8 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Stabil Setelah Liburan

Menikmati keindahan alam saat berlibur tentu sangat menyenangkan. Namun, jangan sampai seusai liburan, Anda dikagetkan dengan kondisi keuangan. Menghabiskan waktu beberapa hari untuk liburan bisa membuat kondisi keuangan menjadi tak stabil. Untuk itu penting sekali untuk mengatur keuangan Anda. Maka, sepulangnya dari Liburan, Anda pun tak stress kembali.

Tips Mengatur Keuangan Liburan

Mengatur Keuangan

1. Seusaikan Liburan dengan Budget

Pasti setiap orang memiliki impian akan liburan mereka, dari mulai akomodasi, tempat wisata, makan di restoan, dll. Berbagai kesenangan saat liburan harus dibayarkan dengan budget liburan. Untuk itu, sebaiknya sesuaikan liburan Anda dengan anggaran yang akan dialokasikan. Tak perlu memaksakan pergi ke destinasi mahal jika kondisi keuangan Anda tak mencukupi, hal ini justru akan menjadi boomerang bagi Anda.

2. Siapkan Anggaran untuk Liburan tanpa Hutang

Sudah mentapkan berapa biaya untuk liburan? Kini saatnya menyusun strategi untuk menyiapkannya. Persiapkan anggaran liburan secara matang dengan cara menabung. Seperti peribahasa “bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”, maka tak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian dari gaji Anda dan usahakan jangan sampai jumlah yang ditabungkan kurang setiap waktunya. Sebaiknya hindari menyiapkan dana dengan menghutang, hal ini hanya akan membuat Anda kewalahan setelah liburan.

Mengatur Keuangan

3. Siapkan Dana Tak Terduga

Jangan lupa untuk siapkan dana tak terduga untuk liburan. Dana darurat akan membantumu dalam pembengkakang biaya atau jika Anda butuh uang sewaktu-waktu selama perjalana liburan. Untuk jumlah yang cukup saja, minimal 15% dari total biaya liburan.

4. Atur Jadwal Sejak Lama

Jika ingin liburan Anda terasa menyenangkan dan jauh dari stress, maka rencanakan dari awal atau jauh hari. Rencanakan destinasi yang ingin dikunjungi hingga akomodasi seperti pesawat dan hotel. Dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari, maka persiapannya pun akan lebih matang.

5. Hindari Membawa Uang Berlebih

Mengatur Keuangan

Kekhawatiran soal biaya selama liburan mungkin wajar Anda rasakan. Namun, hal ini kurang tepat karena bisa membuat Anda lebih banyak menggunakan biaya tanpa disadari. Sebaiknya bawa uang cash secukupnya atau cukup 1 kartu ATM jika Anda tak ingin “kalap”. Hindari juga membawa semua kartu ATM dan kartu kredit. Hal ini akan membuat Anda ingin menggunakannya sewaktu-waktu tanpa memikirkan efek setelah liburan.

6. Pilih Destinasi yang Murah

Liburan yang menyenangkan tak harus ke tempat yang mahal. Destinasi liburan seperti pantai saja bisa sangat murah untuk tiket masuknya bahkan ada pula yang gratis. Destinasi alam terbilang murah daripada tempat rekreasi. Maka, Anda masih tetap bisa bersenang-senang walaupun dengan budget yang tak terlalu banyak.

Mengatur Keuangan

7. Liburan saat Low Season

Low season adalah pilihan waktu yang tepat untuk Anda berlibur. Saat low season, harga akomodasi mulai dari hotel hingga pesawat sangat normal sehingga tidak akan membuat Anda pusing setelah liburan. Trik ini bagian dari mengatur keuangan setelah liburan agar biayanya tidak membengkak.

8. Manfaatkan Diskon atau Promo

Banyak sekali promo tiket pesawat, penginapan hingga tiket masuk tempat wisata di website daily deals seperti Lakupon. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk liburan hemat dan menyenangkan. Maka, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan setelah liburan karena biayanya tak banyak.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram