Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus korona, Blog.lakupon.com. Akibat penyebaran virus korona yang semakin pesat di sejumlah negara akhir-akhir ini, banyak negara yang akhirnya mengambil langkah untuk melakukan lockdown. Beberapa negara telah melakukan hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus yang kian masiv. Apakah pemerintah Indonesia akan memberlakukan lockdown? Kita masih belum tahu jawabannya. Mari kita coba membantu melakukan pencegahan penyebaran virus korona, lakukan hal simpel ini ternyata efektif untuk mengantisipasi penyebarannya.

Menjaga Kebersihan Diri - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Langkah pertama untuk mencegah tertular virus korona yang pertama ini sangat mudah dan praktis. Jagalah selalu kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Aktivitas mejaga kebersihan diri adalah aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Baik sebelum memulai ataupun setelah beraktivitas tentunya kita terbiasa untuk membersihkan diri. Ada banyak sekali alasan untuk menjaga kebersihan diri atau personal hygiene. Salah satunya adalah tentu karena rasa kotor bisa membuat diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita merasa tidak nyaman. Menjaga kebersihan diri sangat mudah seperti sikat gigi sebelum dan sesudah tidur, mandi minimal 2 kali sehari, keramas, mencuci tangan dan kaki dengan sabun, dan yang paling simpel adalah gunakan pakaian bersih setiap saat.

Selain menjaga kebersihan diri, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, trutama di sekitar tempat tinggalmu. Jangan sungkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan bersihkan setiap sudut rumah tempat tinggalmu.

Gunakan Masker Dan Sarung Tangan Saat Bepergian - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Gunakan Masker Dan Juga Sarung Tangan Saat Bepergian

Penggunaan masker memang masih menjadi pro dan kontra, apakah efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus korona pun belum bisa diambil kesimpulannya. Namun, untuk lebih menjaga diri gunakanlah masker dengan standar kesehatan yang dianjurkan. Hal ini guna menghindari paparan droplet dari pengidap virus korona. Virus pada umumnya bersemayam pada area pernafasan jadi hindarilah bertatap wajah dengan orang lain secara dekat karena kita tidak tahu pasti siapa yang tertular dan tidak.

Selain masker, usahakan pula untuk selalu menggunakan sarung tangan. Hal ini guna menghindari benda-benda yang telah terpapar oleh virus korona. Penggunaan masker dan juga sarung tangan sangat dianjurkan bagi Kamu yang selalu menggunakan sarana transportasi umum seperti kereta, bus, ojek online, dan masih banyak yang lainnya. Bila perlu gunakan pula masker penutup kepala.

Stop Sentuh Wajah - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Stop Menyentuh Wajah

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, selain disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, disarankan pula untuk menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuatmu terjangkit.

Menjaga Jarak - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Selalu Menjaga Jarak

Menjaga jarak dengan orang lain atau yang biasa disebut dengan social distancing terbukti paling efektif untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

Hindari Keramaian - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Hindari Keramaian

Sebisa mungkin untuk menghindari keramaian adalah hal yang perlu kamu lakukan. Pertemuan yang melibatkan banyak orang akan berdampak pada meningkatnya penyebaran virus corona. Bahkan untuk kamu yang masih muda dan tidak memiliki faktor risiko apa pun, jangan keluar rumah bila memang tidak diperlukan. Sebagai contoh, sebisa mungkin untuk menghindari tempat wisata seperti ancol atau pasar seperti tanah abang. Tidak ada yang kebal terhadap virus korona, bahkan orang yang hanya menunjukkan gejala ringan dapat menularkan virus corona ke banyak orang, terutama pada awal infeksi, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka terjangkit. Jadi, kamu dapat menjaga rantai infeksi pada keluarga yang lebih tua atau berisiko tinggi. Kamu juga dapat berkontribusi pada jumlah orang yang terinfeksi dan menyebabkan pandemi berkembang pesat.

Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau imunitas memiliki peranan paling penting bagi Kamu, yakni untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen rupanya dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk menghalau pilek, virus, serta infeksi yang mudah menular.

selalu update berita

Selalu Update Berita

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan selalu mengetahui kondisi terkini terkait penyebaran virus korona. Hal ini memang tidak memiliki dampak langsung bagimu, namun dengan selalu mengetahui berita terupdate kamu bisa semakin mawas diri dan selalu secure terhadap kondisi di sekitarmu.

No Comments Yet

Comments are closed