10 Manfaat Kopi yang Mampu Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Manfaat kopi mampu memberikan kesehatan bagi tubuh lho! Minuman yang sering dipilih saat pagi hari ini tak sepenuhnya berdampak buruk bagi tubuh. Buktinya ada banyak sekali manfaat kopi yang ternyata mampu menyehatkan tubuh lho! Apa saja? Yuk cek ulasannya dibawah ini!

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Manfaat Kopi

1. Meningkatkan Level Energi & Mencerdaskan

Kandungan kafein pada kopi memang mampu memberikan rasa segar, maka kopi mampu mengurangi rasa lelah dan tubuh semakin energik. Kafein mampu mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan untuk suasana hati hingga fungsi otak itu sendiri.

2. Membakar Lemak

Kopi yang di klaim mampu membakar lemak ini sering dijadikan minuman untuk diet. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat kaitan antara kafein dengan metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Kafein mampu meningkatkan pembakaran lemak bagi penderita obesitas sebanyak 10% dan 29% bagi mereka yang tak obesitas.

Manfaat Kopi

3. Tingkatkan Performa Fisik

Kandungan kafein pada kopi juga mampu meningkatkan level adrenalin dalam darah. Kafein membuat sel lemak meluruhkan lemak tubuh yang lalu dilepaskan ke dalam darah sebagai energy. Maka dari itu, banyak orang meminum kopi setengah jam sebelum berolahraga.

4. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa resiko para pecinta kopi yang terkena diabetes tipe 2 ini adalah 23-50% lebih kecil dibanding mereka yang tak suka meminum kopi. Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa setiap segelas kopi setara dengan 7% penurunan resiko diabetes tipe 2.

Manfaat Kopi

5. Mencegah Alzheimer dan Dimensia

Salah satu cara mencegah Alzheimer adalah dengan mengkonsumsi kopi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang gemar minum kopi memiliki resiko lebih rendah sebanyak 65% dibanding mereka yang tidak meminum kopi.

6. Mengurangi Resiko Parkinson

Parkinson, penyakit yang menurunkan kemampuan syaraf ini disebabkan oleh matinya saraf penghasil dopamine di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan minum kopi, maka resiko terserang Parkinson lebih rendah sekitar 32%-60%.

Manfaat Kopi

7. Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang suka minum kopi mampu berkurang resiko terserangnya hingga 40% untuk kanker liver dan 15% untuk kanker usus besar.

8. Memanjangkan Usia

Masih dari sebuah penelitian menunjukkan bawa aktivitas minum kopi mampu menurunkan resiko kematian sebesar 20% bagi pria dan 26% bagi wanita.

Manfaat Kopi

9. Berantioksidan Tinggi

Sebuah penelitian yang didapat dari Jurnal “Cancer Epidemiology, Biomarker & Prevention” menunjukkan bahwa kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut disebut-sebut setara dengan sayuran dan buah.

10. Mencegah Gigi Berlubang

Penelitian di Brazil menemukan bahwa kandungan pada kopi mampu membunuh bakteri di gigi. Namun, hal ini hanya berlaku pada kopi hitam yang tidak dicampur gula dan susu.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON