Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau, Begini Cara Mengatasinya!

Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau, Begini Cara Mengatasinya! Blog.lakupon.com. Tahukah kamu? Kasur sering menjadi sarang bagi parasit mikroskopik seperti tungau, celah dan lipatan-lipatan kasur biasanya menjadi tempat favorit untuk dijadikan tempat berlindung bagi tungau. Sebenarnya, apa itu tungau?

Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau

Dikutip dari laman wikipedia, Tungau debu rumah atau sering disebut juga sebagai kutu debu rumah yang dalam bahasa Inggris disebut pula sebagai house dust mite, HDM adalah hewan yang berukuran sangat kecil dan sering dijumpai di permukiman. Dengan ukuran tubuhnya sekitar 420 µm (sekitar 0,5 mm) panjang dan 250-320 µm lebar, tungau ini memakan sisa-sisa materi organik seperti kelupasan kulit manusia yang banyak ditemui di tempat tinggal manusia. Tungau ini diketahui sebagai pemicu serangan asma dan gejala-gejala alergi di seluruh dunia. Penyebabnya adalah enzim-enzim (terutama protease) yang keluar dari perut bersama-sama kotorannya.

Cara Mengatasi Tungau Yang Sebabkan Berbagai Alergi  Kulit

Hmm, setelah membaca kutipan dari laman wikipedia tersebut, dapat disimpulkan bahwa tungau memiliki ukuran sangat kecil sehingga membuatnya susah terlihat dengan mata telanjang, pemakan sel kulit mati atau sisa-sisa materi organik pantas saja jika kasur menjadi salah satu tempat tinggal favorit, penyebab alergi kulit dan berbagai jenis alergi lainnya.

menjemur-kasur

Keberadaan tungau di berbagai perabotan seperti kasur, bantal, sofa, dan perabot rumah tangga lainnya pasti sangat menjengkelkan bukan? Tidak perduli seberapa mahal perabot yang dimiliki atau dengan brand ternama sekalipun. Tentunya ini menjadi perhatian khusus, terlebih jika memiliki anak balita. Keberadaan tungau ini pasti menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri bagi beberapa kalangan ibu rumah tangga.

Baca juga :

Keberadaan tuingau di dalam rumah tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena tungau bisa menjadi penyebab terjadinya bentol pada kulit setelah bangun tidur, gatal, kemerahan, serta memicu berbagai gejala alergi lainnya seperti sesak nafas. Untuk mengatasi atau membasmi tungau diperlukan kesabaran dan keuletan. Memang benar menggunakan berbagai bahan kimia bisa mengusir tungau dengan cepat, tapi percayalah tidak ada jalan pintas untuk suatu hal apapun termasuk dalam mengatasi masalah tungau di rumahmu. Ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tungau tersebut, berikut ulasan selengkapnya.

Seringlah Jemur Perlengkapan Rumah Tangga

Tungau sangat menyukai tempat-tempat yang lembap, dan untuk membasminya, kamu bisa melakukan hal sederhana seperti menjemur perlengkapan rumah tanggamu di bawah sinar matahari. Jemur kasur, bantal, guling, selimut, serta karpet di bawah sinar matahari langsung dan sesekali pukul-pukul perabotan tersebut dengan sapu lidi atau kayu. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak akan dijadikan tempat tungau bersarang.

Semprotkan Larutan Garam

Tahukah kamu bahwa garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tetapi juga bisa untuk membasmi tungau? Kamu hanya cukup melarutkan garam di dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ini ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Hanya dalam beberapa jam, tungau akan keluar dan mati.

Cuci Dengan Air Panas

Cara menghilangkan tungau yang paling efektif salah satunya adalah dengan mencuci semua perlengkapan rumah tanga yang mungkin menjadi sarang tungau dengan air panas. Mulai dari bantal, guling, sprei, selimut, karpet, hingga slipc over sofa bisa kamu cuci bersih di dalam air panas agar tungau mati. Kamu juga bisa menambahkan deterjen anti bakteri. Agar tungau tidak kembali bersarang lagi, pastikan kamu mencuci perlengkapan tersebut secara rutin. Jika mungkin, lakukan pencucian dalam jangka waktu sebulan sekali. Setelah mencuci, jangan lupa untuk menjemur semuanya sampai benar-benar kering agar tidak lembap dan apek. Perlu kamu tahu, tungau sangat suka hidup di tempat yang lembap.

Gunakan Vacuum Saat Bersih-bersih

Agar rumah senantiasa nyaman bagi seluruh anggota keluarga, kebersihannya tentu harus selalu dijaga. Karena, rumah yang bersih akan mendukung kesehatan keluarga. Sejak ada produk-produk canggih seperti penyedot debu, membersihkan rumah bisa dilakukan secara praktis dan cepat. Vacuum Cleaner/mesin penghisap debu adalah mesin yang menggunakan pompa udara untuk menghisap debu dan kotoran yang biasanya berasal dari lantai. Sebagian besar rumah dengan lantai berkarpet di negara berkembang memiliki penghisap debu sebagai pembersih. Saat inipun banyak yang menawarkan jasa vacuum debu dan tungau, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.

No Comments Yet

Comments are closed