Menu Buka Puasa Mancanegara

Bulan Ramadhan dibeberapa belahan dunia selalu menyisakan cerita tentang khas kuliner daerah tersebut. Menu buka puasa apa sajakah yang tersaji di mancanegara? Berikut beberapa diantaranya :

1. Australia

Bagi mahasiswa Indonesia yang sekolah di Negeri Kanguru ini, Nasi Kebuli adalah makanan favorit merekan untuk berbuka puasa. Biasanya mereka berbuka puasa di Masjid-Masjid kampus dan di masjid kampus itulah tersedia nasi kebuli. Menurut mereka, nasi kebuli dapat mengobati kerinduan mereka terhadap Indonesia.

2. Maroko

Negeri di benua hitam Afrika ini memiliki ragam hidangan berbuka yang menggugah selera. Salah satunya,bessara, sup yang populer dan sangat digemari untuk membatalkan puasa di waktu adzan Maghrib berkumandang.Bessaradibuat dari kacangfava(sejenis polong-polongan) yang ditambahkan minyak zaitun dengan taburan jintan dan paprika yan pedas. Biasanya mereka menikmatibessaradenganharsha(roti jagung) tawar. Sepertinya enak yaa, Kuponers?

3. Turki

Bulan Ramadan di negeri Kemal Ataturk ini selalu dirayakan dengan kegembiraan. Dan,iftar(buka puasa) menjadi bagian besar dalam keriaan tersebut. Di kota besarnya seperti Istanbul, restoran-restoran di sana kerap menawarkan menu berbuka puasa yang khas. Menu yang ditawarkan biasanya dimulai dengan hidangan pembuka berupa sup atauiftariye.Iftariyeberupa set makanan yang terdiri dari kurma, buah zaitun, keju,pastirma(daging sapi asap),sujuk(sejenis sosis), rotipidedan aneka jenis pastri yang dinamakanborek.

4. Malaysia

Umat Muslim di Malaysia memiliki kebiasaan yang cukup unik yakni berbuka puasa dengan makanan kering dan kurma segar. Ada berbagai macam makanan khas Malaysia yang tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa) seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain. Walupun sebenarnya makanan tersebut juga dapat dijumpai selain pada bulan Ramadhan, tapi rasanya kurang lengkap berbuka puasa di Malaysia tanpa menu-menu di atas.

5. Bangladesh

Umat Muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara minuman seperti rooh afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu berbuka cukup populer di seluruh Bangladesh.

Kuponers, itulah beberapa kuliner khas yang bisa kamu temukan jika kamu menjalankan ibadah puasa di negara-negara tersebut. Besar kemungkinan kamu akan sulit menemukan kolak pisang, es buah, gorengan atau makanan khas lain yang biasa kita temukan di negeri kita tercinta Indonesia.