Manfaat Baik Aktivitas Olahraga Panahan Untuk Anak

Bagi orang tua yang memiliki sang buah hati, olahraga merupakan salah satu kegiatan aktivitas yang tidak boleh terlupakan demi kesehatan maupun kebugaran tubuh anak. Biasanya, ada beberapa olahraga yang bisa dan juga cukup umum dilakukan oleh anak-anak pada rentan usianya tersebut. Olahraga seperti basket, sepak bola, berenang, estafet, atletik, ataupun beberapa olahraga lainnya adalah contoh aktivitas sehat yang umumnya dipilih bagi olahraga sang buah hati.

Namun dari beberapa olahraga umum yang bisa dilakukan oleh anak-anak, ada juga olahraga lainnya yang tak kalah seru dan juga tetap menyehatkan bagi si kecil lho! Salah satunya adalah olahraga memanah atau yang dikenal sebagai olahraga panahan. Mungkin bagi sebagaian masyarakat umum olahraga ini sendiri terdengar cukup asing di telinga mereka, namun olahraga ini sendiri sudah mulai cukup berkembang hingga diminati oleh anak-anak.

Selain seru, olahraga panahan ini juga memiliki manfaat yang baik dan juga menyehatkan bagi sang buah hati lho. Tentunya manfaat sehat ini juga bisa membuat tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik dan bugar. Lalu, apa manfaat yang bisa didapat dari olahraga yang satu ini buat si kecil? Berikut beberapa manfaat baik dari olahraga panahan.

Melatih Fokus Anak

Panahan merupakan salah satu olahraga yang memerlukan fokus yang lebih dalam melakukannya. Untuk melesatkan anak panah dari busur ke target yang disasar tentu merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan, maka diperlukan fokus yang cukup tinggi dalam melesatkan panah tersebut hingga mencapai target sasaran.

Dengan terlatihnya fokus lewat olahraga ini, tentunya si kecil dapat menjadi lebih fokus dari segi visual maupun daya pikir sehingga bisa lebih berprestasi dalam belajar.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Melatih Kesabaran dan Emosi Anak

Dalam melakukan olahraga panahan, tidak hanya fokus saja yang dilatih lewat panahan. Kesabaran juga dilatih dalam melakukan kegiatan aktivitas olahraga ini. Untuk melakukan olahraga panahan tentunya ada alur serta aturan yang harus diikuti dalam melesatkan anak panah ke target sasaran. Oleh sebab itu, kesabaran adalah kunci agar anak panah dapat mengenai target sasaran.

Mengajarkan Hal Sportif

Dalam setiap kegiatan olahraga, tentunya sportifitas juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami. Di dalam olahraga panahan sendiri juga mengajarkan sikap sportif dalam berkompetisi ataupun dalam latihannya. Kejujuran dan sikap sportifitas adalah hal utama dalam suatu karakter pribadi, tentunya dengan olahraga ini sendiri bisa memupukkan karakter yang sportif pada diri anak.

Melatih Keseimbangan Otot dan Otak

Olahraga tentunya bisa memberikan manfaat yang bagi tubuh dan olahraga panahan ini bisa melatih keseimbangan tubuh, khususnya otot dan otak pada tubuh. Salah satu bagian yaitu Cerebellum yang ada di bagian belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Dengan begitu, olahraga memanah dapat membantu untuk melatih keseimbangan dan kekautan otot dan juga otak pada tubuh si kecil.

Mengajarkan Kemampuan Sosial

Ketika melakukan kegiatan panahan, anak akan diajarkan untuk berinteraksi dengan sesama temannya yang ikut dalam kegiatan tersebut maupun pada pelatih yang sedang membimbing. Selain itu, si buah hati juga belajar untuk melatih temannya atau satu sama lainnya agar bisa melepaskan panah kepada target sehingga kemampuan sosial anakpun akan bertambah seiring intensnya melakukan latihan secara rutin.

Baca juga artikel lainnya disini: Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Melakukan kegiatan olahraga panahan tentunya bisa memberikan dampak yang cukup bermanfaat bagi tumbuh kembangnya si kecil, baik dari segi kesehatan tubuh ataupun perkembangan mental anak. Selain itu, dengan rutinnya berlatih panahan juga bisa mengasah kemampuan sosial sang buah hati terhadap teman-teman, keluarga, maupun kepada lingkungan di sektarnya. Jadi selain seru, olahraga panahan juga bisa memberikan dampak yang positif bagi si kecil ya Mom.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed