Mengenal Kota Jakarta di Batavia Splash Water Adventure

Kota Jakarta merupakan salah satu kota besar yang ada di negara Indonesia. Kota yang saat ini menjadi pusat pemerintahan dan juga bisnis ini menjadi kota yang tidak pernah sepi dari kehidupan masyarakatnya. Meskipun kota ini menjadi tempat menyatunya berbagai latar belakang masyarakat, namun kebudayaan aslinya yaitu Betawi tentu tidak terlepas dari kota ini. Dengan sejarahnya yang panjang, kota ini seakan tetap hidup di dalam perkembangan zaman. Dahulu kala, kota ini pun dikenal dengan nama Batavia.

 

Dari Sunda Kelapa hingga Jayakarta

Sebelum berganti nama menjadi Batavia, kota yang sudah termasuk ke dalam kategori metropolitan ini dulu daerahnya dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Wilayah yang masuk ke dalam Kerajaan Sunda ini dulunya adalah merupakan daerah pelabuhan yang sangat sibuk untuk komoditi perdagangan pada abad ke 12. Tak heran, pedagang-pedagang dari berbagai wilayah di duniapun tidak pernah absen untuk singgah dan berdagang di tempat ini.

Hingga pada tahun 1527, Fatahillah berhasil menduduki wilayah ini dan mengubah namanya juga. Sunda Kelapa pun berubah dan mempunyai nama baru yaitu Jayakarta. Jayakarta sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu ‘Jaya’ dan ‘Karta’. Arti dari kedua kata tersebut mempunyai arti kemenangan yang dicapai.

 

Batavia, kota bernuansa khas Eropa

Kepopuleran kota pelabuhan ini pun sampai terdengar ke benua Eropa, khususnya di negara Belanda. Sontak, Belanda akhirnya datang berlabuh di kota ini pada sekitar akhir abad ke 16. Tak lama setelah itu, Jan Pieterszoon Coen menduduki Jayakarta pada tahun 1619. Nama kota ini pun kembali berubah menjadi Batavia.

Wajah Batavia pun sangat lekat dengan nuansa khas Eropa. Struktur bangunan hingga berbagai nama jalanpun tak lepas dari budaya Eropa, khususnya kebudayaan Belanda. Jalan-jalan, taman, pertokoan dan juga bangunan pemerintah dibangun di tanah Batavia secara satu-persatu. Kentalnya nuansa khas Eropa membuat kota ini pun dikenal oleh masyarakat dunia dengan julukan ‘Permata Asia’ ataupun ‘Ratu Dari Timur’ karena keindahan yang dimilikinya.

 

Kota metropolitan baru, Jakarta

Selepas kemerdekaan, Batavia pun berubah nama menjadi Jakarta hingga saat ini. Perkembangan zaman dan juga waktu tentu mengubah kota ini menjadi lebih modern mengikuti zaman. Berbagai ikon kota ini dibangun dari masa ke masa yang bisa dikenal oleh masyarakat umum sampai sekrang ini. Sebut saja Monumen Nasional atau yang dikenal dengan istilah Monas. Monumen setinggi 433 kaki ini terletak di kawasan Lapangan Medan Merdeka di wilayah Jakarta Pusat. Monas dibangun oleh Presiden Sukarno di tahun 1961. Monumen ini sendiri dibangun bertujuan untuk mengenang perlawanan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan bangsa.

Beberapa tempat ikonik khas Jakarta pun juga sudah dikenal oleh masyarakat luas. Sebut saja Gelora Bung Karno, Pasar Ikan, Kota Tua, dan masih banyak lagi. Tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi salah satu tempat tersebut ketika mengunjungi kota Jakarta.

 

Batavia Splash Water Adventure, cerminan miniatur Jakarta

Nah apabila kamu ingin melihat minatur kota Jakarta yang memiliki sejarah unik yang panjang seperti di atas tersebut, kamu bisa menjelajahinya di Batavia Splash Water Adventure lho! Wahana air yang terletak di Grand Batavi, Jalan Raya Cadas Kukun, Sindangsari, Pasar Kemis, Tangerang. Disini, kamu bisa menikmati aneka wahana yang mencerminkan budaya khas kota Jakarta seperti Kiddy Pool, Monaz Tower, Benteng VOC, Sunda Kelapa, Plaza Air Mancur, Pasar Ikan, Rawa Boya, Gladak Gluduk, Jembatan Intan, Kampung Pitung, Semi Olimpic, Zonk Water dan Kom Komentar Watergun.

Selain itu, harga tiket masuknya pun tergolong murah lho! Hanya dengan kurang lebih dari Rp 30.000 saja, kamu bisa mendapatkan 1 tiket masuk untuk bermain di wahana ini bersama dengan teman ataupun keluarga kamu. Penasaran dengan aneka wahana yang ada disana? Yuk langsung saja berkunjung ke Batavia Splash Water Adventure dan nikmati keseruan menulusuri suasana khas Batavia. Dapatkan tiketnya sekarang juga!

1 Tiket Masuk Batavia Splash Water Adventure Weekday

1 Tiket Masuk Batavia Splash Water Adventure Weekend (Sabtu – Minggu)

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed