Resep Mango Sticky Rice, Si Camilan Gurih & Manis yang Nikmat

Mango sticky rice atau biasa dikenal dengan ketan susu ini sangat populer di Thailand. Mango sticky rice adalag nasi ketan yang disajikan dengan potongan buah mangga, lalu disiram dengan saus santan kental.

Perpaduan ketan putih dan buah mangga bisa sangat memuaskan, terlebih lagi segarnya mangga dan santan yang gurih. Untuk mencicipi Mango sticky rice, Anda tak perlu jauh-jauh ke Thailand, Anda bisa coba resep ketan mangga berikut ini:

Resep Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Bahan:

250 gr beras ketan
500 ml santan
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan Saus Santan:
200 ml santan
½ sdt garam
3 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan
2 sdt tepung maizena

Pelengkap:
Kacang wijen sangrai

Cara Membuat:

Mango Sticky Rice

• Ketan: Rendam ketan selama 1 jam. Lalu panaskan kukusan, dan masukkan ketan ke panci yang sudah panas. Kukus selama 30 menit dan angkat lalu sisihkan.

• Rebus santan bersama gula, garam dan daun pandan, lalu aduk hingga mendidih.

• Masukkan ketan kukus ke dalam rebusan santan dan aduk lalu masak dengan api kecil.

• Lalu, kukus ketan hingga matang selama 30 menit.

• Saus Santan: Campur santan, garam, gula pasir, daun pandan dan tepung maizena. Lalu aduk diatas api kecil hingga mengental dan angkat.

• Sajikan ketan dengan potongan mangga, lalu siramkan ke saus santan dan taburi wijen.

Tips Memasak Beras Ketan agar Pulen

Mango Sticky Rice

Kesulitan memasak mango sticky rice adalah ketan putih yang keras dan terasa mentah. Nah, agar ketan tersebut pulan dan wangi, ada beberapa tips jitu memasak beras ketan berikut ini:

1. Pilih Beras Ketan yang Berkualitas

Sebelum memasak beras ketan, maka penting sekali memilih beras ketan yang berkualitas. Anda bisa perhatikan warna ketan apakah putih susu? Jika warnanya transparan maka bisa diduga beras ketan dicampur dengan beras nasi.

2. Rendam Ketan Terlebih Dahulu

Sebelum dimasak, maka rendam ketan di air selama 30 menit hingga 2 jam. Selain air biasa, Anda juga bisa merendamnya dengan air kelapa agar rasa ketan makin manis dan gurih.

3. Kukus Ketan Tanpa di Aron

Ada banyak teknik yang bisa dilakukan memasak beras ketan, salah satunya adalah dengan mengukus beras ketan tanpa di aron. Anda bisa mengukus beras ketan selama 20 menit setelah direndam lalu rebus beras ketan hingga mendidih. Aduk ketan bersama santan dan tutup hingga meresap.

Mango Sticky Rice

4. Kukus Kembali hingga Matang

Setelah melalui tahap pecampuran dengan santan, maka kukus kembali ketan hingga matang dan pulen.

5. Masak dengan Rice Cooker

Jika Anda ingin lebih praktis, maka bisa gunakan rice cooker untuk masak ketan. Caranya cukup campur ketan dengan santan dengan perbandingan 2:, lalu tambahkan garam secukupnya.

6. Menyimpan Ketan

Ketan yang matang harus di simpan di tempat yang tertutup agar tidak menjadi keras atau mengering.

Nah, mudah bukan untuk membuat ketan mangga khas Thailand ini? Anda bisa ikuti resep mango sticky rice dan tips diatas untuk rasa yang enak. Selamat mencoba!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram