Membersihkan Rumah Agar Terlihat Bersih, Ini Cara Ampuhnya!

Debu menjadi salah satu musuh bagi para penghuni rumah. Tak heran, debu ataupun kotoran lainnya dapat menempel di sudut-sudut ruangan dan juga pada perabotan di dalam rumah. Karena hal ini, membersihkan sudut ruang yang di rumah menjadi suatu kegiatan yang tidak boleh absen bagi para penghuni rumah.

Biasanya, untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoranpun menggunakan beberapa alat seperti kemoceng ataupun lap basah. Meskipun caranya sudah terlihat benar, tetapi apakah cara tersebut dapat efektif? Apakah cara yang sudah dilakukan sudah benar? Berikut tips-tipsnya agar membersihkan rumah menjadi lebih ampuh agar debu dan noda dapat hilang secara menyeluruh.

 

Jangan membersihkan jendela saat cuaca cerah

Mungkin bagi sebagian orang, membersihkan jendela dengan kain lap basah saat cuaca cerah adalah hal yang benar untuk dilakukan. Selain terlihat oleh mata, jendelapun menjadi cepat kering karena terkena sinar matahari. Namun, cara tersebut tidak dianjurkan lho!

Untuk membuat jendela terlihat bersih dan bebas dari bekas noda yang kering, disarankan untuk memberishkan jendela tersebut di cuaca yang cukup mendung. Selain itu, gunakan cuka putih dan Koran agar jendela dapat terlihat lebih berkilau saat dibersihkan.

 

Hindari membersihkan perabotan rumah menggunakan kemoceng

Nyatanya, hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang pada umumnya untuk memberishkan debu yang ada di dekat perbaitan rumah. Meskipun terlihat mudah dan cukup efektif, tetapi hal tersebut tidak efektif dalam memberishkan noda yang ada pada perabotan di rumah.

Agar debu pada perbotan dapat hilang sepenuhnya, kamu bisa menggunakan kain lap basah untuk membersihkan perabotan tersebut. Setelah dibersihkan dengan lap basah, perabotan yang telap dilap tersebut dibilas dengan kain lap yang kering supaya menjadi lebih bersih.

 

Ganti kain pel setiap 2 bulan sekali

Jika ingin melihat lantai dirumah terbebas dari debu dan kotoran yang menempel, hal yang biasa dilakukan adalah mengepelnya. Terkadang, masyarakat tidak memperhatikan kebersihan dari kain pel itu sendiri ketika ingin mengepel lantai. Pastikan kain pel diganti setiap 2 bulan sekali agar lantai menjadi lebih bersih dan terbebas dari kuman.

 

Gunakan baking soda untuk membersihkan karpet

Jika pada umumnya baking soda digunakan untuk memasak, tapi tahukah kamu jika baking soda bisa digunakan untuk membersihkan karpet agar terbebas dari kotoran dan debu? Membersihkan karpet dengan baking soda diniliai lebih ampuh dibandingkan dengan menggosoknya menggunakan penyikat. Bahkan, menyikatnya dapat merusak karpet itu sendiri lho.

Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan karpet sendiri adalah gunakan pada area yang terkena noda. Setelah itu, tekan-tekan ke bawah secara lembut pakai kitchen roll atau sikat. Tunggu kurang lebih sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

 

Hindari membersihkan rumah dengan vacuum cleaner yang penuh

Ketika ingin membersihkan rumah dari kotoran debu menggunakan vacuum cleaner, usahakan vacuum bag kamu dalam kondisi tidak penuh. Untuk itu, kamu perlu menggantinya ketika isinya sudah mencapai 2/3 dari batas tampungnya. Biasanya vacuum bag akan penuh di sekitar 6-8 minggu, tergantung pemakaian pada pemakaiannya.

Jika vacuum bag penuh, maka hal ini dapat mengurang kinerja dari vacuum cleaner itu sendiri ketika digunakan untuk memberishkan rumah dari debu ataupun kotoran yang menempel.

Membersihkan rumah dari debu dan kotoran yang menempel tentu sangat penting agar anggota keluarga dirumah tidak terkena penyakit. Selain itu, rutin memberishkan rumah juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih bersih dan rapi. Sudahkah kamu membersihkan rumahmu hari ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed