Mengupas Sop Buntut, Kuliner Khas Indonesia Yang Menggiurkan

Mengupas Sop Buntut, Kuliner Khas Indonesia Yang Menggiurkan

Berbicara mengenai kuliner khas Indonesia mungkin tak ada habisanya. Setiap daerah ataupun kota memiliki ciri khas kuliner yang unik serta rasa yang berbeda-beda. Dari banyaknya ragam kuliner tersebut, ada salah satu makanan khas yang menjadi pilihan kuliner oleh masyarakat Indonesia lho! Kuliner yang menjadi buruan ketika lapar datang tersebut ialah sop buntut.

 

Sop buntut, olahan yang kaya akan rempah

Mengupas Sop Buntut, Kuliner Khas Indonesia Yang Menggiurkan

Bagi yang belum mengetahui tentang hidangan khas ini, sop buntut sendiri adalah masakan yang terbuat dari olahan ekor sapi. Berbeda dari sop pada umumnya, sop ini terkenal akan cita rasanya yang gurih karena pepraduan aneka rempah yang menjadi satu dalam hidangan tersebut.

Beberapa bahan masakan dan rempah tersebut umumnya ialah irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledry dan juga bawang goreng. Selain itu terdapat beberapa tambahan seperti pala, lada, bawang putih, bawang merah, dan juga cengkih.

Di Indonesia sendiri, masayarakat mengenal ada beberapa jenis varian hidangan dari sop buntut itu sendiri. Umumnya, varian itu diantaranya sop buntut kuah dan juga sop buntut goreng. Namun seiring perkembangan waktu, ada juga varian lainnya seperti sop buntut bakar sebagai contoh.

 

Tips memasak sop buntut yang lezat

Mengupas Sop Buntut, Kuliner Khas Indonesia Yang Menggiurkan

Lantas, apa tips yang membuat olahan ini memiliki hidangan yang lezat? Setidaknya ada beberapa tips yang bisa diikuti jika ingin mencoba memasak hidanga ini agar mendapatkan cita rasa yang lezat dan juga gurih. Berikut tips-tipsnya dalam memasak sop buntut ala restoran.

 

Buntut Sapi

Daging ini menjadi bahan utama dalam hidangan sop tersebut. Pilihlah buntut sapi yang tidak terlalu tebal lemaknya. Jika lemaknya tersebut tebal, maka bisa dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak di dalam panci.

 

Sayur

Tambahkan beberapa macam sayur seperti wortel, tomat daun bawang, dan juga kentang pada saat memasaknya. Masukan wortel dan juga kentang setelah daging yang direbus telah lunak. Untuk daun bawang dan juga tomat, masukkan kedua sayur tersebut ketika sop sudah matang agar kedua sayur tersebut dapat tersaji dengan pas.

 

Bumbu dan Bawang

Tanpa adanya bumbu yang pas, tidak akan tercipta hidangan yang lezat dan gurih. Tak terkecuali pada masakan sop buntut. Tambahkan bawang putih yang dimemarkan, bawang bombay dan daun bawang yang sudah diiris. Lalu, tumis bawang putih dan bawang bombay agar mendaparkan cita rasa yang gurih.

Setelah itu, jangan lupa tambahkan garam, merica, dan bubuk pala agar rasanya semakin kuat serta rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap. Agar lebih lezat, bisa ditambahkan dengan air jeruk nipis dan juga sambal saat disajikan.

 

Merebus daging hingga lunak

Untuk mendapatkan tekstur daging yang pas, cobalah untuk merebus daging buntut tersebut hingga lunak. Untuk rebusan pertama, gunakan api sedang dalam merebusnya. Setelah itu, ganti air rebusan yang mendidih tersebut dengan yang hangat dan juga kecilkan api saat merebusnya.

Penasaran dengan cita rasa kuliner khas Indonesia yang satu ini? Jangan ragu untuk menikmati hidangan yang memiliki rasa gurih nan lezat ini. Selain itu, sop buntut juga bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami kelelahan lho! Karena di dalam sop ini sendiri terdapat protein, kalori, dan juga lemak yang bisa membuat tubuh menjadi segar kembali. Siap mencobanya? Yang mana pilihan sajian kamu untuk dicoba? Sop buntut kuah? Goreng? Ataukah bakar?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady