Begini Trik Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan) untuk CPNS, TNI & Polri

Medical check up atau tes kesehatan umum dilakukan mereka yang ingin mendaftarkan diri ke suatu perusahaan tertentu. Namun, beberapa orang juga melakukan medical check up sebagai check up kesehatan rutin.

Tips Lulus Medical Check Up

Medical Check Up

Jika kamu melakukan tes kesehatan untuk melamar kerja, maka sangat dibutuhkan hasil terbaik agar bisa lolos. Ada beberapa tips lolos medical check up yang bisa kamu lakukan, seperti berikut:

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mampu membantu membuang racun dalam tubuh dari sistem limfatik dan usus juga ginjal, sehingga semua gangguan di tubuh pun hilang dan kamu merasa nyaman. Selain itu, dengan adanya cairan yang cukup dalam tubuh maka akan membantu hati dan ginjal bekerja secara optimal.

2. Rutin Berolahraga

Salah satu olahraga yang mudah untuk semua orang lakukan adalah jogging. Kamu bisa rutin berlari minimal 56km dalam 1 minggu atau 8 km dalam 1 hari. Rutinitas sehat ini akan kamu rasakan saat usia 50 tahun. Manfaat lain dari rutin berolahraga adalah meningkatkan daya konsentrasi dan distribusi oksigen lebih lancar.

3. Tidak Minum Alkohol & Merokok

Untuk lolos medical check up tentu hidupmu pun harus sehat. Maka jika merokok, berhentilah dan hindari minuman beralkohol. Lebih sehat jika kamu minum susu segar sebelum tidur dan setiap pagi. Jangan lupa minum madu untuk menetralisir nikotin di paru-paru.

Medical Check Up

4. Istirahat & Makan Teratur

Sebaiknya atur waktu untuk cukup beristirahat dan hindari begadang. Begadang hanya akan merusak sel antibodimu. Maka tubuh akan kekurangan penangkal virus yang membuatmu mudah terserang penyakit. Konsumsi juga makanan yang bergizi dengan pola makan teratur. Perbanyak konsumsi buah & sayur sehingga mampu menguatkan darah di tubuh.

5. Hindari Konsumsi Obat-Obatan

Sehari sebelum melakukan medical check up, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan. Hal ini bisa dianggap memakai zat adektif karena beberapa obat-obatan memiliki kandungan adektif yang mampu terbaca saat tes urine. Salah-salah bisa dikira kita memakai narkoba.

Macam-Macam Tes Medical Check Up

Medical Check Up

1. Tes Darah

Selain mengetahui golongan darah, tes darah juga mampu memastikan penyakit yang diderita. Jika ingin tekanan darah normal, hindari juga makan daging kambing sehari sebelumnya.

2. Pengukuran tinggi badan

Pengukuran tinggi badan saat medical check up biasa dilakukan jika ingin masuk TNI atau POLRI. Beberapa instansi memiliki standar tinggi masing-masing.

3. Tes Mata, Pendengaran dan Penciuman

Saat tes kesehatan ada juga tes mata, pendengaran dan penciuman.

• Tes mata: tes buta warna, mata minus, mata pls
• Tes pendengaran: tes dengan earphone dan menekan tombol yang berbentuk microphone, sebagai tanda kamu mendengar suara.
• Tes penciuman: mata akan ditutup dan diminta mencium beberapa benda lalu menyebutkan benda tersebut.

4. Tes Urine

Tes urine bisa mengetahui fungsi ginjal dan mendeteksi penyakit-penyakit seperti diabetes, hepatitis, dll. Air urin yang sehat yaitu yang memiliki warna bening dan tidak keruh.

5. Tes Paru-Paru

Agar lulus tes paru-paru, maka sebaiknya berhenti merokok sehingga paru-paru terdeteksi sehat.

6. Tes Rontgen

Tes ini menggunakan sinar rontgen dan melihat kesehatan tubuh bagian dalam. Maka, pastikan tidak merokok 1 minggu sebelum tes dan hirup udara segar di pagi hari.

7. Tes Umum

Di tes ini, biasanya kamu akan disuruh berbaring ke tempat tidur yang disediakan, lalu mata, mulut, telinga dan hidung akan di cek. Dokter juga akan mengecek perut kita.

Semoga tips lolos medical check up bisa membantumu mendapatkan hasil tes kesehatan yang bagus ya.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON