13 Masakan Tradisional Indonesia ini bikin Kamu Rindu Kampung Halaman

Masakan tradisional memang selalu ngangenin yaa… Masakan tradisional Indonesia punya beragam pilihan, wajar saja karena Indonesia memiliki provinsi yang sangat banyak dari Sabang hingga Merauke. Keberagaman budaya membuat kulinernya juga sangat bervariasi. Nah, berikut aneka masakan tradisional Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang bikin kangen kampung halaman.

Masakan Tradisional Indonesia

1. Mie Aceh

Masakan Tradisional

Salah satu masakan tradisional dari Aceh adalah mie aceh. Mie ini memiliki rasa khas dengan mie yang spesial yaitu mie kulining tebal. Bumbu kari khas Melayu pun menambah kenikmatan berpadu dengan mienya yang kenyal. Campuran mie aceh bervariasi, ada daging sapi, daging kambing atau pun seafood.

2. Bika Ambon

Masakan TradisionalMasakan Tradisional

Nah, kalau makanan ini sering disalah kirakan nih! Masih banyak yang mengira kalau bika ambon berasal dari Ambon, padahal makanan ini dari Medan, Sumatera Utara. Teknik yang digunakan untuk membuat kue ini membuatnya memiliki pori-pori atau rongga diseluruh adonan. Selain itu, teksturnya yang kenyal membuat kue ini digemari semua usia.

3. Rendang

Masakan Tradisional

Rendang, masakan terlezat versi CNN ini sudah sangat mendunia. Selain cara memasak rendang yang membutuhkan waktu lama, bumbu-bumbu khas nusantara didalam racikan rendang membuat makanan ini digemari banyak orang. Bahkan, tak jarang rendang menjadi menu spesial di hari Lebaran.

4. Gulai Ikan Patin

Masakan Tradisional

Kalau kamu pecinta gulai ikan, maka wajib cobain gulai ikan Patin dari Jambi. Masakan ini menggunakan tempoyak atau daging buah durian yang sudah di fermentasi. Namun, karena kini sulit mencari tempoyak, maka santan kelapa bisa menjadi gantinya. Aroma dan rasa yang khas inilah membuat masakan tradisional Jambi ini ngangenin.

5. Gulai Belacan

Masakan Tradisional

Sudah pernah coba masakan tradisional yang satu ini? Gulai Belacan berasal dari Riau dan tentunya terbuat dari belacan atau terasi. Gulai ini memakai daging sapi atau seafood dan ikan sebagai protein utamanya.

6. Pempek

Masakan Tradisional

Nah, kalau makanan tradisional yang satu ini hampir semua orang tahu dan dijual dimana-mana, tak hanya di Palembang. Pempek sangat cocok untuk makanan ringan kapanpun. Pempek asli Palembang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Kuah cukonya pun tak boleh ketinggalan karena kesegaran asam, manis dan pedasnya.

7. Kerak Telor

Masakan Tradisional

Makanan tradisional dari Jakarta ini paling sering ditemukan saat Ulang Tahun Jakarta. Karena sudah mulai sulit dicari, kerak telor membuat banyak orang kangen ingin menikmatinya kembali. Masakan tradisional ini tercipta dari perpaduan kuliner Indonesia dan Portugis lho!

8. Mie Kocok Bandung

Masakan Tradisional

Bandung memang salah satu kota yang selalu memberikan inovasinya dalam kuliner Indonesia. Kalau ke Bandung, kamu bisa coba mie kocok yang mirip seperti bakso ini. Dalam satu porsi mi kocok Bandung, terdapat mie bulat, bihun, tauge, sawi hijau dan bakso. Di beberapa tempat juga menambahkan kikil lho!

9. Bandeng Presto

Masakan Tradisional

Kalau jalan-jalan ke Semarang pasti membawa oleh-oleh ikan bandeng presto. Bandeng yang di presto ini lebih enak dinikmati karena kamu bisa makan juga duri dan tulangnya. Ikan bandeng terkenal dengan durinya yang sangat banyak, maka dengan teknik presto memungkinkanmu makan semuanya.

10. Gudeg

Masakan Tradisional

Jalan-jalan ke Yogyakarta, maka kamu akan dengan mudah menemukan nasi gudeg. Masakan tradisional tak hanya berisi daging buah nangka sayur, tapi juga sambal goreng kentang, telur pindang, dll. Rasa manis gudeg menjadi ciri khasnya masakan Jawa Tengah.

11. Soto Rawon

Masakan Tradisional

Soto dengan warna hitam ini menjadi dir khas sotonya orang Jawa Timur. Warna gelap ini bukan dari kecap, melainkan kluwek. Rasanya pun sangat khas terlebih lagi ada campuran kecambah didalamnya.

12. Ayam Betutu

Masakan Tradisional

Kalau lagi jalan-jalan ke Bali, jangan lupa untuk sempatkan cobain ayam betutu khas Bali. Ayam betutu di bumbui dengan bumbu khas bali. Ada 2 macam ayam betutu yaitu berkuah dan kering. Nah, kamu team mana?

13. Ayam Taliwang

Masakan Tradisional

Berdekatan dengan Bali yaitu Lombok juga memiliki masakan tradisional yang sedap yakni ayam taliwang. Ayam taliwang dibuat dengan bumbu Lombok dengan sambali pedas diatasnya. Mantapnya ayam taliwang ini membuatmu pasti nambah nasi.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON