Milia, Bintik Putih Di Wajah Yang Mengganggu Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Milium atau milia, merupakan kondisi bintik kecil berwarna putih yang biasanya muncul di hidung, mata, kelopak mata, pipi, leher bahkan alat kelamin. Kondisi ini terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin ini adalah protein kuat yang dapat ditemukan di jaringan kulit, rambut, dan sel kuku.

cara mengatasi milia

Cara Mengatasi Milia, Si Bintik Putih Sekitar Wajah

Siapapun tanpa kecuali dapat mengalami milia, meskipun kondisi ini lebih umum dialami bayi baru lahir namun tidak menutup kemungkinan para remaja hingga orang dewasa pun bisa saja mengalaminya. Mungkin salah satunya adalah Kamu yang sedang membaca artikel ini. Milia memang tidak berbahaya, tapai mungkin kondisi ini cukup mengganggu aktifitas dan mengurangi kepercayaan diri. Tenang, tidak perlu khawatir karena banyak cara menghilangkan milia yang mengganggu penampilan ini.

Pengobatan Milia

Pada bayi, milia tidak perlu diobati karena ia dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Sementara, pada orang dewasa, kondisi ini tidak menyebabkan masalah serius, meski terkadang beberapa orang akan sangat terganggu karenanya. Pada milia jenis langka bernama milia en plaque, cara menghilangkan milia dapat dilakukan dengan mengoleskan krim tertentu seperti isotretinoin atau tretinoin yang diberikan oleh dokter. Selain itu, minocycline juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi.

Apabila kamu merasa bahwa milia mengganggu penampilan, cara menghilangkan milia yang cukup ampuh adalah dengan melakukan pengangkatan. Prosedur pengangkatan milia umumnya dianggap aman karena tidak perlu pembiusan. Tindakan ini harus dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan agar lebih aman. Jangan mencoba untuk menyingkirkannya sendiri karena dapat mengakibatkan infeksi dan jaringan parut. Beberapa perawatan klinis ini adalah cara singkirkan milia yang dapat kamu coba:

  • Cryotherapy
  • Perawatan laser
  • Dermabrasi
  • Pengelupasan kimiawi

Pencegahan Milia

Lebih baik mencegah daripada mengobati, namun sayangnya tidak ada cara ampuh untuk mencegah milia. Meski begitu, selalu menjaga kebersihan kulit adalah cara yang sangat disarankan. Beberapa kebiasaan dan pengobatan yang bisa dilakukan di rumah berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi milia:

  • Mencuci muka setidaknya dua kali sehari.
  • Menghindari alat rias yang berminyak dan kotor.
  • Mengoleskan krim tabir surya saat berada di luar rumah.
  • Jangan memencet atau menggosok benjolan atau kista di wajah.

Itulah sedikit ulasan singkat tentang milia dan bagaimana cara mengatasi serta menghilangkannya. Dapatkan informasi seputar perawatan dan kecantikan terupdate hanya di blog.lakupon.com

No Comments Yet

Comments are closed