9 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak yang Ibu Harus Tahu!

Manfaat madu untuk kesehatan tak hanya bisa dirasakan orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Mengkonsumsi madu memang sangatlah bermanfaat untuk tubuh, maka membiasakan sedari kecil konsumsi madu adalah hal baik.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk kesehatan anak haruslah madu asli. Kini banyak sekali yang menjual madu palsu dengan klaim serupa seperti madu asli. Madu asli memiliki manfaat bagi kesehatan si kecil, apa saja? Berikut ulasannya:

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

1. Sumber energy

Di dalam madu terdapat zat manis yang terkandung, antara lain fruktosa, glukosa dan sukrosa. Sukrosa dan glukosa pada gula biasa mampu di serap dan cerna tubuh dengan sangat cepat sehingga gula darah juga meningkat dengan cepat pula.

Sedangkan fruktosa pada madu tidak mudah dicerna sehingga efektif untuk mempertahankan energy didalam tubuh. Jika si kecil lemas dan kurang tenaga, ibu bisa berikan madu dipagi hari. Maka manisnya madu tentu lebih sehat dari gula biasa.

2. Vitamin & Mineral

Untuk mendapatkan vitamin dan mineral alami, maka kamu bisa konsumsi madu dan gunakan sebagai bahan makanan. Kandungan nutrisi pada madu ini mampu mencukup nutrisi pada anak. Selain itu, madu juga mengandung asam amino yang mampu membantu pertumbuhan fisik si kecil apalagi pada balita.

3. Menyehatkan Hati

Agar kesehatan hati tetap terjaga, maka penuhi kebutuhan asupan setiap hari dengan madu. Madu memiliki nutrisi yang menyehatkan hati bayi dan balita.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Imunitas

Agar si kecil senantiasa sehat, maka butuh sistem kekebalan tubuh yang baik. Sistem imun tersebut bisa didapat dari konsumsi madu. Madu mampu meningkatkan imunitas sehingga daya tahan tubuh semakin kuat dari terpaan virus penyakit.

5. Meredakan Batuk

Si kecil sedang batuk? Jika ia tak suka minum obat, maka ibu bisa berikan madu. Madu mampu bekerja pada selaput lendir sehingga mampu mengatasi peradangan yang menjadi penyebab batuk.

6. Meningkatkan Sel Darah Putih

Jika anakmu sedang melakukan kemoterapi, maka sel darah putihnya akan turun atau rendah. Untuk menormalkannya, maka bisa konsumsi madu. Madu adalah cara alami menormalkan kadar sel darah putih pada tubuh.

7. Menyembuhkan luka

Jika si kecil terluka, maka tak perlu khawatir, kamu bisa oleskan madu di luka dan sekitar arenya. Madu mampu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

8. Mencerdaskan Otak

Madu memiliki manfaat untuk mencerdaskan otak. Dengan otak yang cerdas, maka si kecil bisa aktif dan kreatif dalam mengisi hari-harinya.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

9. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Madu juga mengandung bakteri baik yang bagus untuk usus. Jika si kecil suka memasukkan benda ke dalam mulut, bukan tidak mungkin perutnya akan sakit. Untuk menyembuhkan pencernaannya, maka konsumsi madu.

Manfaat madu untuk kesehatan anak diatas bisa si kecil rasakan dengan konsumsi secara rutin. Ibu bisa mengolah madu menjadi berbagai makanan atau minuman enak lho! Si kecil pun akan sehat dan happy.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON