Main ke Kolam Renang Anak harus Perhatikan Hal Ini ya Moms!

Kolam renang anak bisa menjadi tempat permainan yang edukatif lho! Selain anak bisa belajar berenang, mereka juga bisa bermain-main dengan air. Namun, kekhawatiran orang tua jika anak bermain di air bisa sirna jika persiapkan hal-hal berikut ini:

Tips ke Kolam Renang Anak

1. Baju Renang

Kolam Renang Anak

Sebelum pergi ke kolam renang anak, siapkan baju renang si kecil. Ibu perlu menyiapakan baju renang yang nyaman selama anak bergerak di air. Baju renang yang nyaman bisa dilihat dari bahan hingga modelnya.

Memilih baju renang tak seperti baju biasa, sebaiknya pilih baju renang berbahan spandex atau nylon. Kedua bahan tersebut sangat elastis dan ringan sehingga si kecil bisa bebas berenang di kolam renang anak. Kini juga banyak menjual baju renang spandex yang memiliki lapisan anti sinar UV, sehingga kulit anak pun ikut terlindungi.

2. Pelampung & Ban Sesuai Ukuran Tubuh

Kolam Renang Anak

Agar aman bermain di kolam renang anak, maka sebaiknya persiapkan pelampung atau ban yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Kini ada banyak model pelampung untuk anak-anak yang disesuaikan dengan tahap perkembangan si kecil. Model pelampung neck ring cocok untuk anak usia 6 bulan hingga 2 tahun. Ada juga pelampung pinggang dan lengan yang cocok untuk anak usia 3 tahun keatas. Jika kamu memiliki anak balita, maka berikan ia pelampung pinggang dan lengan agar si kecil bisa lebih bebas bergerak.

3. Makanan untuk Anak

Kolam Renang Anak

Tak hanya baju dan perlengkapan renang, ibu juga harus perhatian dengan apa yang si kecil makan. Di sela-sela waktu berenang, anak akan merasa lapar, maka dari itu, penting lho untuk ibu menyiapkan bekal seperti sandwich, biskuit, roti bakar, dll sebagai pengganjal lapar. Dengan perut yang cukup terisi, energinya untuk bermain di kolam renang anak tidak akan habis.

4. Perlengkapan Mandi

Kolam Renang Anak

Saat bermain di kolam renang anak, maka airnya mengandung kaporit. Si kecil pun akan terpapar kaporit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kaporit bisa membuat kulit kering hingga iritasi. Agar menghindari hal ini, maka siapkan perlengkapan mandi anak. Pastikan setelah main di kolam renang anak, ibu membersihkan tubuh dan rambut hingga benar-benar bersih.

5. Gunakan Kaca Mata Renang

Kolam Renang Anak

Tak cukup hanya pelampung, si kecil juga membutuhkan kaca mata renang. Kaca mata renang dapat melindungi matanya dari iritasi akibat air berkaporit. Ada banyak jenis kaca mata renang anak yang sesuai dengan si kecil.

6. Mandi Sebelum Renang

Kolam Renang Anak

Sebelum berenang, kamu bisa memandikan si kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tubunya lembab dan mengurangi resiko kuman yang berkembang di kulitnya.

7. Gunakan Sunscreen

Kolam Renang Anak

Kulit si kecil juga harus di lindungi dengan tabir surya. Siapakan sunscreen sebelum pergi ke kolam renang anak, dan gunakan di seluruh tubuh dengan cukup. Pastikan juga sunscreen nya cocok untuk kulit bayi ya.

8. Cek Suhu

Kolam Renang Anak

Pastikan kolam renang anak tidak memiliki suhu yang terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin justru akan membuat si kecil kedinginan dan beresiko hipotermia. Apalagi jika kamu mengajak anak berenang di musim hujan, maka akan lebih berbahaya lagi. Sebaiknya ajak anak berenang di kolam renang anak dengan suhu 28-30 derajat celcius.

Nah, gimana? Ingin mengajak anak berenang? Pastikan hal-hal diatas kamu lakukan untuk kenyamanan dan keamanan si kecil selama berenang. Pilih tempat kolam renang anak yang sesuai untuk usianya ya.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON