Mengunjungi 3 Pulau Dalam 1 Hari? Bisa!

Ketika akhir pekan ataupun hari libur telah datang, ragam aktivitas bisa dipilih untuk mengisi hari bersantai tersebut. Aktivitas berlibur seperti berpegian ke tempat rekreasi, berbelanja di mall, ataupun berjalan-jalan santai di taman bisa dilakukan bersama dengan keluarga maupun teman-teman untuk berlibur bersama. Namun apabila bosan melakukan aktivitas yang itu-itu saja dikala hari libur, kamu bisa mencoba untuk melakukan kegiatan lainnya yang seru lho!

Aktivitas seru yang bisa dicoba tentunya beragam dan pastinya kegiatannya tersebut tidak membosankan. Salah satu aktivitas seru itu ialah berwisata mengunjungi 3 pulau dalam 1 hari. Ya, mungin hal tersebut nampak terlihat tidak mungkin dilakukan untuk datang berwisata ke 3 pulau hanya dalam 1 hari saja. Tetapi dengan modal transportasi yang semakin maju, hal tersebut bukanlah hal yang tidak bisa untuk dilakukan.

Kepulauan Seribu, memiliki banyak pulau namun saling berdekatan

Jika ingin mencoba mengunjungi beberapa pulau hanya dalam waktu yang singkat, Kepulauan Seribu adalah salah satu spot pulau yang tepat untuk mewujudkannya. Pulau yang termasuk ke dalam kawasan wilayah kota DKI Jakarta ini memang menjadi pilihan alternatif oleh warga Jakarta untuk berlibur bersama dengan keluarga maupun dengan teman-teman.

Pulau yang sebagian terbentuk dari timbunan terumbu karang ini memang memiliki total kurang lebih 342 pulau yang ada. Meskipun memiliki pulau yang cukup banyak, namun tidak semua pulau saat ini dihuni oleh masyarakat Kepulauan Seribu. Beberapa dari pulau-pulau tersebut difungsikan sebagai tempat konservasi ataupun sebegai tempat penangkaran yang dikelola oleh pemerintah.

Lalu bagaimana dengan mengunjungi 3 pulau dalam waktu yang singkat seperti diatas tersebut? Untuk bisa mengunjungi 3 pulau tersebut, kamu bisa berkunjung ke salah satu pulau yang bernama Pulau Onrust. Di pulau ini, kita bisa berkunjung ke 2 pulau lainnya yang berdekatan yaitu Pulau Kelor dan juga Pulau Cipir.

Menjadi Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu

Ketiga pulau tersebut yaitu Pulau Onrust, Pulau Kelor dan juga Pulau Cipir selain memiliki yang jarak cukup dekat, pulau-pulau ini juga oleh pemerintah dijadikan sebagai Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu di tahun 1972. Dijadikannya suaka taman tersebut dari pemerintah tentunya mempunyai makna dan juga sejarah histori yang melekat kepada 3 pulau ini sendiri.

Ketiga pulau ini bahkan sudah dikenal sejak zaman Belanda dulu. Kala itu, pulau-pulau ini sering difungsikan untuk beberapa hal seperti benteng, galangan kapal, penjara hingga menjadi tempat karantina. Karena memiliki nilai sejarah yang cukup panjang, maka dari itu ditetapkan oleh pemerintah sebagai suaka taman purbakala serta dijaga kelestariannya.

Beberapa bangunan bersejarah seperti Museum Pulau Onrust, Benteng Martello, hingga kuburan kapal Belanda yang bernama Sevent Provincien adalah contoh situs sejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Selain situs sejarah, para wisatawan juga bisa menikmati suasana pantai yang nyaman di sekitar 3 pulau ini.

Akses menuju wisata 3 pulau yang mudah

Untuk bisa berkunjung ke pulau-pulau tersebut, aksesnya pun dapat dengan mudah dituju oleh wisatawan. Sebagai titik awal perjalanan, para wisatawan bisa menuju ke Pelabuhan Muara Baru atau Muara Angke. Selain dua pelabuhan tersebut, wisatwan juga bisa menuju ke kawan pulau-pulau ini lewat Marina Ancol dengan menggunakan speedboat. Dari beberapa pelabuhan dan dermaga tersebut, jarak waktu yang ditempuh pun bisa sekitar 2 sampai dengan 3 jam perjalanan lewat jalur laut.

Nah, bagaimana? Apakah kamu penasaran untuk mengisi waktu liburan seru dengan menjelajahi 3 pulau dalam waktu 1 hari? Jika iya, kamu bisa mengikuti paket wisata 3 pulau yang seru bersama dengan keluarga ataupun teman-teman kamu.

Selain itu, harga yang terjangkau serta bisa menambah teman baru bisa menjadi salah satu alsan yang tepat untuk mengikuti paket wisata pulau tersebut lho! Tunggu apalagi? Yuk langsung saja siapkan perlengkapan liburan, ajak teman-temanmu dan juga dapatkan kupon promonya disini.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed