Menyambut Hari Wanita Internasional, Sudah Siapkan Kado Untuk Para Wanita Hebat?

Menyambut Hari Wanita Internasional, Sudah Berikan Hadiah Untuk Wanita Hebat?

Sebentar lagi, masyarakat dunia akan memperingati sebuah hari raya yang diperingati hampir di setiap negara. Perayaan tersebut dirayakan untuk memperingati pergerakan kaum wanita yang ada di seluruh dunia agar bisa bangkit melawan ketidaksetaraan dan juga agar bisa mendapat perlakuan secara adil tanpa memandang status gender dari setiap pribadi. Nah untuk memperingati pergerakan tersebut, Hari Wanita Internasional muncul dan diperingati oleh hampir setiap negara untuk mengapresiasi kaum wanita di beberapa aspek.

International Women’s Day atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga dengan Hari Wanita Internasional merupakan sebuah pergerakan yang membuahkan hasil penyeteraan maupun pengakuan atas kesetaraan gender di dalam berbagai aspek kehidupan. Aspek-aspek tersebut diantaranya dari segi pendidikan, profesi atau pekerjaan, ataupun hak-hak mendasar lainnya yang menciptakan keselarasan dalam lingkungan hidup di tengah masyarakat.

Peringatan yang diakui di hampir oleh seluruh negara ini mempunyai tanggal untuk diperingatinya lho! Pada setiap tanggal 8 Maret, Hari Wanita Internasional diperingati secara luas ditengah masyarakat agar bisa mengenang, memperingati, maupun sebagai tonggak untuk perubahan yang lebih baik di tengah masyarakat dan khususnya bagi kaum wanita dunia.

Bermula Dari Aksi Unjuk Rasa

Menyambut Hari Wanita Internasional, Sudah Berikan Hadiah Untuk Wanita Hebat?

Sejarah dari Hari Perempuan Internasional sendiri awalnya bermula dari sebuah unuk rasa yang dilakukan oleh para kaum sosialis di negara Amerika Serikat pada tanggal 8 Maret 1857. Pada saat itu, terjadi gelombang protes dari para kaum buruh wanita yang bekerja di sebuah pabrik tekstil di kota New York. Para kaum buruh wanita tersebut memprotes tindakan semena-mena dan juga upah yang rendah yang diterima oleh para kaum buruh dari tempat mereka bekerja. Namun dari aksi tersebut, belum ada tindakan yang nyata yang dirasakan oleh para buruh dari tempat mereka bekerja.

Berikutnya di tanggal yang sama dan berselang 50 tahun kemudian yaitu pada tanggal 8 Maret 1907, para kaum buruh wanita dari pabrik tekstil tersebut melancarkan gelombang aksi demonstran yang sama dan diikuti oleh kurang lebih 15 ribu perempuan buruh pabrik tekstil di kota New York tersebut. Dua tahun kemudian, gelombang aksi yang sama tersebut juga muncul yang dipelopori oleh Socialist Party of America (SPA) atau Partai Sosialis Amerika dimana partai ini sendiri diisi oleh kaum buruh perempuan yang menuntut hak berpendapat, hak berpolitik, maupun berbagai hak-hak lainnya yang sama seperti kaum pria.

Dari gelombang unjuk rasa secara besar-besaran itu, aksi protes tersebut kemudian menjalar ke berbagai belahan negara lainnya dan terutama di benua Eropa. Para kaum wainta disana juga menuntut hal yang sama kepada negara agar bisa mendapatkan hak-hak mereka dan juga terdapat kesetaraan yang diberikan bagi kaum wainta.

Baca juga artikel lainnya disini: Peringatan Hari Ibu, Intip Tradisi Unik di Beberapa Negara Yuk!

Diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa

Menyambut Hari Wanita Internasional, Sudah Berikan Hadiah Untuk Wanita Hebat?

Memiliki sejarah yang panjang dan juga menjadikan tonggak perubahan yang mendalam bagi kaum perempuan di dunia, Hari Wanita Internasional pada akhirnya diakui dan diperingati secara resmi oleh dunia lewat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang dikenal dengan istilah PBB. Pada 8 Maret 1975, PBB mulai memberikan atensi dengan memperingari Hari Wanita Internasional meskipun belum ditetapkan secara resmi oleh badan dunia tersebut.

Baru pada selang dua tahun kemudian yaitu pada 8 Maret 1977, PBB mengumumkan secara resmi bahwa setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Wainta Internasional yang bisa diperingati oleh seluruh dunia sebagai bentuk apresiasi serta mengingat perjuangan kaum wanita di dunia agar bisa tercapainya kesetaraan gender di berbagai aspek.

Berbagai Hadiah Untuk Wanita Hebat

Menyambut Hari Wanita Internasional, Sudah Berikan Hadiah Untuk Wanita Hebat?

Untuk memperingari peringatan hari bagi para wainta hebat di seluruh dunia tersebut, ada berbagai cara ataupun hal yang bisa dilakukan agar bisa memberikan suatu hal yang spesial bagi para wanita hebat yang terkasih di sekeliling kita. Beragam hal juga bisa kita lakukan agar bisa memberikan kesan yang spesial bagi para wanita hebat di sekitar kita ataupun bagi orang-orang terdekat kita.

Hadiah-hadiah yang bisa berkesan untuk diberikan seperti bunga, coklat, perhiasan, ataupun benda-benda romantis lainnya bisa kamu berikan untuk memberikan apresiasi secara lebih bagi para wainta hebat yang kamu kasihi. Selain memberikan benda-benda yang berkesan, mengajak pergi berlibur ataupun makan di tempat yang nyaman serta romantis juga bisa kamu berikan selain memberikan benda-benda hadian tersebut.

Baca juga artikel lainnya disini: Hari Ibu, Buat Momen Berkesan dengan Hadiah Sederhana Ini

Untuk menyambut dan juga memperingati Hari Wanita Internasional tentunya kita bisa melakukan beberapa cara agar bisa mengapresiasi para wanita hebat disekitar kita. Tak hanya itu, dengan memberikan perhatian yang lebih, kesempatan yang sama, dan juga hak yang setara tentunya kita juga turut andil dalam memperjuangkan keadilan maupun kesetaraan bagi setiap orang tanpa memandang suku, agama, ras, ataupun gender itu sendiri. Selamat Hari Wanita Internasional!

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed