai energy tambahan yang cukup banyak ke tubuh.

Khasiat madu diatas bisa kamu rasakan dengan rajin konsumsi madu setiap hari. Namun, pastikan kalau madu yang kamu beli adalah asli. Madu asli tentu akan memberikan manfaat madu yang sesungguhnya.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON