Madu Hitam Kaya Manfaat untuk Kecantikan, Ini Faktanya!

Madu hitam adalah jenis madu yang memiliki manfaat hebat di banding jenis madu lainnya. Madu yang asli berasal dari Indonesia ini juga dikenal sebagai obat tradisional yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Walaupun rasanya agak pahit, madu ini memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Rasa pahit tersebut dihasilkan dari nectar bunga pohon mahoni yang mengandung zat alkaloid. Zat ini berfungsi sebagai anti infeksi.

Kandungan pada Madu Hitam

DR. Larry Brookes menemukan bahwa ada banyak zat yang terkandung dalam madu hitam, seperti:

Saponin: Zat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kestabilan gula darah.
Flavonoid: Zat ini mampu mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar kolesterol.
Unsur Kromoium: Zat ini mampu membantu fungsi pancreas yang mampu memproduksi insulin.
Zat Alkaloid: Zat ini sangat efektif mengatasi peradangan dan memulihkan fungsi sel tubuh.
Hemaglobin: Berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.

Madu Hitam Untuk Kecantikan

Madu Hitam

1. Menghilangkan flek hitam

Madu hitam bisa kamu jadikan masker untuk menghilangkan flek hitam. Dengan rutin memakai masker madu hitam, maka wajah akan tampak lebih bersih dari flek-flek hitam diwajah. Flek hitam muncul seiring bertambahnya usia dan faktor lain seperti stress, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi.

2. Mengencangkan kulit

Madu hitam pahit juga mampu mengencangkan kulit pada wajah kendur. Untuk mengatasinya, gunakan madu pahit sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit hingga lapisan mengering lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini pada malam hari agar hasil lebih maksimal dan gunakan air hangat. Namun, jika di pagi hari, gunakan air es agar pori-pori menutup.

3. Menghilangkan jerawat

Madu hitam pahit juga mampu mengusir jerawat yang mampu mengganggu penampilan. Caranya, oleskan sedikit madu ke area yang berjerawat lalu diamkan selama 30 menit hingga madu terserap dengan baik.

Madu HitamMadu Hitam

4. Mencerahkan Wajah

Madu juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur madu hitam, lemon, almond dan oatmeal lalu oleskan pada seluruh wajah dan pijat.

5. Melembabkan Bibir

Untuk melembabkan bibir dan atasi bibir menghitam, cukup siapkan satu gelas madu dan panaskan hingga mengeluarkan busa. Tiriskan lalu oleskan secara rutin pada bibir. Kamu pun akan memiliki bibir yang tampak cerah dan sehat.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati mampu menimbulkan efek keriput hingga kering. Maka, kamu bisa gunakan madu untuk merangsang kolagen agar tumbuh kulit baru. Kulit yang tergenerasi pun akan memberikan efek wajah yang cerah dan sehat.

Madu Hitam

7. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu tanda penuaan dini adalah dengan timbulnya lingkar mata, garis pipi dan lipatannya. Untuk itu gunakan madu hitam yang mampu merangsang kolagen untuk meregenerasi kulitmu.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON