Kopi Kekinian Makin Populer, Seenak Itukah? Cari Alasannya

Kini, kopi tak hanya sekedar minuman yang cocok dinikmati saat memulai hari, tapi juga tren di kalangan urban. Kopi kekinian menjadi populer karena selain packaging atau kemasannya yang berbeda, tapi juga rasanya yang istimewa. Setiap toko yang menjual kopi kekinian memiliki ciri khasnya masing-masing. Setiap rasa tersebut tergantung dari selera masing-masing penikmat kopi.

Kopi Kekinian Bisa Enak, Kenapa?

Kopi kekinian yang memiliki rasa istimewa ini tak seperti kopi instant pada kemasan, rasa yang unik tersebut bisa dikarenakan proses dan bahan baku yang berkualitas. Proses yang tepat membuat rasanya makin sedap begitu juga dengan pemilihan bahan baku yang baik.
Nah, hal berikut yang bisa menjadi alasan kenapa kopi kekinian enak dan memiliki aroma yang khas:

1. Biji Kopi Segar

Kopi Kekinian

Kopi terbaik adalah saat di gunaan setelah beberapa hari saja di panggang. Biji kopi yang di roasted atau di bakar memiliki aroma yang sedap dan segar. Namun, biji kopi mudah rusak jika di simpan pada tempat yang terpapar oksigen dan cahaya. Jadi, jika Anda berencana membuat kopi kekinian sendiri dirumah, maka pastikan membeli biji kopi yang berkualitas.

2. Simpan Biji Kopi Segar

Kopi Kekinian

Agar biji kopi atau kopi bubuk tetap segar, maka simpanlah di tempat seperti jar yang rapat. Tempat penyimpanan yang terbaik adalah yang berbahan kaca atau keramik dengan tutup rapat. Jangan pernah menyimpan kopi di kulkas, hal ini justru akan membuatnya menyerap bau tak sedap kulkas dan lembab. Jangan sekali-kali menyimpan kopi di freezer atau membekukannya. Sebaiknya, simpan di tempat yang kering tanpa harus masuk kulkas.

3. Jenis Kopi Terbaik

Kopi Kekinian

Ada banyak berbagai jenis kopi didunia ini, namun hanya beberapa jenis kopi yang nikmat seperti kopi robusta. Walaupun rasanya cukup keras, kopi robusta memiliki aroma yang khas sehingga sedap jika di campur dengan krim.

4. Haluskan Kopi Sendiri

Kopi Kekinian

Kopi bisa kehilangan kualitasnya setelah di haluskan. Maka, sebaiknya nikmati kopi sesaat setelah di haluskan. Kini banyak alat penghalus kopi di pasaran. Namun, pada jaman dahulu, penghalus berbahan kopi dari batu adalah yang terbaik.

5. Air

Kopi Kekinian

Untuk menghasilkan kopi kekinian yang nikmat, maka perhatikan juga air yang dugunakan. Pecinta kopi menggunakan air mineral yang berkualitas dengan filter yang terbaik. Air mineral adalah pilihan yang tepat.

6. Filter Kopi Berkualitas

Kopi Kekinian

Jangan asal pilih filter kopi, karena hal ini bisa mempengaruhi hasil rasa kopi tersebut. Ahli kopi memilih oxygen-bleached atau dioxin free filter. Jenis filter tersebut mampu memberikan rasa yang maksimum keluar aslinya.

7. Takaran Kopi

Kopi Kekinian

Takaran saat meracik kopi juga menjadi hal yang perlu di perhatikan. Standar takaran menyeduk kopi adalah dengan 2 sendok makan per 6 ons cangkir atau sekitar 2 ¾ sendok makan per 8 ons cangkir.

8. Cek Tingkat Panasnya

Kopi Kekinian

Tingkat panas juga mempengaruhi hasil akhir kopi yang dibuat. Sebaiknya jangan gunakan air yang terlalu panas karena akan memberikan rasa terlalu pahit. Pemanasan ulang, merebus dan meninggalkan ampas yang terlalu lama dengan air hangatnya akan memberikan rasa dan pahit yang kurang sedap.

9. Pastikan Peralatan Bersih

Kopi Kekinian

Bersihkan seluruh peralatan untuk membuat kopi untuk menghasilkan rasa yang baik. Jika terdapat bekas air atau minyak di peralatan tersebut, maka cepat bersihkan, jika perlu gunakan cuka untuk membersihkannya.

Jika Anda penasaran bagaimana rasa dari kopi kekinian yang sedang trending, maka bisa coba Kopilano. Kopilano merupakan coffee shop di Kemang yang menawarkan kopi kekinian dengan cemilannya yang beragam. Kopi susu ala Kopilano ini wajib Anda coba! Ada promo spesial untuk bedua hanya Rp 70ribuan sudah termasuk 2 cemilannya. Promo Kopilano bisa Anda dapatkan di Lakupon dengan klik INI.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON