Menu Sahur Lebih Praktis dengan 9 Trik Pintar Ini Nih!

Bulan puasa sebentar lagi, segala persiapan pun dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan ini. Salah satu hal yang wajib kamu persiapkan juga adalah menu sahur dan buka puasa. Sahur sangatlah penting untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa. Terlebih lagi, menu makanan saat sahur sebaiknya mampu menentukan kuat tidaknya kamu berpuasa seharian penuh.

Untuk para ibu, menyiapkan sahur setiap tahunnya adalah rutinitas yang terkadang merepotkan apalagi jika bangun kesiangan. Nah, untuk menghindari ketiadaan santap sahur, maka ada beberapa tips praktis menyiapkan makanan sahur.

Tips Siapakan Menu Sahur

1. Tentukan Menu Sahur

Menu Sahur

Sebaiknya jauh hari sebelum Ramadhan tiba, kamu sudah menyiapkan menu sahur. Rancang menu sahur satu bulan sebelumnya atau di tiap minggunya. Pastikan menu tersebut tidak terulang lagi agar tidak bosan menyantap hidangan yang sama. Selain menghindari kebosanan, kamu juga bisa menyiapkan daftar belanjaan apa saja yang akan dibeli untuk makanan sahur.

2. Buat Daftar Belanja

Menu Sahur

Dengan membuat daftar belanja, maka akan memudahkanmu saat belanja selain itu lebih menghemat waktu di supermarket atau pasar. Daftar belanjaan yang kamu buat dapat menghindarimu untuk membeli produk makanan yang tidak diinginkan.

3. Pilih Menu Praktis

Menu Sahur

Mengingat menyiapkan menu sahur membutuhkan waktu yang singkat, maka cukup pilih menu yang praktis. Pilih masakan yang tidak terlalu lama di masak, seperti aneka tumisan, ayam goreng, tahu, tempe, telur.

4. Menu Sehat & Seimbang

Menu Sahur

Walaupun cepat dan praktis, namun jangan asal masak. Pastikan menu masakan yang di buat seimbang, artinya mengandung sayur dan protein. Jika kamu ingin masak mie goreng, campur dengan potongan sayur dana yam. Jangan lupa juga untuk melengkapi nutrisi menu dengan buah-buahan juga susu. Maka makan sahurmu pun terasa lengkap dan sehat.

5. Merencanakan Produk Makanan

Menu Sahur

Saat memasuki bulan puasa, umumnya kita akan membeli banyak produk makanan dan minuman untuk stok dirumah. Namun, kamu juga harus tahu bagaimanan cara dan lama penyimpanannya. Bahan kering tahan lama seperti beras, gula, tepung, kopi, sereal, bumbu kering, dll. Kamu bisa menyiapkan bahan kering ini bahkan sebulan sebelumnya. Produk protein seperti daging sapi, daging ayam, sosis, dll bisa bertahan hingga 2 minggu di dalam freezer. Untuk sayuran cukup di stok tiga hari sekali agar tidak layu.

6. Makanan Beku

image header

Banyak sekali frozen food alias makana beku yang dijual di supermarket. Aneka frozen food ini bisa membantumu dalam menyiapkan menu sahur lho! Namun, jangan makan frozen food setiap hari ya, cukup sesekali terutama saat tidak ada lauk atau waktu masak yang mepet.

7. Stok Lauk Tahan Lama

Menu Sahur

Selain frozen food, kamu juga bisa membuat lauk tahan lama sendiri lho! Buatlah kering tempe, serundeng, kering kentang, dendeng, abon sapi, dll. Dengan lauk tersebut, kamu hanya cukup menghangatkannya dan siapkan lauk tambahan lainnya.

8. Menu Modifikasi dari Menu Berbuka

Menu Sahur

Jika ada sisa masakan saat bebuka, maka manfaatkan untuk menu sahur. Misalnya seperti opor ayam, kamu bisa jadikan ayam bakar untuk sahur. Begitu pula lauk sisa lainnya seperti tahu dan tempe goreng. Ada beberapa makanan yang tentunya masih enak di jadikan menu sahur.

9. Manfaatkan Waktu Luang

Menu Sahur

Jika di saat hari Sabtu atau Minggu kamu memiliki waktu senggang, maka bisa digunakan untuk menyiapkan stok bahan dan bumbu. Stok tersebut seperti bumbu dasar merah, putih dan kuning. Selain itu, kamu juga bisa mengupas bawang dan membuat bumbu rendaman untuk ayam, daging, dll, sehingga waktu memasakpun akan lebih singkat nantinya.

Nah, bagaimana? Sudah siap menyambut bulan puasa tahun ini? Yuk siapkan kebutuhan untuk menu sahur dengan tips & trik pintar diatas.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON