Kutek Kuku Suka Merusak Jarimu? Cek 4 Tips Pentingnya

Kutek kuku menjadi salah satu bagian dari kosmetik yang banyak peminatnya terutama para wanita. Memakai kutek memang bisa memberikan kesan cantik pada tanganmu, namun tak jarang membuat kuku-kuku jari menjadi rusak.

Kutek Kuku

Hal ini bisa disebabkan oleh pemilihan kutek kuku yang salah. Banyak kutek yang dijual di pasaran namun palsu sehingga menggunakan bahan baku yang tidak berkualitas. Nah, agar terhindar dari kerusakan kuku akibat kutek, berikut tipsnya:

Tips Memilih Kutek Kuku

1. Tanggal Kadaluarsa

Kutek Kuku

Setiap kosmetik pasti memiliki tanggal kadaluarsanya, termasuk pada produk kutek kuku. Sebelum kamu membeli kutek, maka coba lihat dulu tanggal expirednya ya. Selama belum kadaluarsa, kutek sangat aman di gunakana dan tidak membahayakan kulit juga kuku. Jika dipakai sudah dalam masa kadluarsa dikhawatirkan bahan kimia yang terserap merusak jaringan tubuh dan lapisan kuku.

2. Perhatikan Kandungan Kimia

Kutek Kuku

Tips memilih kutek kuku juga harus melihat bahan kimia yang terkandung didalamnya. Salah satu bahan kimia berbahaya yang umum ada pada kutek kuku adalah “Dibutyl Phthalate”. Jika kamu melihat bahan tersebut pada kemasan kutek, segera jauhkan dari pilihanmu. Kutek terbaik adalah yang berbahan dasar air, karena air tidak akan membuat kuku menjadi kering dan rusak.

3. Cek Kekentalan

Kutek Kuku

Cara selanjutnya memilih kutek adalah dengan mengecek kekentalannya. Kekentalan yang bagus adalah yang sedang. Pastikan kalau kutekmu tidak terlalu kental ataupun cair. Caranya adalah dengan mencelupkan brush kutek lalu mengangkatnya. Jika kutek menetes dalam jangkan 5 detik, maka kutek tersebut memiliki kekentalan yang bagus.

4. Cek Harga

Kutek Kuku

Harga juga harus menjadi pertimbanganmu dalam memilih kutek kuku. Jika kutek dibuat dari bahan yang berkualitas, maka umumnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Maka, jika kamu mendapatkan kutek dengan harga yang tak masuk akal, bukan tak mungkin kalau kutek kuku tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan juga kecantikan kuku.

Dengan mengetahui tips memilih kutek kuku diatas, maka kamu bisa memiliki tampilan kuku yang cantik. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kosmetik yang aman untuk kesehatanmujuga ya!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON