Memilih Shampo yang Baik bagi Rambut? Gampang kok!

Rambut adalah mahkota. Kiasan ini sudah tidak asing bagi sebagian dari kita bukan? Karena menjadi bagian dari mahkota kepala, rambut tentu memerlukan perawatan tersendiri agar dapat tampil gemilang serta berkilau. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah mencuci rambut dengan menggunakan shampo. Setiap rambut memiliki ciri karakteristik serta berbeda pula shampo yang digunakan lho!

Lantas, shampo apa yang tepat untuk setiap karakteristik rambut? Beberapa bahan yang terkandung di dalamnya tersebut tentu bisa sangat bermanfaat bagi rambut setiap penggunanya. Untuk itu, beberapa tips ini bisa dipahami agar bisa mendapatkan shampoo yang tepat untuk ciri karakteristik rambutmu.

 

Rambut berminyak

Ciri karakteristik rambut ini umum dijumpai oleh orang yang tinggal di kawasan negara tropis seperti Indonesia contohnya. Rambut berminyak sendiri disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar minyak pada rambut. Selain itu, rambut seperti ini akan bisa mengalami hal lainnya yaitu masalah ketombe di kepala.

Untuk karakteristik rambut ini, gunakan shampo yang memiliki kandungan seperti selenium sulfida, ketoconazole, ataupun zinc pyrithione. Jangan menggunakan produk shampoo yang berbasis minyak. Lakukan keramas pada rambut sekitar 1 atau 2 hari sekali agar kelenjar minyak tidak berlebih.

 

Rambut kering

Kebalikan dari rambut yang berminyak, rambut kering justru mengalami kekurangan kelenjar minyak pada rambutnya. Ciri karakteristik ini biasanya memiliki rambut yang sulit untuk diatur. Jika kamu memiliki rambut yang kering, kamu bisa menggunakan shampo yang memiliki beberapa kandungan yaitu alpukat, minyak kelapa, ataupun biji anggur.

Selain itu, jangan lupakan kondisioner ketika setelah mencuci rambut dengan menggunakan shampo tersebut. Kondisioner juga cukup bermanfaat untuk rambut yang kering agar dasar rambut tidak menjadi lembap.

 

Rambut yang tipis

Rambut yang tipis juga memiliki shampo yang khusus agar rambut dapat terawat dengan baik. Untuk kamu yang memiliki rambut tipis, pilihlah shampo yang memiliki manfaat untuk membuat rambut menjadi lebat. Rambut yang tipis biasanya menggunakan shampoo yang bisa menguatkan serta menambah volume rambut.

Gunakan shampo berbahan dasar volumizing saat berkeramas. Selanjutnya, gunakan sedikit kondisioner pada ujung rambut agar rambut dapat terawat dengan baik.

 

Rambut yang tebal

Kamu memiliki rambut yang tebal? Kamu juga perlu memperhatikan rambutmu dengan perawatan keramas yang cocok untuk ciri karakteristik dari rambutmu tersebut. Memang memerlukan sedikit ekstra perawatan agar rambut dapat tetap sehat dan juga berkilau. Untuk tipe rambut seperti ini, kamu memerlukan shampo yang memiliki bahan moisturizer.

Bahan ini berguna untuk mengidrasi dan juga melembakan rambut. Dengan menggunakan shampoo ini, maka rambutmu akan lebih mudah untuk ditata maupun dirapikan.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk perawatan rambutmu dengan shampo menurut jenis-jenis dari karakteristik rambut. Kira-kira yang mana jenis rambutmu? Gunakan shampo yang tepat agar rambut dapat terjaga dengan baik dan juga tetap terjaga kemilaunya.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed