Manfaat di Balik Mainan Soft Blocks Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Ketika si kecil menginjak usia anak-anak, kegiatan yang paling disukai untuk dilakukan setiap harinya adalah bermain. Bermain merupakan salah satu hal hal yang menyenangkan bagi si kecil karena bisa membuat harinya menjadi lebih ceria maupun tidak bosan dirumah. Untuk itu, menyediakan mainan dirumah tentunya menjadi pilihan bagi si kecil untuk menghabsikan waktu bermain dirumah.

Namun, tidak semua mainan bisa menjadi sarana edukasi untuk si kecil di masa usia pertumbuhannya lho! Beberapa mainan yang beredar bisa menjadi pilihan bagi si kecil untuk bermain dan juga tidak mengesampingkan dari segi sisi edukatifnya. Nah salah satu mainan yang bisa dipilih oleh orang tua bagi mainan si kecil yang bermanfaat yaitu Soft Blocks.

Soft Blocks, Mainan Yang Aman dan Edukatif

Mainan yang berwarna-warni ini adalah Soft Blocks. Selain itu, mainan ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi si kecil untuk bermain sambil belajar sehingga bisa menjadi sarana edukatif yang seru bagi si kecil. Mainan ini berbahan dasar busa empuk sehinggatermasuk ke dalam kategori soft toys, maka bisa dikatakan aman dan tidak berbahaya bagi anak-anak untuk dimainkan.

Soft Blocks juga hadir dalam berbagai bentuk maupun memiliki warna yang cerah sehingga anak-anakpun betah untuk memanikannya berlama-lama. Selain itu, mainan ini juga memiliki variasi lainnya yang tak kalah menarik seperti salah satu contohnya adalah bisa mengeluarkan suara yang membuat mainan ini menjadi lebih seru ketika dimainkan oleh si kecil.

Baca juga artikel lainnya disini: 3 Permainan Anak Anak yang Sedang Trend, Dampak Positif & Negatif

Selain itu, mainan ini juga cocok bagi anak dengan usia 0 hingga usia 3 tahun lho. Hal itu dikarenakan pada rentan usia tersebut, anak-anak lebih tertarik dengan warna yang cerah maupun dengan bentuk yang menarik dilihat oleh mata.

Memiliki Ragam Manfaat Bagi si Kecil

Selain memiliki warna dan juga bentuk yang menarik bagi si kecil, mainan Soft Blocks juga bisa memberikan beberapa manfaat yang baik tumbuh kembang anak lho! Manfaat-manfaat tersebut bisa memberikan dampak yang positif bagi anak seperti untuk logika, kreativitas, hingga koordinasi di dalam tubuh anak itu sendiri. Lantas, apa sajakah manfaat-manfaatnya tersebut? Berikut manfaat dari permanainan ini bagi si kecil.

Mengasah keterampilan motorik anak

Dalam bermain permainan blok ini, anak akan terlatih untuk mengembagkan keterampilan gerak motoriknya seperti tangan ataupun mata. Selain itu dengan menyusun beberap bagian blok yang ada, maka koordinasi antara mata dan juga tangan akan terlatih dengan baik sehingga gerak motoriknya akan menjadi lebih baik.

Mengenalkan warna dan bentuk

Karena mainan ini memiliki ragam bentuk serta warna yang cerah, maka si kecil juga dapat belajar mengenal aneka bentuk-bentuk yang ada seperti persegi, lingkaran, maupun segitiga. Dalam bentuk tersebut, ada juga berbagai benda-benda yang behubungan dengan bentuk tersebut sehingga bisa dikenalkan lebih detail mengenai ragam benda dari bentuk-bentuk tersebut.

Lebih lanjut, warna-warna yang cerah pada bentuk tersebut juga bisa dipelajari oleh si kecil dalam nuansa yang seru namun tidak mengesampingkan sisi edukatifnya.

Melatih konsentrasi anak

Dalam memainkan Soft Blocks tentu si kecil dilatih konsentrasinya ketika memasang blok-blok tersebut. Blok-blok yang ada itu menuntut si kecil untuk mencocokan beberapa bagian maupun potongan antara bentuk dan juga gambar. Dengan mencocokan bagian-bagian blok tersebut, maka konsentrasi serta fokus anak akan terasah dengan baik lewat permainan Soft Blocks tersebut.

 Kreatif memecahkan masalah

Dengan menyusun beberapa blok yang ada, anak-anak yang memainkan Soft Blocks ini juga dituntut untuk berpikir kreatif. Ketika menyusun beberapa blok yang memiliki tingkatan cukup rumit, anak akan ditantang untuk menyelesaikan blok-blok tersebut hingga menjadi sebuah bentuk. Karena sudah terbiasa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, maka anak akan menjadi lebih kreatif dan kritis dalam memecahkan suatu masalah ketika sudah beranjak dewasa.

Baca juga artikel lainnya disini: Kangen Permainan Anak Jaman Dulu

Melatih kemampuan komunikasi

Ketika si kecil sedang bermain Soft Blocks bersama dengan orang tua ataupun anggota keluarga lainnya di rumah, maka komunikasi juga akan terjalin saat di waktu bermain tersebut. Dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik saat si kecil memainkan blok-blok ini, maka anak akan terlatih untuk berkomunikasi dalam menyusun permainan tersebut dengan orang-orang terdekatnya.

Memilih permainan yang edukatif serta aman bagi si kecil merupakan salah satu hal yang penting bagi orang tua agar tumbuh kembangnya menjadi baik. Soft Blocks bisa menjadi pilihan bagi mainan si kecil di rumah yang bisa dipilih oleh orang tua dirumah. Selain aman, Soft Blocks bisa menjadi sarana permaianan edukasi yang menarik dan juga seru untuk bermain bersama dirumah. Yuk ajarkan edukasi yang seru bagi anak dari usia dini!

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed