Masalah Kerutan di Wajah? Lakukan Beberapa Langkah Ini Untuk Wajahmu

Wajah adalah cerminan dari diri kita. Ya! Salah satu bagian pada tubuh kita ini memang bisa memberikan beragam ekspresi dan juga tampilan yang ada pada diri kita. Karena merupakan salah satu hal yang sering diperhatikan oleh orang-orang ketika bertemu, tentu wajah juga mempunyai penilaian sendiri tentang raut ataupun ekspresi dari orang itu sendiri. Meskipun begitu, masalah pada wajah juga bisa timbul seiring berjalannya waktu. Kendala yang sering muncul adalah kerutan yang timbul pada wajah.

Kerutan pada wajah dapat muncul akibat beberapa faktor. Meskipun begitu, kerutan pada wajah juga merupakan bagian hal yang alami oleh semua orang dan kerutan itu sendiri tergolong wajar.

Lantas, bagi beberapa orang tentu merasakan kerutan ini menjadi sedikit bermasalah pada penampilan mereka. Untuk mengurangi masalah kerutan pada kulit tersebut, beberapa langkah ini bisa kamu coba agar kerutan pada wajah dapat diminimalisir. Berikut tipsnya!

 

Melakukan pijat wajah

Salah satu kerutan yang sering muncul adalah akibat wajah yang kelelahan. Akibat dari hal tersebut, maka wajahpun akan terlihat kerutannya dan kulit wajah juga akan mengendur seiring berjalannya waktu. Untuk itu, memijat wajah menjadi pilihan yang tepat ajar kulit dapat terjaga kekencangannya dan terbebas dari kelelahan.

Untuk memijat wajah sendiri, kamu dapat melakukan pemijatan pada wajah dimulai dari gerakan ke atas. Selama memijat wajah, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun ataupun minyak vitamin E.

 

Lindungi kulit dari sinar matahari

Terkena sinar matahari pada pagi hari tentu merupakan hal yang bisa menyehatkan tubuh. Akan tetapi, terkena paparan sinar matahari secara dalam waktu yang cukup lama malah akan membuat kulit menjadi berkerut.

Kerutan di wajah dapat timbul akibat sinar ultraviolet A atau UV A yang terkandung di alam sinar matahari. Karena sinar ini sendiri dapat merusak kolagen serta kekencangan pada kulit.

Gunakan pelembab ataupun sunscreen ketika berpergian di luar rumah. Hal itu dilakukan agar kulit dapat terlindung dari UV A dan kulit tetap terjaga secara baik.

 

Minum air putih secara cukup

Apakah kamu sudah cukup meminum air putih? Jika iya, maka pertahankan meminum air putih tersebut! Selain membuat tubuh terbebas dari rasa haus ataupun membuang racun di dalam tubuh, air putih juga dapat memberikan efek yang cukup baik pada kulit kamu. Meminum air putih dengan kadar yang cukup ternyata bisa mengurangi efek kerutan pada kulit wajah lho!

Dengan tercukupnya kadar air di dalam tubuh karena meminum air putih secara teratur, maka kulitpun akan terhindar dari keringnya kulit.

 

Jangan mencuci wajah secara sering

Mungkin, kamu sering mencuci wajah apabila telah melakukan kegiatan aktivitas di luar rumah atau sekadar ingin menghilangkan rasa ngantuk di dalam dir. Meskipun terlihat baik dan biasa saja, namun mencuci wajah secara sering dapat membuat kuring menjadi berkerut lho.

Apabila mencuci wajah secara berlebihan, maka kulit akan menjadi kering serta membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak. Dalam sehari, cukup lakukan 2 kali mencuci wajah yaitu di pagi dan juga malam hari.

 

Olahraga secara teratur

Olahraga memang dikenal dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga bugar. Selain itu, racun yang ada di dalam tubuh juga akan ikut terbuang akibat aktivitas olahraga yang dilakukan tersebut. Namun selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga dapat memberikan efek yang cukup baik bagi kulit.

Ketika berolahraga, maka tubuhpun akan membuang lemak di dalam tubuh serta merangsang produksi kolagen yang ada di dalamnya. Dengan kolagen tersebut, maka kulitpun akan menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan yang dapat timbul pada wajah.

 

Konsumsi makanan yang mengandung Omega 3

Panganan yang cocok untuk kulit adalah yang mengandung banyak Omega 3. Diketahui bahwa Omega 3 berfungsi untuk meregenerasi sel serta jaringan tubuh yang rusak. Dari banyaknya makanan yang ada, ikan Salmon menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mendapatkan kandungan Omega 3 tersebut.

Di dalam ikan Salmon sendiri, kandungan asam lemak esensial dalam ikan ini merupakan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini bisa membantu mengurangi garis-garis halus penyebab keriput di wajah.

 

Isitahat yang cukup

Tubuh kita memerlukan istirahat agar bisa melepas rasa lelah setelah melakukan aktivitas selama sehari penuh. Ketika kamu sedang tidur, tubuhpun akan melakukan regenerasi dan tak terkecuali pada bagian kulit. Dengan adanya regenerasi ini, kulit wajahpun yang telah rusak akan digantikan dan kerutan pada kulit akan berkurang.

Untuk istirahat sendiri, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur delapan jam per hari. Apabila kurang dari jam tersebut, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa menghambat proses regenerasi pada kulit.

 

Lakukan perawatan wajah

Perawatan pada wajah tentu perlu dilakukan agar kulit tetap kencang dan kerutan pada kulit juga berkurang. Untuk perawatan wajah sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kulit wajah terhindar dari kerutan seperti Facial, Serum, Masker, dan lain-lainnya. Pilihan perawatan-perawatan tersebut tentu dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan wajah yang kamu inginkan.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed