7 Tips Minum Kopi Bagi Penderita Maag Agar Tak Kembung

Minum kopi di pagi hari memang bisa membuat penikmatnya merasa bersemangat. Kandungan kafein pada kopi mampu memberikan energy dan mood yang maksimal. Namun, bagi penderita maag yang menyukai kopi, “ritual” minum kopi tidak selalu menyenangkan karena bisa-bisa membuat perut terasa begah dan kembung.

Tips Minum Kopi Bagi Penderita Maag

Nah, bagi kamu penderita maag namun suka minum kopi, coba tips ini agar perut tidak kembung.

1. Pilih Kopi Arabica

Minum Kopi

Jika kamu pecinta kopi, kamu pasti tahu kalau kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta. Karena hal inilah, jenis kopi satu ini direkomendasikan untuk penikmat kopi yang memiliki penyakit maag.

2. Seduh Manual

Minum Kopi

Manual brew, istilah itulah yang sering digunakan untuk menyeduh kopi. Manual brew menggunakan filter untuk menyaring kopi. Dari filter inilah akan memilih kopi-kopi dengan karakter terbaik yang akan keluar. Lebih dari itu, kopi juga akan terasa lebih ringan. Proses ekstraksi dengan metofe ini membutuhkan waktu 2-3 menit. Metode ini lebih cocok dipilih daripada tubruk bagi para penderita maag.

3. Selalu Minum Kopi Segar

Minum Kopi

Biji kopi yang dijadikan bubuk akan lebih baik karena memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Kopi yang digiling dan langsung diseduh memberikan hasil kopi bubuk segar.

4. Tidak Memilih Kopi Dark Roast

Minum Kopi

Bukan hanya kafein, tapi juga karbon dioksida yang dihasilkan dari dark roasting yang memicu maag kambuh. Maka lebih baik memilih light roast atau medium karena kandungan karbon dioksidanya tak terlalu tinggi namun kandungan kafeinnya masih lebih tinggi daripada dark roast.

5. Jangan Minum saat Perut Kosong

Minum Kopi

Perut kosong lalu minum kopi bisa memicu maag kambuh. Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung pada kopi. Kafein bisa memicu asam lambung naik. Sebelum minum kopi sebaiknya konsumsi roti atau sejenisnya.

6. Batasi Jumlah Konsumsinya

Minum Kopi

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kafein tidak akan memberikan dampak berbahaya bagi tubuh jiak dikonsumsi dalam batas wajar. Jumlah yang harus dikonsumsi oleh penderita maag cukp 100-200 mg kafein. Namun, tetap setiap orang memiliki batas toleransi masing-masing.

7. Jangan Minum Kopi Panas

Minum Kopi

Bagi penderita maag, sebaknya minum kopi yang setengah dingin atau dingin. Kopi yang masih panas, memiliki serbuk kopi yang belum mengendap ke bawah, dan bisa tertelan. Agar lebih sehat minum kopi yang sudah dingin dengan serbuk sudah mengendap.

Alasan Kopi bikin Kembung

Minum Kopi

Hal-hal tersebut harus kamu ketahui sebelum minum kopi setiap harinya, sehingga tidak merusak mood kamu. Dibalik pengaruh kopi dan naiknya asam lambung, berikut penjelasan hubungannya:

• Penelitian membuktikan bahwa kopi mampu menurunkan tekanan pada sfingter esophagus bagian bawah. Sehingga kopi bisa memberikan efek mulas bagi penderita penyakit asam lambung.

• Kopi juga mampu merangsang hipersekresi asam lambung. Kandungan kafein pada kopi mampu meningkatkan keasaman kopi atau kafein.

• Kopi mampu mempercepat proses pengosongan lambung yang bisa mengakibarkan asalm lewat ke usus kecil lebih cepat dari biasanya.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON