ayam tepung goreng saus jamur

Menu Santap Sahur Yang Praktis

Dalam memasuki bulan ramadhan ini biasanya dirumah diharuskan selalu memasak untuk santap sahur. lalu ibu ibu rumah tangga bangun tengah malam menyiapkan semua persiapan untuk sahur dan itu sangat merepotkan. mungkin itu pekerjaan yang sangat berat untuk dilakukan.tapi tenang.. untuk ibu ibu kuponers, lakupon.com punya info bahagia. Menyiapkan santap dengan praktis dan cepat.

Gurihnya daging ayam terasa pas dengan saus jamur sebagai pelengkap. Hanya dengan membumbui dan panir ayam pada saat siang hari, lalu simpan di dalam freezer. Saat sahur tiba, kuponers tinggal menggoreng ayam dan menghangatkan saus jamur.

Mudahkan… ini dia bahan-bahannya.

Ayam Goreng Tepung Saus Jamur

Bahan:

400 gram fillet dada ayam, potong-potong
150 gram tepung berbumbu siap pakai/tepung terigu
1 sendok teh bubuk bawang putih
1 sendok teh bubuk cabe
1 sendok teh garam halus
½ sendok teh lada bubuk
Minyak untuk menggoreng

Saus Jamur:
100 gram jamur kancing, potong-potong
250 ml kaldu ayam/air
40 gram bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih, cincang
3 sendok makan saus tomat
½ sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
½ sendok teh lada halus
½  sendok teh garam halus
3 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat:

1. Lumuri potongan fillet ayam dengan bubuk lada, bubuk bawang putih, bubuk cabe, dan garam. Aduk rata. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.

2. Gulungkan potongan daging ayam ke dalam tepung berbumbu atau tepung terigu hingga seluruh permukaan daging terselimuti tepung. Panaskan minyak banyak. Goreng ayam hingga kering, matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

3. Saus Jamur: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tuang kaldu/air, larutan tepung maizena, jamur, dan semua bumbu-bumbu. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan tekstur saus kental. Angkat.

4. Atur potongan ayam goreng tepung di atas piring saji. Siram dengan saus jamur sebagai pelengkap.

Untuk 5 Porsi

Tips: Siram ayam goreng tepung dengan saus jamur sesaat sebelum diangkat agar tekstur ayam tetap renyah dan kering.

Selamat Mencoba… menu ini bisa disajikan untuk menu buka puasa juga Lohh…. Lakupon.com juga punya promo menu makan di resto BITE & BEER CAFE cocok untuk buka puasa bareng..