Tips Menu Puasa Bagi Ibu Hamil agar Tidak Cepat Lemas & Lapar

Berpuasa di Bulan Ramadhan tentu membawa segudang manfaat bagi umat Muslim, tak terkecuali mereka yang sedang hamil. Namun, tak sedikit ibu hamil berada pada kondisi yang kurang fit untuk mampu berpuasa secara maksimal. Menu puasa saat sahur dan berbuka juga bisa menentukan kondisi seharian berpuasa pada ibu hamil.

Menu Puasa Bagi Ibu Hamil

Nah, bagaimana sebaiknya mengatur menu wajib bagi ibu hamil? Ini ulasannya:

1. Menu Gizi Seimbang

Gambar terkait

Menu dengan gizi seimbang sebenarnya tak hanya untuk ibu hamil, tapi juga mereka yang tidak hamil. Namun, hal ini sangatlah penting mengingat ada janin yang dikandung oleh ibu hamil. Menu makanan saat berbuka puasa harus mengandung karbohidrat, protein hewani atau nabati, lemak, vitamin dan mineral. Menu dengan gizi seimbang ini mampu memenuhi gizi lengkap ibu dan janin.

2. Karbohidrat Kompleks

Hasil gambar untuk karbohidrat kompleks

Hindari karbohidrat simplex seperti nasi putih. Sebaiknya pilih nasi merah, roti gandum, pasta gandum, kacang-kacangan atau oatmeal. Lengkapi juga dengan serat alami, seperti sayur dan buah, gandum dan biji-bijian. Makanan ini mampu dicerna dengan lebih lama sehingga rasa lapar datang lebih lama.

3. Konsumsi Banyak Protein

Gambar terkait

Jangan lupakan protein di menu puasa Anda. Pastikan protein dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar, karena sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

4. Kurangi Makanan Manis

Hasil gambar untuk makanan manis yang enak

Makanan manis memang sangat memanjakan lidah, namun dapat meningkatkan kadar gula darah dan akan turun secara cepat. Efek dari naik turunnya kadar gula darah yang drastic ini akan membuat Anda lemas dan cepat merasa lapar kembali. Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan manis, namun seperti buah-buahan. Buah bisa menjadi takjil saat berbuka puasa.

5. Batasi Makanan dengan Lemak Tinggi

Hasil gambar untuk lemak baik dan buruk

Hindari makanan-makanan dengan lemak yang tinggi seperti gorengan, donat, cake, hingga daging berlemak. Sebaiknya ganti asupan lemaknya dengan lemak baik dari alpukat, minyak ikan, kacang, ikan dan keju.

6. Perbanyak Makanan dan Perbanyak Kalsium

Hasil gambar untuk kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil. Maka, selalu masukkan makanan atau minuman berkalsium kedalam menu puasa saat berbuka atau sahur. Makanan tersebut seperti susu, keju, yoghurt dan sayuran hijau.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Hasil gambar untuk air putih

Agar terhindar dari dehidrasi, maka sebaiknya perbanyak minum air putih sekitar 1,5 -2 liter perhari. Hindari minuman berkafein karena mampu mengeluarkan cairan dalam tubuh, sehingga Anda akan sering buang air kecil.

Dengan menu puasa saat berbuka dan sahur yang seimbang, maka ibu hamil bisa tetap menjalankan aktivitasnya dengan lancar. Untuk itu, jangan khawatir badan akan lemas seharian karena tips menu puasa seimbang ini bisa menjadi pilihan. Oiya, tips ini juga bisa diikuti oleh Anda yang tidak hamil lho! Jadi sekarang tak perlu lagi khawatir kelaparan seharian berpuasa.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON