Melihat Pesona Pulau Sangiang, Destinasi Wisata Pulau di Banten

Ingin mencari tempat wisata untuk berlibur bersama dengan teman ataupun keluarga di tempat yang berbeda? Atau ingin mencari destinasi wisata baru untuk dikunjungi? Nah, bagi kalian yang sedang mencari destinasi wisata baru, mungkin salah satu pulau ini bisa menjadi alternatif liburan kalian. Pulau tersebut ialah Pulau Sangiang.

Lalu, dimanakah Pulau Sangiang? Apakah jaraknya jauh dan sulit untuk ditempuh? Tenang, jaraknya pun tidak begitu jauh dari kota Jakarta lho. Pulau ini sendiri berada di Selat Sunda, tepatnya di antara Pulau Jawa dan juga Pulau Sumatera. Jika secara administratif, pulau ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten.

Dengan jarak yang tidak begitu jauh, tak heran kalau pulau ini mulai dipilih oleh para wisatawan untuk berlibur ataupun melepas penat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

 

Kawasan cagar alam dan tempat konservasi

Dahulu, pulau ini dikenal sebagai pulau yang digunakan untuk cagar alam oleh pemerintah. Seiring berjalannya waktu, di tahun 1991 pun pemerintah merubah pulau ini menjadi sebuah taman wisata dengan total luas 528,15 ha. Di kawasan ini, terdapat 3 ekosistem hutan yang tersebar di beberapa tempat di pulau ini. Ekosistem seperti hutan dataran rendah, ekosistem hutan pantai, dan juga hutan payau.

Pulau Sangiang dikenal memiliki kekayaan flora dan faunanya yang beragam lho. Tumbuh-tumbuhan seperti cemara laut, bayur, ketapang, nyamplung, bakau, dan lain-lainnya menghiasi keragaman flora yang tumbuh di pulau ini.

Tak hanya kaya akan floranya, pulau ini juga tempat bagi bermukimnya beberapa satwa yang dilindungi oleh pemerintah. Satwa yang dilindungi di kawasan pulau ini adalah lutung, landak, elang laut, burung camar, belibis, dan masih banyak lagi. Pulau ini juga bisa diaktakan sebagai rumah bagi berbagai biota laut yang hidup di kawasan laut sekitarnya.

 

Memiliki kawasan wisata yang menarik

Selain memiliki keindahan flora dan fauna, Pulau Sangiang juga memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur kesini lho. Tidak hanya berkunjung, para wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan sambil menikmati keindahan alam yang ada di pulau ini. Lantas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh para wisatawan untuk menjelajahi pulau di Selat Sunda ini?

Snorkeling di laut

Jika berwisata pulau, kegiatan ini pasti tidak akan terlewatkan oleh para wisatawan. Dengan memiliki keindahan biota laut yang indah, pulau ini menawarkan sensasi berenang dengan ditemani ikan serta tumbuhan laut yang berada di laut.

Spot yang dipilih oleh para pengunjung untuk snorkeling biasanya berada di dekat kawasan Tanjung Raden, yang memiliki keindahan laut di daerah perairan tersebut.

Menikmati keindahan alam

Keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau ini juga patut menjadi bahan pertimbahan oleh para wisatawan yang berkunjung kesini. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam yang indah serta suasana yang tenang, kamu bisa melihat keindahan Gua Kelelawar. Dihuni oleh kelelawar yang hidup di gua tersebut, membuat suasana alam menjadi lebih mempesona untuk dikunjungi.

Ingin menikmati keindahan alam lainnya? Kamu bisa melakukan trekking ke atas bukit yang berada di dekat pantai. Dari atas sini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut serta pulau yang indah di sekitar garis pantai.

Berwisata sejarah

Tahukah kamu jika di Pulau Sangiang terdapat beberapa bangunan sisa peninggalan sejarah? Ya, di akwasan pulau ini memang masih tersisa bangunan-bangunan bersejarah ketika semasa Perang Dunia 2 dulu. Bangunan seperti benteng adalah salah satu penginggalan yang ada di sini. Namun untuk berkunjung kesini, diperlukan izin yang cukup ketat mengingat bangunan bersejarah ini masuk ke dalam kawasan POS TNI Angkatan Laut.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi pulau yang satu ini? Pulau Sangiang memiliki berbagai keindahan alam serta tempat-tempat yang menarik utuk dikunjungi bersama dengan teman ataupun keluarga. Selain itu, pulau ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif untuk kamu yang ingin mengunjungi kawasan yang baru serta ditemani dengan suasana alam yang indah.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed