Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Sepeda, sebuah alat transportasi beroda dua ini memang sudah cukup popular di kalangan masyarakat umum. Ada berbagai jenis sepeda yang dapat kita temui seiring berkembangnya zaman. Selain digunakan sebagai sarana transportasi, sepeda juga kerap digunakan untuk aktivtas lainnya yang bisa menyehatkan bagi tubuh yaitu untuk berolahraga. Salah satu kegiatan berolahraga dengan menggunakan alat transportasi ini adalah cycling atau biasa yang dikenal dengan bersepeda.

Tidak ada yang berubah secara signifikan antara menggunakan sepeda untuk transportasi dan juga berolahraga. Meskipun begitu, beberapa manfaat juga bisa didapat ketika menggunakan sepeda untuk berolahraga lho! Berikut manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

Meningkatkan kinerja kardiovaskular

Dalam cycling, tentu kita akan bergerak agar sepeda dapat melaju ke tujuan yang sudah kita rencanakan. Dengan menggerakan sepeda tersebut, seluruh tubuh kita juga akan merespon pergerakan tersebut. Dengan olahraga cycling, kita bisa melatih beberapa bagian dari tubuh kita seperti jantung, paru-paru, dan juga sistem sirkulasi darah.

Terlatihnya beberapa bagian di dalam tubuh tersebut tentunya dapat menguatkan dan juga meningkatkan fungsi kinerja bagian-bagian tersebut. Ketika otot jantung dan juga sistem sirkulasi darah telah meningkat dengan baik, maka resiko penyakit seperti stroke ataupun serangan jantung akan semakin rendah resiko terkenanya.

 

Baik untuk menurunkan serta menjaga berat badan

Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Olahraga dapat menurunkan berat badan. Hal ini memang sudah diketahui secara umum karena olahraga sendiri dapat membakar lemak di dalam tubuh, tak terkecuali dengan olahraga cycling. Bersepeda dapat meningkatkan metabolisme, kekuatan otot, serta membakar lemak pada tubuh. Dengan bergeraknya tubuh ketika berspeda, maka secara tak langsung lemak juga akan ikut terbakar.

Perlu diketahui bahwa untuk menurunkan berat badan dengan bersepda senditi tentu tergantung dari seberapa lama ataupun seberapa jauh jarak yang ditempuh. Semakin lama dan semakin jauh jaraknya, kalori yang terbakarpun juga semakin banyak. Imbangi pula dengan pola makan yang sehat agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

Mengurangi resiko terkena diabetes

Apa yang biasanya menyebabkan gejala diabetes pada tubuh? Salah satunya adalah karena kurangnya aktivitas fisik dan juga olahraga pada tubuh. Untuk menghindari gejala diabetes ini, bersepeda dapat menjadi pilihan yang tepat agar tubuh semakin sehat.

Untuk menghindari gejala ini, kita bisa lakukan kegiatan bersepeda minimal 30 menit dalam sehari agar resiko terkena diabetes semakin menurun.

 

Meningkatkan fungsi otot dan persendian

Karena olahraga cycling masuk ke dalam kategori olahraga kardio, maka gerakan pada otot tubuh dan juga persendian tentu akan meningkat. Dengan semakin kuatnya otot dan persendian di dalam tubuh lewat aktifitas bersepeda, maka masalah seperti osteoporosis juga dapat terhindari. Selain melatih fungsi otot dan sendi, keseimbangan pada tubuh juga akan semakin baik lho!

 

Mengurangi tingkat stres

Mengenal Olahraga Cycling: Mudah, Seru dan Bermanfaat Bagi Tubuh

Tahukah kamu jika melakukan aktivitas olahraga cycling dapat melepaskan suatu hormon di dalam tubuh yaitu hormon endorfin? Hormon ini sendiri dapat membuat perasaan dan juga suasana hati yang nyaman. Dengan kata lain, hormon endorfin juga dapat meredakan rasa stres yang ada di pikiran.

Selain itu, menikmati pemandangan dan susana sekitar tentu memberikan perasaan santai yang menyenangkan ketika melakukan olahraga bersepeda. Tubuh sehat, hatipun juga terbebas dari pikiran stres.

Cycling atau bersepeda tentu menjadi kegiatan yang cukup seru serta mengasyikan untuk dilakukan. Selain itu, agar suasana menjadi lebih seru juga kamu bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk berolahraga santai sambil menikmati suasana sekitar yang nyaman. Ayo siapkan sepedamu dan mulai bersepeda agar tubuh menjadi lebih kuat dan juga sehat!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady