11 Manfaat Berenang yang Ajaib untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat berenang tentu diinginkan banyak orang yang hobi berenang. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah baik untuk kesehatan. Selain murah, berenang juga sangat menyenangkan, karena kamu bisa bermain di air sekaligus menikmati manfaatnya dikemudian hari. Salah satu olahraga ini bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga di kolam renang. Nah, daripada penasaran apa saja manfaatnya, berikut ulasannya:

Manfaat Berenang bagi Kesehatan

Manfaat Berenang

1. Melatih Pernafasan

Berenang mampu melatih pernafasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar dan juga pembuluh darah. Maka tak heran jika banyak penyanyi menjaga tubuhnya dengan rajin berenang.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Dengan rajin berenang, maka kamu bisa mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuhmu. Perlahan, bentuk tubuhmu akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

Manfaat Berenang

3. Meninggikan Badan

Jika kamu ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuhmu sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

4. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat berenang adalah menyehatkan jantung yang nantinya akan meningkatkan sistem pernafasan makin lebih baik.

Manfaat Berenang

5. Bentuk Tubuh Ideal

Berenang sangat bagus dipilih untuk kamu yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika kamu sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuhmu bergerak.

6. Meredakan Stress

Banyak bergerak mampu menghilangkan stress dan merangsang hormone endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa kamu sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

Manfaat Berenang

7. Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

8. Menurunkan Berat Badan

Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika kamu ingin cepat kurus, maka rajinlah berolahraga.

Manfaat Berenang

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Siapa sangka, manfaat berenang lainnya adalah mampu menurunkan resiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga kamu pun terbebas dari diabetes.

10. Panjang Umur

Manfaat berenang lainnya adalah memanjangkan usia. Dengan renang, maka usia bisa lebih panjang dan tetap bugar di usia senja.

11. Terapi saat Cidera

Jika saat cidera otot maka salah satu alternative pemulihannya adalah dengan berenang. Maka dari itu, banyak sekali atlet olahraga yang cidera lalu berenang untuk memulihkannya.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON