Memilih Kain Lap Kendaraan Dengan Kualitas Terbaik, Ketahui Ragam Jenisnya

Memilih Kain Lap Kendaraan Dengan Kualitas Terbaik, Ketahui Ragam Jenisnya

Untuk menjaga tampilan kendaraan menjadi lebih keren, maka perlu dilakukan pencucian secara berkala. Bagi para pemilik kendaraan, membersihkan kendaraan bisa dilakukan dengan cara yang mudah ataupun membawanya ke tempat pencucian kendaraan. Namun bagi yang tak ingin repot dan hanya ingin membersihkan secara sederhana, membersihkannya dengan menggunakan kain lap adalah salah satu cara yang biasanya sering dilakukan.

Di masyarakat sendiri terdapat beberapa jenis kain lap untuk kendaraan yang biasanya digunakan untuk memberishkan kendaraan itu sendiri. Ragamnya berbagai jenis kain lap ini tentu menjadi pertanyaan bagi kita, yang mana bahan yang terbaik untuk kendaraan kita? Untuk itu, berikut beberapa jenis bahan kain lap yang bisa menjadi referensimu untuk memberishkan kendaraan.

 

Lap Chamois

Memilih Kain Lap Kendaraan Dengan Kualitas Terbaik, Ketahui Ragam Jenisnya

Lap Chamois adalah jenis kain lap yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Biasanya, lap jenis ini seringnya dikenal dengan lap kanebo ataupun enkafill. Lap Chamois menjadi pilihan bagi kebanyakan orang dalam membersihkan kendaraan karena dapat menyerap air lebih banyak dari jenis lap pada lainnya.

Karena menjadi pilihan banyak orang, lap jenis ini juga sering terdapat barang tiruannya. Untuk membedakan mana yang asli, kita dapat melihat ketahanan dari bahan itu sendiri. Jika lap tersebut cepat robek, mengeras, dan kasar hanya dalam hitungan minggu, maka dipastikan lap tersebut adalah palsu.

 

Lap Microfiber

Memilih Kain Lap Kendaraan Dengan Kualitas Terbaik, Ketahui Ragam Jenisnya

Jenis lap ini memang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Lap microfiber merupakan jenis kain lap yang memiliki lubang-lubang micro dan dibagiannya terdapat celah benang berbentuk kail. Lalu bagaimana dengan fungsi dari jenis lap ini? Fungsi dari lap microfiber biasanya digunakan untuk menghilangkan noda air yang masih menempel pada body kendaraan. Penggunaan lap ini disarankan digunakan setelah proses pencucian.

Untuk jenis kain lap ini sendiri, disarankan untuk tidak terlalu dibasahi dengan air lho! Hal itu dikarenakan lap jenis microfiber ini tidak bisa menyerap air dengan baik.

 

Lap Wash Mitt

Memilih Kain Lap Kendaraan Dengan Kualitas Terbaik, Ketahui Ragam Jenisnya

Untuk jenis lap ini, ini adalah jenis pengembangan dan dan penggabungan dari 2 jenis kain lap diatas. Nama dari jenis kain lain ini adalah Wash Mitt. Bentuk dari lap ini sendiri terlihat seperti kantung dan terdapat busa di dalamnya. Untuk penggunaannya, kurang lebih sama seperti jenis lap Chamois.

Meskipun begitu, lap jenis ini memiliki perbedaan lho. Lap Wah Mitt sendiri tidak bisa dipakai untuk proses pengeringan setelah mencuci kendaraan. Diketahui bahwa lap jenis ini hanya bisa digunakan untuk mencuci saja.

Itulah tadi beberapa jenis ragam kain lap yang bisa digunakan untuk mencuci kendaraan. Dengan adanya perbedaan pada fungsi dari kain lap itu sendiri, maka penggunaannya pun harus digunakan sesuai dengan kebutuhan agar kendaraan dapat bersih mengkilat. Yuk mulai membersihkan kendaraan agar tampilannya lebih mengkilat dan juga semakin keren!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady