Mudik Bersama Keluarga? Ketahui Tips Amannya Yuk

Mudik adalah kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu. Bertemu dengan keluarga besar merupakan momen yang dinantikan oleh masyarakat luas. Waktu untuk merayakan hari raya bersama dengan keluarga tentu menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Untuk itu, kegiatan pulang mudik bersama keluarga jadi jawaban yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga di daerah asal.

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih untuk melakukan perjalanan mudik bersama dengan keluarga. Mulai dari menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, ataupun kereta, adalah beberapa contoh transportasi umum yang sering digunakan oleh para pemudik. Namun tak jarang, para pemudik juga ada yang menggunakan kendaraan pribadi mereka seperti mobil ketika melakukan aktivitas mudik.

Dalam melakukan perjalanan mudik tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mudik bisa aman dan selamat sampai di tujuan.

Nah bagi kamu yang ingin mudik bersama dengan keluarga, berikut beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar mudik menjadi aman dan nyaman.

 

Periksa kondisi kesehatan

Kesehatan adalah salah satu faktor penting ketika ingin melakukan perjalanan mudik. Perlu diperhatikan agar memiliki kondsi yang prima saat mudik agar disaat perjalanan tidak terganggu akibat kondisi yang kurang sehat.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Contoh mudahnya seperti konsumsi vitamin serta diimbangi istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kondisi kesehatan sebelum mudik lho.

 

Check daftar barang bawaan

Mengecek daftar barang bawaan yang akan dibawa selama perjalanan mudik merupakan salah satu hal perlu diperhatikan agar tidak ada yang tertinggal. Kamu bisa membuat catatan saat memberesi barang bawaan supaya bisa meminimalisir barang yang tertinggal ataupun mengurangi membawa barang yang berlebih.

 

Periksa kondisi kendaraan

Bagi kamu yang membawa kendaraan saat mudik, sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan. Karena dalam melakukan perjalanan mudik sendiri, kamu akan menempuh perjalanan yang cukup jauh lho.

Untuk itu, kamu perlu membawa kendaraan kamu ke bengkel agar bisa diperiksa secara menyeluruh dan terjamin kondisinya.

Selain itu, jangan lupakan beberapa peralatan tambahan yang ada di dalam mobil seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan yang lainnya agar lebih aman saat berkendara.

 

Bawa makanan dan minuman secukupnya

Jangan lupakan untuk membawa makanan serta minuman selama perjalanan mudik. Banyak hal yang tidak diprediksi bisa terjadi selama mudik. Mulai kemacetan di jalan, keterlambatan kereta, ataupun waktu tempuh perjalanan yang lama. Jika kejadian tersebut terjadi, lapar dan haus pun bisa muncul disaat perjalanan mudik.

Siasati dengan membawa makanan serta minuman agar tidak merasa lapar ataupun haus disaat perjalanan. Beberapa pilihan makanan kesukaan seperti roti, buah-buahan, ataupun makanan favorit lainnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengatas rasa lapar tersebut.

 

Membawa uang tunai secukupnya

Bagi kamu yang mudik menggunakan transportasi umum bersama dengan keluarga, tidak disarankan untuk membawa uang tunai secara berlebihan lho. Membawa uang tunai secara berlebihan hanya akan menimbulkan resiko kejahatan yang bisa membuat perjalanan mudikpun menjadi tidak aman.

Bawalah uang tunai secukupnya saat mudik. Paling tidak cukup untuk membeli makanan, minuman, ataupun untuk pergi ke WC umum.

Selain itu, ada juga beberapa tips lainnya ketika kalian mudik menggunakan transportasi umum agar mudik kalian tetap aman, nyaman, serta terhindar dari berbagai tindakan kejahatan. Berikut beberapa tips lainnya:

– Jangan menggunakan perhiasan mencolok
– Jangan menerima makanan/minuman apapun dari orang lain
– Hindari terlalu sering memainkan handphone/gadget
– Jaga pikiran agar tidak kosong

Mudik memang menjadi jawaban pilihan yang tepat untuk berkumpul bersama dengan keluarga besar. Meskipun momen tersebut sudah ditunggu-tunggu, tetapi faktor keamanan serta kenyamanan saat mudik tentu adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan agar bisa selamat sampai di tujuan

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed